5 Cara Meningkatkan Pengunjung Perpustakaan

Cara Meningkatkan Pengunjung Perpustakaan

Cara meningkatkan pengunjung perpustakaan merupakan salah satu tantangan tersendiri, khususnya bagi anda yang menjalani profesi sebagai seorang pustakawan.

Banyak faktor yang menyebabkan jumlah pengunjung perpustakaan bisa berkurang, mulai dari minat baca yang mulai menurun, akses bacaan digital yang mudah, hingga tingkat kenyamanannya.

Seorang pustakawan mesti jeli memperhatikan hal tersebut agar jumlah pengunjung yang datang ke perpustakaan bisa tetap konsisten atau bahkan mengalami peningkatan.

Dalam artikel ini, anda akan dapat mengetahui cara apa saja yang bisa dilakukan agar jumlah pengunjung perpustakaan bisa mengalami peningkatan.

Simak ulasan lengkapnya hingga bagian akhir agar semua informasi yang ada bisa dipahami secara keseluruhan.

Cara Meningkatkan Kenyamanan bagi Pengunjung Perpustakaan

Sebelum memikirkan cara meningkatkan pengunjung, anda harus terlebih dahulu memperhatikan kenyamanan yang ada di perpustakaan tempat bekerja.

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

Tanpa memperhatikan kenyamanan perpustakaan mustahil bagi anda untuk bisa meningkatkan jumlah pengunjung yang datang.

Bukannya mengalami peningkatan, bisa jadi pengunjung yang sudah pernah datang malah tidak mau kembali lagi karena kondisi perpustakaan yang dirasa tidak nyaman.

Terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kenyamanan di perpustakaan, yakni.

1. Menjaga Lingkungan Perpustakaan Tetap Nyaman

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memperhatikan kenyamanan yang ada di sekitar lingkungan perpustakaan.

Daftar Pengadaan

Anda bisa mengatur suhu dengan menggunakan pendingin ruangan agar setiap pengunjung yang datang bisa nyaman ketika beraktivitas di dalam perpustakaan.

Selain itu, pencahayaan yang ada di dalam perpustakaan juga mesti anda perhatikan, sehingga para pengunjung bisa membaca koleksi buku yang ada dengan jelas dan tanpa kesusahan.

2. Koleksi Bacaan yang Beragam

Jumlah koleksi bacaan yang beragam juga bisa meningkatkan tingkat kenyamanan bagi para pengunjung yang datang di perpustakaan.

Dengan memiliki koleksi bacaan yang beragam, para pengunjung akan bisa memiliki lebih banyak pilihan ketika ingin membaca buku dengan tema bahasan yang berbeda.

Selain itu, bacaan yang beragam juga membuat pengunjung bisa mempelajari hal-hal baru yang mungkin belum pernah dibaca sebelumnya.

3. Fasilitas Internet

Hampir setiap orang membutuhkan koneksi internet pada saat ini. Terlebih bagi para pelajar yang masih memerlukan internet untuk menunjang aktivitasnya ketika menempuh jenjang pendidikan.

Memberikan fasilitas internet yang memadai bisa menjadi salah satu cara agar pengunjung bisa nyaman ketika berkunjung ke perpustakaan.

Daftar Pengadaan

Sebab biasanya para pengunjung tidak hanya bertujuan untuk membaca buku saja ketika datang ke perpustakaan, tetapi juga mengerjakan tugas maupun aktivitas lain yang membutuhkan koneksi internet dalam kegiatannya.

4. Menjaga Suasana Perpustakaan Tetap Tenang

Biasanya para pengunjung yang datang ke perpustakaan memiliki tujuan agar mereka bisa fokus ketika mengerjakan sebuah pekerjaan, baik itu membuat tugas maupun aktivitas lainnya.

Oleh sebab itu, penting bagi anda sebagai seorang pustakawan untuk selalu menjaga suasana perpustakaan untuk selalu tenang.

Jangan sampai suasana perpustakaan menjadi bising dan tidak tenang sehingga bisa mengganggu kenyaman pengunjung yang datang.

5. Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Pengunjung Perpustakaan

Cara terakhir yang bisa anda lakukan sebagai seorang pustakawan adalah memastikan keamanan dan kenyamanan para pengunjung yang datang, seperti menyediakan penyimpanan barang hingga tempat membaca yang nyaman.

Baca Juga: 12 Aplikasi Perpustakaan Online Gratis dan Terlengkap

Cara Meningkatkan Pengunjung Perpustakaan

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan agar jumlah pengunjung perpustakaan bisa mengalami peningkatan.

1. Membuat Program yang Unik

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung adalah dengan membuat program-program yang unik dan menarik di perpustakaan tempat bekerja.

Dengan menyusun program yang unik dan menarik, perpustakaan anda akan menjadi berbeda dengan tempat lainnya, sehingga bisa mendatangkan banyak pengunjung baru yang datang.

2. Mengadakan Lomba Khusus di Perpustakaan

Anda juga bisa mengadakan lomba khusus di perpustakaan untuk menarik minat para pengunjung yang datang.

Banyak jenis lomba yang bisa anda adakan di lingkungan perpustakaan, mulai dari lomba menulis, lomba baca puisi, hingga lomba karya film.

Rencanakan juga alokasi dana yang akan anda gunakan sebagai hadiah bagi para pemenang. Sebab semakin besar jumlah hadiah yang ditawarkan, maka akan semakin besar pula peminat yang akan mengikuti perlombaan tersebut.

3. Mengadakan Pelatihan Gratis di Perpustakaan

Cara berikutnya yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung perpustakaan adalah dengan mengadakan pelatihan secara cuma-cuma.

Pelatihan gratis tentu akan menarik minat orang-orang yang ingin mengasah kemampuan dirinya, tetapi memiliki keterbatasan dana untuk mengikuti workshop maupun seminar yang berbayar.

Anda juga bisa menyelipkan informasi maupun program-program yang ada di perpustakaan agar para peserta pelatihan bisa mengenal dengan lebih dalam.

Selain meningkatkan jumlah pengunjung perpustakaan, anda juga bisa membantu para peserta pelatihan untuk meningkatkan kemampuan maupun keahlian yang mereka miliki dengan mengadakan pelatihan gratis.

Baca Juga: Contoh Notice di Perpustakaan: Fungsi dan Jenisnya

4. Konser Literasi

Konser literasi merupakan pertunjukkan yang menampilkan karya sastra yang diciptakan oleh seorang seniman maupun penulis.

Anda bisa mengadakan konser literasi di lingkungan perpustakaan agar bisa menarik minat banyak orang untuk hadir.

Selain itu, anda juga bisa mengundang para seniman maupun penulis agar bisa mempresentasikan karya mereka, sehingga acara yang diadakan dapat lebih meriah nantinya.

5. Pameran Buku

Cara terakhir sekaligus yang paling lazim digunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke perpustakaan adalah dengan menggelar pameran buku.

Anda bisa bekerja sama dengan berbagai macam penerbit agar bisa menampilkan berbagai macam buku dengan tema-tema yang berbeda.

Pameran buku ini bisa menarik minat para penggiat literasi untuk datang dan berkunjung ke perpustakaan tempat anda bertugas.

Itulah beberapa cara meningkatkan pengunjung perpustakaan yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung perpustakaan dan kenyamanannya. Dapatkan informasi berbagai macam informasi bermanfaat dengan membaca artikel yang lainnya ya.

Sumber:

– https://deepublishstore.com/blog/meningkatkan-pengunjung-perpustakaan/ 

– https://deepublishstore.com/blog/membuat-perpustakaan-ramai-dikunjungi/ 

– https://lib.ub.ac.id/berita/tips-pengunjung-perpustakaan-semakin-betah/ 

Muhammad Luqman

Lulusan Sarjana Teknik Sipil serta memiliki ketertarikan di bidang pendidikan dan wisata, saya juga memiliki ketertarikan di dunia penulisan SEO, copywriting, content writing, dan content marketing.

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Muhammad Luqman
Muhammad Luqman
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.