NPP Perpustakaan: Pengertian dan Cara Mendapatkan

cara membuat npp perpustakaan

Keberadaan perpustakaan tentu harus sesuai dengan izin dan juga undang-undang yang berlaku. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007, keberadaan perpustakaan bertujuan untuk memberikan layanan kepada masyarakat untuk meningkatkan kegemaran membaca dan memperluas wawasan serta pengetahuan, karena masyarakat mempunyai hak memperoleh layanan serta memanfaatkan dan mendayagunakan fasilitas perpustakaan.

Akan tetapi dalam membangun atau mengelola perpustakaan, tentu harus ada penataan data yang tercantum ke dalam aplikasi dan juga sistem kelola pada Perpustakaan Nasional. Pendataan tersebut adalah Sistem Nomor Pokok Perpustakaan (NPP).

Apa itu Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) akan dijelaskan secara mendetail melalui penjelasan di bawah ini.

Apa Itu NPP Perpustakaan?

Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) merupakan sistem penerapan atau aplikasi penataan kode identitas pada setiap unit perpustakaan di seluruh Indonesia, di bawah koordinasi Perpustakaan Nasional berdasarkan kode provinsi, kabupaten/kota. Nomor pokok perpustakaan diberikan kepada sekolah yang sudah memberikan profil perpustakaannya kepada Perpustakaan Nasional.

Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) diberikan dalam rangka memudahkan pembinaan perpustakaan dan untuk mengetahui bagaimana peta kondisi perpustakaan di Indonesia yang akan memudahkan penyusunan program atau kegiatan pembinaan perpustakaan melalui sumber daya perpustakaan dan juga untuk menetapkan akreditasi perpustakaan.

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

Tujuan diadakannya Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) ini adalah untuk memperoleh data dan juga informasi yang akurat mengenai jumlah perpustakaan atau lembaga negeri atau swasta yang seharusnya memiliki perpustakaan berdasarkan dengan amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Selain itu, adanya Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) adalah untuk memacu para pengelola perpustakaan agar dapat bersaing demi meningkatkan pengelolaan perpustakaan. Kemudian data pada Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) juga digunakan sebagai bahan untuk menyusun program pembinaan dan juga pengembangan perpustakaan berstandar nasional dengan mengacu pada sasaran rencana pembangunan di setiap daerahnya.

Dengan memiliki data pada Nomor Pokok Perpustakaan (NPP), maka perpustakaan akan memiliki username dan juga password NPP yang bisa digunakan dan diakses untuk mengisi semua fitur yang ada pada aplikasi, sehingga semua data yang dimiliki perpustakaan tersebut terekam di aplikasi Nomor Pokok Perpustakaan (NPP).

Profil perpustakaan sekolah akan disimpan dalam pangkalan data perpustakaan yang kemudian dapat diakses melalui http://npp.pnri.go.id atau melalui laman Google dengan menuliskan ‘Aplikasi NPP’.

Daftar Pengadaan

Tujuan Penggunaan NPP

Adanya Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) ini tentu memiliki fungsi dan juga tujuan yang sesuai dengan kebutuhannya. Tujuan digunakannya Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) adalah sebagai berikut:

  1. Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) diberikan dalam rangka memudahkan pembinaan perpustakaan. Dengan demikian, maka dapat mengetahui bagaimana peta kondisi perpustakaan di Indonesia dan akan memudahkan penyusunan program atau kegiatan pembinaan perpustakaan melalui pembinaan sumber daya perpustakaan.
  2. Menetapkan sistem akreditasi perpustakaan yang sesuai dengan aturan yang ditentukan oleh Perpustakaan Nasional.

Cara Cek NPP Perpustakaan

  1. Pergi ke web data.perpusnas.go.id
  2. Pilih menu Direkotori, kemudian pilih sub menu perpustakaan yang ingin kamu cari.
  3. Kemudian klik perpustakaan sekolah.
  4. Itu dia cara cek npp perpustakaan umum, perpustakaan perguruan tinggi, dan perpustakaan khusus.
  5. Selesai.

Baca juga artikel terkait perpustakaan lain

Cara Mendapatkan Nomor Pokok Perpustakaan

Untuk mendapatkan Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) ini, tentu ada syarat dan juga aturan yang diatur. Berikut adalah cara mendapatkan atau mendaftar Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) yang perlu diketahui.

Sesuai dengan aturan terbaru yakni tahun 2021, berikut langkah melakukan pendaftaran Nomor Pokok Perpustakaan (NPP):

  1. Buka laman https://data.perpusnas.go.id/
  2. Pilih menu Register
  3. Isi seluruh data perpustakaan dengan lengkap dan benar

Jika ada permasalahan ketika atau setelah mendaftar, bisa menyampaikan keluhannya pada surat elektronik atau email yaitu [email protected] dengan melampirkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Nama Perpustakaan (diisi sesuai yang didaftarkan pada laman data.perpusnas.go.id)
  2. Email (diisi sesuai yang didaftarkan pada laman data.perpusnas.go.id)
  3. Apa permasalahan yang perlu dikonsultasikan.

Sebelumnya, pendaftaran Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) diarahkan ke http://npp.pnri.go.id. Akan tetapi saat ini laman tersebut sudah tidak valid atau tidak melayani pendaftaran Nomor Pokok Perpustakaan (NPP).

Oleh sebab itu, Anda bisa mendaftarkan diri langsung melalui laman Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang sudah mengubah portal register Nomor Pokok Perpustakaan (NPP).

Daftar Pengadaan

Berikut adalah langkah-langkah pendaftarannya.

1. Kunjungi Data Perpusnas

Klik link laman https://data.perpusnas.go.id dan kemudian akan muncul seperti gambar berikut.

beranda data perpusnas
Beranda data perpusnas

2. Klik Menu Direktori

Selanjutnya, klik menu direktori yang kemudian akan muncul seperti berikut.

direktori perpustakaan di perpusnas

3. Pilih Jenis Perpustakaan “Perpustakaan Sekolah”

Pada bagian jenis perpustakaan, pilih ‘PERPUSTAKAAN SEKOLAH’

jenis perpustakaan

4. Cek Nama Sekolah

Selanjutnya untuk memeriksa atau menghindari Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) yang double di institusi perpustakaan sekolah, Anda bisa mengetikkan di menu dan mencari nama sekolah yang Anda maksud. Jika belum memiliki atau belum mendaftarkan Nomor Pokok Perpustakaan (NPP), silakan klik menu ‘REGISTRASI’ pada bagian pojok kanan atas.

registrasi npp perpustakaan

5. Mengisi Formulir Pendaftaran

pendaftaran npp perpustakaan

Kemudian Anda bisa melengkapi formulir pendaftaran. Data di dalam formulir yang diminta di antaranya sebagai berikut.

  • a. Nama Perpustakaan
  • b. Sub Jenis Perpustakaan
  • c. Status Perpustakaan
  • d. Email
  • e. Alamat Perpustakaan
  • f. Website atau laman resmi
  • g. Provinsi
  • h. Kabupaten
  • i. Kecamatan
  • j. Desa
  • k. Kode Pos
  • l. Telepon

Anda juga akan diminta melengkapi data akun yang berisi sebagai berikut.

  • a. Email
  • b. Telepon
  • c. Nama Akun
  • d. Kata Sandi

Jika perpustakaan yang Anda kelola belum memiliki website atau laman resmi, bisa dikosongkan saja atau ditulis tidak ada. Anda juga bisa menginput website atau laman resmi milik sekolah jika ada.

Ketika pendaftaran sudah berhasil, verifikasi akan dikirim dan akan dikonfirmasi melalui email pendaftar atau yang mendaftarkan Nomor Pokok Perpustakaan (NPP).

Jika sudah mendapatkan Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) dan juga password serta username untuk login, Anda bisa melengkapi dan memperbarui data perpustakaan pada laman NPP di https://data.perpusnas.go.id/. Jika Ada pertanyaan, Anda bisa mengirimkan email ke [email protected]

Deepublish

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Picture of Deepublish
Deepublish
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.