Kenali: 8 Jenis Perpustakaan yang Jarang Disadari!

jenis-jenis perpustakaan

Jenis-jenis perpustakaan memang ada banyak. Ada perpustakaan yang diperuntukan untuk lembaga pendidikan, untuk masyarakat umum, untuk anak-anak sampai perpustakaan tingkat lokal dan tingkat internasional. 

8 Jenis Perpustakaan Yang Ada di Indonesia

Penasaran, ada berapa jenis perpustakaan sih? Temukan jawabannya di artikel ini. 

Perpustakaan Sekolah 

Sesuai dengan namanya, perpustakaan sekolah adalah jenis perpustakaan yang diperuntukan untuk lembaga pendidikan seperti untuk sekolah dasar (sd), sekolah menengah pertama (smp) dan sekolah menengah atas (sma/k/ma). Termasuk juga sekolah lanjutan seperti perguruan tinggi. 

Karena perpustakaan diperuntukan untuk sekolah, maka koleksi buku perpustakaan pun juga fokus tentang buku-buku pendidikan seperti buku pelajaran. Berdasarkan letaknya, perpustakaan sekolah berada di lingkungan sekolah. Adapun tujuan perpustakaan sekolah, yaitu sebagai sarana pembelajaran sekaligus sebagai tempat rekreasi beredukasi. 

Perpustakaan Perguruan Tinggi 

Dari segi peruntukannya, perpustakaan perguruan tinggi diperuntukan untuk perguruan tinggi dan lokasinya pun berada di komplek perguruan tinggi. Dari segi koleksi, tentu saja lebih banyak, beragam dan memenuhi semua cabang ilmu yang ada di perguruan tinggi tersebut. 

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

Perpustakaan perguruan tinggi fokus pada koleksi buku-buku pendidikan, edukasi dan buku referensi. Termasuk juga koleksi jurnal atau hasil penelitian yang tidak kalah penting untuk membantu mahasiswa mengembangkan keilmuannya. 

Khusus perguruan tinggi besar, umumnya setiap fakultas memiliki perpustakaan yang sesuai dengan jurusannya. Sebagai contoh, perguruan tinggi di ugm, ada banyak sekali jurusan. Mulai psikologi, filsafat, mipa, humaniora dan masih banyak lagi.

Dimana setiap jurusan memiliki perpustakaan sendiri yang isinya lebih spesifik dan fokus pada koleksi jurusan. Meskipun setiap jurusan memiliki perpustakaan, ugm pun juga memiliki perpustakaan utama yang berisi berbagai koleksi buku dan banyak referensi buku yang lebih beragam dan umum.

Baca juga: Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Daftar Pengadaan

Perpustakaan Umum 

Buat kamu yang tidak sekolah atau kuliah. Kamu tetap bisa datang ke perpustakaan umum. Perpustakaan umum adalah perpustakaan yang diperuntukan untuk masyarakat umum, tanpa memandang jurusan, pendidikan ataupun usia. Maka tidak heran jika koleksi buku di perpustakaan umum lebih beragam dan lebih lengkap. Koleksi buku semua ada dari yang untuk anak-anak sampai untuk dewasa/orangtua. 

Dari segi lokasi,perpustakaan umum ini ada banyak bentuknya juga. Ada perpustakaan umum daerah, perpustakaan desa, ataupun perpustakaan kota. Karena sifatnya untuk umum, maka perpustakaan dibangun di tempat-tempat umum. 

Perpustakaan Keliling 

Selain perpustakaan sekolah, perpustakaan umum maka ada juga yang disebut perpustakaan keliling. Sesuai dengan namanya, disebut sebagai perpustakaan keliling karena perpustakaan ini sukanya jalan. Jalan dari kota satu ke kota lain. Bentuk perpustakaan keliling umumnya menggunakan mobil yang di dalamnya sudah didesain sedemikian rupa, sehingga bisa menyimpan koleksi buku. 

Perpustakaan keliling ada yang dijalankan oleh pemerintah daerah, perpustakaan umum ataupun dijalankan oleh organisasi maupun komunitas tertentu yang bertujuan untuk mengedukasi dan mencerdaskan bangsa. 

Perpustakaan Khusus 

Mungkin ada sebagian yang asing dengan perpustakaan khusus? Jadi dikatakan sebagai perpustakaan khusus karena perpustakaan ini dimiliki oleh departemen, perusahaan, militer, organisasi, perusahaan atau perorangan. Dimana koleksi yang dimiliki pada perpustakaan khusus ini hanya boleh diakses oleh orang-orang khusus.

Misalnya perpustakaan militer, maka orang-orang yang boleh masuk keperpustakaan tersebut adalah anggota militer. Karena bersifat khusus, dari segi koleksi bukunya pun juga sangat terbatas, dan isinya sesuai dengan peruntukan lembaga, organisasi, industri atau perusahaan.

Taman Baca Masyarakat

Jika kamu pernah mendengar taman baca masyarakat, ternyata perpustakaan kecil yang ada di area perkampungan, atau di pedesaan. Salah satu kelebihan taman bacaan masyarakat adalah tidak banyak aturan dan lebih fleksibel. Karena konfep pembuangan taman baca bacaan sebagai tempat rekreasi. 

Daftar Pengadaan

Karna taman baca masyarakat bentuknya kecil, umumnya taman bacaan ini dikelola oleh masyarakat kecil. Adapun bentuk-bentuk koleksi yang disediakan, yaitu koleksi bacaan ringan seperti novel, majalah dan buku pengetahuan namun yang dikemas ringan. Dikatakan sebagai taman baca masyarakat karena tidak memiliki gedung khusus dan spesial. Taman baca masyarakat hanya meletakan koleksi buku di teras rumah, di balai desa atau di tempat bermain/berkumpul.

Perpustakaan Nasional 

perpustakaan nasional indonesia
Ilustrasi Perpustakaan nasional indonesia. Foto: antaranews.com

Ada juga yang disebut dengan perpustakaan nasional. Dikatakan sebagai perpustakaan nasional karena perpustakaan ini berada di pusat negara. Ada yang berbeda dari perpustakaan nasional dengan perpustakaan lain.jadi perpustakaan nasional sebagai pengawas dari segala aktivitas dunia literasi.

Dimana di perpustakaan nasional ini juga menyimpan setiap pustakaan yang keluar. Maka tidak heran jika koleksi buku di sana jauh lebih banyak dan paling lengkap se nasional. 

Oleh sebab itu, perpustakaan nasional sebagai pusat informasi negara sekaligus sebagai pelestari budaya dan melayani banyak hal seputar literasi. Misalnya, menangani tentang pengurusan isbn, issn dan keanggotaan dan masih banyak lagi. 

Perpustakaan Internasional

Jenis perpustakaan yang lebih besar daripada perpustakaan nasional adalah perpustakan internasional. Dikatakan sebagai perpustakaan internasional karena perpustakaan ini bagian dari organisasi internasional. Nah,karena sifatnya sudah keluar negara, maka tugas, pelayanan di perpustakaan internasional banyak perbedaan dari perpustakaan nasional. Meskipun demikian,perpustakaan internasional ini juga memiliki koleksi yang super lengkap. 

Umumnya, setiap negara memiliki perpustakaan internasional yang beragam dan unik. Baik dari segi struktur bangunan, koleksi buku hingga sarana dan prasarana yang ditawarkan. Bahkan, ada perpustakaan internasional yang rak nya sampai tinggi menjulang hingga beberapa lantai tingginya. Dari beberapa jenis perpustakaan di atas, buat yang ada pengalaman di dunia perpustakaan bisa tulis di kolom komentar.

Langkah-Langkah: Panduan Menumbuhkan Minat Baca Siswa dan Mahasiswa

Dari beberapa jenis-jenis perpustakaan di atas, perpustakaan mana yang paling berkesan dan tidak terlupakan? BOleh share cerita kamu di kolom komentar. Atau mungkin kamu punya pengalaman sepuar perpustakaan, boleh juga di tulis di kolom komentar. semoga sedikit ulasan ini bermanfaat. (irukawa Elisa)

Sumber referensi: https://lib.ub.ac.id/news/jenis-jenis-perpustakaan/

Foto Profil
Yusuf Abdhul Azis

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Yusuf Abdhul Azis
Yusuf Abdhul Azis
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.