12 Aplikasi Perpustakaan Online Gratis dan Terlengkap

Aplikasi Perpustakaan Online

Aplikasi perpustakaan online menjadi trend di era digitalisasi. Digitalisasi berhasil mengubah kebiasaan masyarakat saat ini. Jika dahulu membaca dalam bentuk print out (offline). Untuk bisa mendapatkan wawasan dan ilmu, kita harus membaca buku, surat kabar atau mendengarkan radio dan televisi. Sekarang zaman sudah berubah, untuk bisa belajar, membaca, mencari ilmu wawasan cukup duduk manis dan membuka masing-masing smartphone.

Bahkan sekarang hampir perpustakaan daerah hingga nasional sudah mengikuti tren masa dengan menyediakan aplikasi perpustakaan online. Tujuannya, untuk mengikuti perubahan dunia, dan memudahkan masyarakat membaca secara mudah, tidak perlu datang ke perpustakaan. 

Berikut adalah beberapa aplikasi perpustakaan online yang dapat kamu akses, sehingga  kamu bisa membaca  koleksi buku secara daring.

Ipusnas 

Ipusnas adalah aplikasi membaca buku yang dikeluarkan oleh perpustakaan nasional. sama halnya dengan perpustakaan offline, yang memiliki banyak koleksi judul buku. Mulai dari bacaan genre fiksi, non fiksi, budaya, agama hingga buku-buku pendidikan.

Meskipun online, sistem waktu baca ini dilakukan seperti halnya kita meminjam buku secara offline. Yaitu ada batas waktu peminjaman. Nah, ketika membaca buku di aplikasi iPusnas jarak waktunya 5 hari. 

Eperpusdikbud

Aplikasi perpustakaan online kali ini dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Di aplikasi juga menawarkan berbagai koleksi buku yang bisa kamu nikmati, dan kamu jadikan bahan bacaan. Mulai dari buku fiksi, nonfiksi hingga dari genre buku pendidikan sekalipun juga lengkap di sana loh. 

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

iBI Library 

Mungkin selama ini ketika disebutkan Bank Indonesia, yang terlintas bagi masyarakat umum adalah tempat perbankan Bank Indonesia. Ternyata, Bank Indonesia juga mengeluarkan ibi library, semacam aplikasi perpustakan online yang dapat diakses oleh semua masyarakat secara gratis. Untuk jenis bacaan bukunya, kamu tidak perlu khawatir, dijamin lengkap dan berbagai genre tersedia di sana. 

Gramedia Digital

Ketika disebutkan gramedia digital, pasti sudah banyak orang yang tahu. Sebagai perusahaan penerbitan buku terbesar di Indonesia, gramedia juga memiliki aplikasi perpustakaan online. Kamu cukup download di aplikasi di gramedia digital di playstore. Kelebihan aplikasi ini, kamu tidak sekedar membaca ebook terbitan mereka. Tetapi juga bisa membaca majalah atau koran versi digital.

Rakata

Apakah kamu pernah mendengar aplikasi perpustakaan online rakata? APlikasi ini tidak hanya menyediakan ebook yang bisa kamu akses. Tetapi juga dapat kamu jadikan sebagai sarana kamu menulis buku juga loh. Pengelola aplikasi Rakata adalah dari penerbit Mizan Group. Untuk genre koleksi, kamu tidak perlu ragu, dijamin lengkap dan beragam genre tersedia di sana.

SLiMS

Aplikasi perpustakaan online yang masih dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) adalah SLiMS. SLiMS itu sendiri kepanjangan dari Senayan Library Management System. Perpustakaan online ini pertama kali diluncurkan pada 2014 yang lalu.

Daftar Pengadaan

Bentuk aplikasinya berbasis Web. Sifat aplikasi digital ini untuk manajemen perpustakaan open source. buat kamu yang tertarik mengisi waktu dengan membaca buku, bisa memanfaatkan fitur ini. 

Eprints 

Mungkin kamu merasa asing dengan aplikasi perpustakaan online Eprints? Sebenarnya aplikasi EPrint ini lebih cocok dan sangat direkomendasikan buat kamu yang masih kuliah atau yang sedang menyelesaikan tugas skripsi. Karena di aplikasi ini kamu tidak sekedar membaca ebook saja.Tetapi juga dapat membaca seperti jurnal dan hasil penelitian. 

iSantri

Jika kamu adalah seorang santri/santriwan atau mungkin kamu sedang membutuhkan buku bacaan yang berkaitan dengan buku agama. Maka dapat memanfaatkan aplikasi digital dari iSantri. Di aplikasi ini kamu tidak sekedar mendapatkan koleksi buku agamasaja loh, termasuk juga bisa mengakses majalah, buku motivasi juga. Aplikasi perpustakaan online gratis ini masih dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. 

iJakarta

Teruntuk kamu yang tinggal di jakarta dan sekitarnya, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi perpustakaan online di iJakarta. Perpustakaan digital ini dikelola oleh Promprov DKI dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Buat kamu yang malas jalan keperpustakaan karena terjebak macet, kamu bisa meminjam buku secara online di sini. kelebihannya, di aplikasi ini kamu bisa berinteraksi di media sosial, jika ada pertanyaan. Untuk masalah koleksi buku, sudah barang tentu lengkap dari berbagai jenis bacaan.

Baca juga: Cara Membuat ERD Perpustakaan: Contoh dan Tujuan

biblioteQ

Jika kamu ingin mencari perpustakaan online yang super lengkap.tidak hanya menyediakan ebook, tetapi juga menyediakan seperti jurnal, CD, majelah, DVD hingga game online dan game offline bisa menggunakan BiblioteQ. Kelebihan aplikasi ini, file yang ditawarkan ringan, sehingga dapat di download secara gratis bagi pengguna smartphone maupun windows dan Mac.

Daftar Pengadaan

LMS

ada juga aplikasi online yang disebut dengan Learning Management System (LMS). dibandingkan aplikasi yang lain, pasalnya aplikasi ini yang paling menarik. Karena dikemas lebih modern, desain interface dan desainnya uuga lebih kece.

APlikasi ini menawarkan berbagai bacaan digital. Mulai dari bacaan ebook dan hingga transaksi peminjaman dan pengambilan buku. dari segi jangkauan, aplikasi ini juga lebih umum. Dapat diakses oleh kalangan pelajar/mahasiswa hingga taman bacaan yang ada di kawasan pedesaan.

Baca Juga: Apa Itu Repository di Perpustakaan? Ini Manfaatnya

Biblio

Aplikasi Biblio adalah aplikasi yang terbuka untuk umum. Dari tampilan desain lebih sederhana, dan mudah dioperasionalkan oleh pemula. ada beragam buku digital yang dapat kamu baca di sana. kelebihan aplikasi ini, setiap buku yang diakses sudah dilengkapi dengan fitur identitas buku yang meliputi ISBN, keterangan buku, katalog dan nomor indeks.

Itulah beberapa aplikasi perpustakaan online untuk mahasiswa yang bisa kamu akses secara gratis. Dari beberapa rekomendasi aplikasi perpustakaan digital di atas memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Dimana kesan ini setiap orang akan berbeda-beda. Sehingga kamu bisa memilih aplikasi mana yang paling sesuai dengan yang kamu rasakan. Semoga sedikit ulasan daftar aplikasi online perpustakaan indonesia di atas banyak membantu. (Iruekkawa Elisa)

Muhammad Luqman

Lulusan Sarjana Teknik Sipil serta memiliki ketertarikan di bidang pendidikan dan wisata, saya juga memiliki ketertarikan di dunia penulisan SEO, copywriting, content writing, dan content marketing.

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Muhammad Luqman
Muhammad Luqman
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.