10 Kebiasaan Buruk Pengunjung Perpustakaan, Apa Saja?

Kebiasaan Buruk Pengunjung Perpustakaan

Kebiasaan buruk pengunjung perpustakaan yang sering membuat pustakawan prihatin dan geleng-geleng kepala. Kadang apa yang mereka lakukan juga sering mengganggu pengunjung perpustakaan lain. Berikut adalah beberapa kebiasan buruk pengunjung perpustakaan yang umum ditemukan.  

Pakaian Tidak Pantas 

Apakah kamu pernah bertemu dengan pengunjung perpustakaan yang menggunakan pakaian tidak pantas? Dari sudut pandang lain, masalah pakaian adalah hak orang masing-masing orang. Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan, kita pun juga harus tahu tempat.

Begitupun Ketika datang ke perpustakaan, minimal kita bisa menggunakan pakaian yang lebih sopan. Apalagi jika perpustakaan tersebut adalah perpustakaan kampus dan perpustakaan pusat. 

Berbicara Terlalu Keras 

Kasus yang paling sering ditemui oleh pustakawan. Saat perpustakaan dikunjungi banyak orang, seringkali ditemui pengunjung yang mengobrol dan berbicara terlalu keras. Memang, berbicara di perpustakaan itu boleh dan sah-sah saja. Tetapi juga tahu tempat dan memahami pengunjung lain. Jadi missal berbicara harus lirih dan berbisik.

Mengganggu Pengunjung Lain

Kasus lain selain berbicara terlalu keras, Ketika di ruang baca umumnya diperuntukan untuk masyarakat umum yang sudah uzur. Maksudnya, tidak dikhususkan untuk balita. Karena beberapa perpustakaan yang besar, perpustakaan untuk balita-anak-anak memiliki ruang tersendiri.

Bukan berarti balita tidak boleh masuk ke perpustakaan baca umum. Permasalahannya, Ketika balita ikut di ruang baca umum rata-rata mereka akan bermain, berlari berteriak-teriak, dan ini akan mengganggu pengunjung lain. 

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

Membawa Makanan/Minuman Dari Luar

Rata-rata perpustakaan memiliki aturan pengunjung tidak diperbolehkan makan dan minum di dalam ruang baca. Aturan ini dibuat karena ada alasan dan sebab yang dikhawatirkan loh. Misalnya, takut makanan dan minuman kamu tumpah dan mengenai buku yang sedang kamu baca. Ya, kalau makanan tersebut hanya mengenai sedikit tidak masalah. Bagaimana jika sampai makanan dan minuman tersebut sampai merusak koleksi buku?

Menggunakan Ponsel Atau Gadget Dengan Suara Nyaring 

Sepele tapi penting, banyak pengunjung yang menggunakan ponsel, dan menyetel ponsel dengan suara nyaring/keras. Jadi bukan bermaksud melarang memainkan HP saat di ruang baca perpustakaan. Hanya saja suara keras yang ditimbulkan inilah yang digaris bawahi.

Itu sebabnya, untuk beberapa perpustakaan yang ketat sejak awal ada peringatan atau aturan dilarang bermain HP. Ada pula perpustakaan yang tetap dibolehkan bermain HP asalkan mode salient. 

Tidak Mengembalikan Buku Tepat Waktu 

Kebiasaan buruk pengunjung perpustakaan, yang mungkin kamu juga pernah lakukan. Yap! Tidak mengembalikan buku tepat waktu. Ini adalah kebiasaan buruk yang sampai saat ini paling umum. Tentu saja ada banyak faktor dan alasan kenapa hal ini terjadi.  Tetapi, hal ini jangan pernah diulangi lagi ya. ingat, jika telat mengembalikan buku akan terkena denda. 

Daftar Pengadaan

Merobek/Menulis Buku

Kebiasaan buruk yang paling menjengkelkan adalah, pengunjung perpustakaan yang memiliki kebiasaan corat-coret saat membaca buku. Sehingga buku yang dibaca sering ditemukan coretan. Ada pula kasus yang paling mengelus dada, yaitu buku yang dibaca sampai robek. Ya, walaupun untuk beberapa kasus, robeknya bisa disengaja dan karena faktor buku yang sudah lama. 

Mengambil Buku Tanpa Mendaftar

Barangkali kamu pernah melihat pengunjung lain yang diam-diam mengambil buku tanpa mendaftar? Biasanya kasus seperti paling sering ditemukan  di perpustakaan desa atau perpustakaan yang secara penegakan aturan terlalu longgar. Sehingga pengunjung bisa dengan mudah melakukan kecurangan seperti ini

Baca Juga:

Meninggalkan Sampah 

Meskipun perpustakaan sudah memperingatkan kepada setiap pengunjung tidak dibolehkan membawa makanan dan minuman. Namun tetap saja sering ditemukan pengunjung meninggalkan sampah makanan. Meskipun dalam kasus tertentu, bentuk sampah yang ditinggalkan tidak melulu makanan, tetapi bisa sampah kertas, plastik dan lain sebagainya. 

Tidak Mematuhi Aturan Perpustakaan 

Tidak mematuhi aturan perpustakaan juga kasus yang paling buruk yang juga sering ditemui. Sementara dari perspektif pengunjung, menganggap perpustakaan terlalu banyak peraturan yang menyebabkan semakin ribet. Sementara dari sudut pandang perpustakaan, aturan dibuat untuk mendisiplinkan agar tertib. 

Tidak Menghargai Pustakawan

Kebiasaan buruk pengunjung perpustakaan yang umum ditemukan lainnya adalah, pengunjung tidak menghargai pustakawan. Tentu wujud atau bentuk tidak menghargai ini bermacam-macam. Ada yang diperlihatkan secara verbal maupun non verbal. Semoga kamu tidak termasuk di dalamnya.

Kesimpulan

Itulah beberapa kebiasaan buruk pengunjung perpustakaan. Semoga kita semua tidak termasuk di atas. Semoga sedikit pembahasan singkat ini memberikan wawasan baru. (Iruekkawa Elisa)

Daftar Pengadaan
Muhammad Luqman

Lulusan Sarjana Teknik Sipil serta memiliki ketertarikan di bidang pendidikan dan wisata, saya juga memiliki ketertarikan di dunia penulisan SEO, copywriting, content writing, dan content marketing.

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Muhammad Luqman
Muhammad Luqman
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.