Prospek Kerja Lulusan Ilmu Perpustakaan, Apa Saja?

prospek kerja lulusan ilmu perpustakaan

Apakah anda termasuk salah satu mahasiswa yang saat ini menempuh studi di bidang Ilmu Perpustakaan? Apakah anda sudah mengetahui prospek kerja apa saja yang bisa digeluti oleh para lulusan dari bidang ini?

Ilmu perpustakaan merupakan salah satu cabang ilmu humaniora yang bisa menjadi pilihanmu ketika berkuliah di perguruan tinggi.

Banyak kampus kenamaan di Indonesia yang membuka program studi bagi para calon mahasiswa yang berminat untuk menekuni bidang tersebut, seperti Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Pendidikan Indonesia, dan perguruan tinggi lainnya.

Selain itu peluang untuk anda bisa lulus di program studi ini juga cukup tinggi, sebab peminat Ilmu Perpustakaan tidak seketat jurusan yang sudah familiar lainnya.

Dikutip dari laman Perpustakaan Universitas Brawijaya, pada SBMPTN 2020 jumlah peminat program studi Ilmu Perpustakaan di Universitas Sumatera Utara dan Universitas Pendidikan Indonesia masih sedikit jika dibandingkan dengan jurusan lainnya.

Di Universitas Sumatera Utara, peminat jurusan Ilmu Perpustakaan pada SBMPTN 2020 berjumlah 573 orang dari 45 daya tampung yang disediakan.

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

Sementara itu, peminat jurusan Perpustakaan dan Informasi di Universitas Pendidikan Indonesia hanya berjumlah 271 orang dari 18 kursi yang disediakan.

Sebelum membahas prospek kerja yang bisa digeluti oleh lulusan jurusan tersebut, ayo simak penjelasan tentang program studi Ilmu Perpustakaan berikut ini terlebih dahulu. 

Pengertian Ilmu Perpustakaan

Ilmu Perpustakaan merupakan jurusan yang mempelajari cara mengumpulkan, mengolah, mengelola, hingga menganalisis informasi dari berbagai media.

Ketika masuk di jurusan Ilmu Perpustakan, anda tidak akan belajar tentang bagaimana cara mengelola buku saja.

Daftar Pengadaan

Akan tetapi, setiap mahasiswa Ilmu Perpustakaan juga akan diajarkan cara-cara mengelola dokumen lainnya, seperti arsip hingga dokumen digital.

Banyak pengetahuan maupun keahlian yang bisa dipelajari seseorang ketika masuk ke dalam jurusan Ilmu Perpustakaan.

Beberapa kemampuan yang akan dimiliki oleh para lulusan dari jurusan ini di antaranya kemampuan manajerial, kemampuan analisis, kemampuan teknologi informasi dan komputer, kemampuan berpikir sistematis, kemampuan problem solving, dan keahlian pendukung lainnya.

Baca Juga: 12 Aplikasi Perpustakaan Online Gratis dan Terlengkap

Prospek Kerja Ilmu Perpustakaan

Sebenarnya banyak sekali bidang pekerjaan yang bisa ditekuni oleh para lulusan Ilmu Perpustakaan ketika sudah menyelesaikan studi di perguruan tinggi.

Berikut ini beberapa prospek kerja yang bisa ditekuni oleh lulusan Ilmu Perpustakaan.

1. Pustakawan

Pustakawan tentu menjadi salah satu profesi yang paling mungkin digeluti oleh para lulusan Ilmu Perpustakaan.

Daftar Pengadaan

Para mahasiswa Ilmu Perpustakaan memang dididik agar bisa menjadi pustakawan handal di masa yang akan datang.

Ketika menjadi seorang pustakawan anda akan diserahkan berbagai macam bentuk tanggung jawab, seperti mengelola buku yang ada di perpustakaan, hingga melakukan inventarisasi dari koleksi yang dimiliki.

Banyak sekali perpustakaan yang bisa menjadi tujuan bagi para lulusan Ilmu Perpustakaan untuk bekerja, baik negeri maupun swasta.

Selain itu, pendapatan yang didapatkan oleh seorang pustakawan juga cukup menjanjikan, lengkap dengan tunjangan yang akan diterima ketika sudah bekerja nantinya.

2. Arsiparis

Masih mirip-mirip dengan pustakawan, profesi berikutnya yang bisa digeluti oleh lulusan Ilmu Perpustakaan adalah menjadi seorang arsiparis.

Jika seorang pustakawan lebih banyak bergelut dengan buku-buku yang ada di perpustakaan, maka arsiparis akan lebih banyak berfokus pada koleksi arsip yang dimiliki oleh sebuah instansi tempat dia bekerja.

Pengelolaan arsip yang baik sangat dibutuhkan oleh sebuah instansi agar informasi penting yang ingin diketahui bisa didapatkan dengan cepat ketika dibutuhkan.

3. Aparatur Sipil Negeri

Seorang lulusan Ilmu Perpustakaan juga bisa menggeluti profesi sebagai aparatur sipil negeri atau asn.

Banyak bidang di pemerintahan yang bisa ditekuni oleh para lulusan ini, seperti mengelola data dan arsip yang dimiliki oleh instansi tertentu.

4. Information Specialist

Prospek kerja berikutnya yang bisa diambil oleh lulusan jurusan Ilmu Perpustakaan adalah menjadi seorang information specialist.

Seorang lulusan ilmu perpustakaan biasanya akan dibekali kemampuan yang mumpuni dalam hal mengolah data.

Kemampuan ini nantinya akan sangat berguna ketika anda memilih untuk bekerja sebagai seorang information specialist, tidak hanya untuk informasi yang berbasis pada dokumen fisik, tetapi juga terhadap data yang berbasis digital.

5. Staf Administrasi

Masih berkaitan dengan pengelolaan data, seorang lulusan Ilmu Perpustakaan juga berpotensi untuk menekuni profesi sebagai staf administrasi.

Hal ini sesuai dengan tugas staf administrasi yang mengharuskannya untuk bisa mengelola data-data maupun arsip yang dimiliki oleh perusahaan tempat dia bekerja.

6. Kurator

Lulusan Ilmu Perpustakaan juga bisa menjadi seorang kurator di museum maupun gedung kesenian.

Tanggung jawab seorang kurator biasanya berkutat pada hal penelitian, pemeriksaan pengumpulan, hingga penyimpanan barang koleksi.

Oleh sebab itu, dibutuhkan keahlian untuk merencanakan dan mengelola barang koleksi yang dimiliki tersebut.

Dalam hal inilah kemampuan seorang lulusan Ilmu Perpustakaan akan dibutuhkan ketika menekuni profesi sebagai kurator.

7. Penulis atau Content Writer

Prospek kerja terakhir yang bisa ditekuni oleh lulusan Ilmu Perpustakaan adalah penulis, atau dalam konteks ini menjadi seorang content writer.

Content writer merupakan salah satu profesi yang bertugas untuk menulis sebuah konten sesuai dengan briefing yang diberikan kepadanya.

Biasanya profesi ini ditempatkan di divisi marketing sebuah perusahaan.

Jurusan Ilmu Perpustakaan yang erat kaitannya dengan dunia buku membuat para lulusannya cukup berpotensi untuk menekuni profesi sebagai seorang content writer.

Itulah beberapa informasi lengkap yang bisa anda ketahui seputar jurusan Ilmu Perpustakaan, mulai dari pengertian hingga prospek kerja yang bisa ditekuni oleh para lulusannya. Apakah anda berminat untuk menekuni bidang ilmu yang satu ini?

Sumber: 

https://campus.quipper.com/majors/id-ilmu-perpustakaan 

https://www.brainacademy.id/blog/jurusan-ilmu-perpustakaan 

https://www.idp.com/indonesia/prospek-kerja-ilmu-perpustakaan/ 

https://lib.ub.ac.id/berita/mau-jadi-apa-sih-lulusan-ilmu-perpustakaan/ 

Muhammad Luqman

Lulusan Sarjana Teknik Sipil serta memiliki ketertarikan di bidang pendidikan dan wisata, saya juga memiliki ketertarikan di dunia penulisan SEO, copywriting, content writing, dan content marketing.

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Muhammad Luqman
Muhammad Luqman
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.