10 Jenis Layanan Perpustakaan, Apa Saja?

Jenis Layanan Perpustakaan

Jenis layanan perpustakaan di masing-masing daerah akan berbeda-beda. Tentu saja jenis layanan yang diberikan berdasarkan kebijakan dan aturan dari masing-masing perpustakaan. Misalnya, di perpustakaan grhatama yogyakarta ada layanan perpustakaan istimewa. Yaitu perpustakaan yang memfasilitasi antar buku yang dipinjam. Sementara di perpustakaan lain belum tentu ada fasilitas seperti demikian. 

Meskipun setiap perpustakaan memiliki jenis layanan yang berbeda-beda. Ada layanan perpustakaan yang umum setiap perpustakaan menggunakan. Apa saja jenis layanan perpustakaan tersebut? Simak sebagai berikut. 

1. Layanan Baca ditempat 

Layanan jasa ditempat adalah sistem yang diberlakukan oleh perpustakaan jika buku yang dipinjam hanya boleh dibaca di dalam area perpustakaan. Jadi buku tersebut tidak boleh dipinjam dibawa pulang. Biasanya layanan baca ditempat ini hanya diperuntukan untuk koleksi buku langka saja. Sementara untuk jenis koleksi buku yang mudah didapatkan, pihak perpustakaan mengijinkan membawa pulang sesuai dengan tata tertib yang berlaku.

2. Layanan Sirkulasi 

Jadi yang dimaksud layanan sirkulasi adalah layanan yang diberikan kepada pengunjung perpustakaan yang ingin meminjam dan mengembalikan buku. Sirkulasi meminjam dan mengembalikan buku inilah yang nantinya akan diatur oleh tim admin perpustakaan.

Jika peminjam buku ingin memperpanjang buku yang dipinjam, bisa langsung menghubungi tim perpustakaan yang jaga di sana. Layanan sirkulasi ini pun juga menangani kasus denda bagi pengunjung yang terlambat mengembalikan buku. 

3. Layanan Rujukan

Jika kamu keperpustakaan mencari sebuah koleksi buku. Kemudian di perpustakaan tersebut tidak ditemukan. Maka kamu bisa menggunakan layanan rujukan di perpustakaan tersebut. Biasanya petugas perpustakaan akan memberikan informasi kepada pengunjung perpustakaan yang menyediakan koleksi yang dicari.

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

4. Layanan Perpustakaan Keliling

Layanan perpustakaan keliling ini tidak semua perpustakaan menggunakan. Umumnya perpustakaan keliling ini dari perpustakaan besar. Dikatakan sebagai perpustakaan keliling adalah perpustakaan yang dimuat dalam mobil perpustakaan khusus, yang berisi buku. Kemudian mobil perpustakaan akan berhenti di titik tertentu. Misalnya di tempat bermain, di sekolah-sekolah dan masih banyak titik lain. 

5. Layanan Audio Visual 

Selama ini kita mengenal perpustakaan hanya menyediakan koleksi beruba buku saja bukan? Padahal koleksi di perpustakaan di era serba canggih sekarang banyak perpustakaan yang menyediakan layanan audio visual. Bentuk layanan ini pun setiap masing-masing perpustakaan berbeda-beda. Tergantung besar kecilnya perpustakaan.

Misalnya di perpustakaan di grhatama yogyakarta sudah dalam layanan audio visual 3D, 4D maupun bioskop mini.

6. Layanan Penelusuran Literatur 

Nah buat kamu yang duduk di bangku kuliah, dan sedang mengerjakan tugas kampus. Ketika kamu mencari data di perpustakaan, kamu juga bisa menggunakan layanan penelusuran literatur. Jadi di sini kamu bisa menggunakan online public access catalogue (OPAC) untuk mencari literatur sekunder yang tidak ada di perpustakaan tersebut.

Daftar Pengadaan

Misal, kamu mencari literatur berbentuk jurnal, karya ilmiah ataupun bentuk penelitian lain. Dimana di perpustakaan rata-rata yang didisplay secara konvensional rata-rata adalah koleksi buku.

7. Layanan Fotocopy 

Saat ke perpustakaan, ada koleksi yang hanya boleh dibaca ditempat bukan? Sementara kita butuh data tersebut. Maka kamu bisa menggunakan layanan fotocopy yang sudah disediakan oleh perpustakaan tersebut. Sehingga kamu tetap bisa memanfaatkan untuk penelitian kamu.

Sayangnya untuk kasus seperti ini, memang harus benar-benar digunakan untuk kepentingan penelitian. Biasanya pihak perpustakaan juga akan memastikan, bahwa hasil fotocopy tersebut memang untuk keperluan penelitian/pendidikan, bukan untuk plagiat.

Baca Juga:

8. Layanan Mendongeng Kepada Anak 

Ada juga loh perpustakaan yang memberikan layanan mendongeng kepada anak. Layanan ini paling sering digunakan oleh perpustakaan yang ingin menyasar anak-anak sebagai pengunjung. Dimana anak-anak akan lebih tertarik dengan dongeng daripada membaca sendiri. Karena memang anak-anak rata-rata belum bisa membaca. 

9. Layanan Bimbingan Membaca 

Buat kamu yang punya saudara atau anak yang masih kesulitan membaca, biasanya di beberapa perpustakaan memiliki layanan bimbingan membaca bagi mereka yang ingin belajar membaca yang baik, benar dan cepat. Sayangnya, tidak semua perpustakaan di seluruh indonesia sudah menggunakan fasilitas layanan ini.

10. Layanan Penyediaan Bahan Pustaka

Layanan penyediaan bahan pustaka adalah kegiatan untuk mencari dan menyediakan bahasa pustaka sesuai dengan kebutuhan. Biasanya layanan ini melalui silang layanan perpustakaan yang sudah disediakan di setiap perpustakaan, baik online maupun offline.

Daftar Pengadaan

Itulah beberapa jenis layanan perpustakaan yang umum digunakan di setiap perpustakaan. Meskipun beberapa perpustakaan mungkin saja hanya masih menggunakan beberapa layanan. Hal ini wajar, karena setiap masing-masing perpustakaan memiliki keterbatasan dan kendalanya masing-maisng. 

Muhammad Luqman

Lulusan Sarjana Teknik Sipil serta memiliki ketertarikan di bidang pendidikan dan wisata, saya juga memiliki ketertarikan di dunia penulisan SEO, copywriting, content writing, dan content marketing.

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Muhammad Luqman
Muhammad Luqman
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.