5 Fungsi Perpustakaan Sekolah Bagi Siswa

fungsi perpustakaan sekolah

Fungsi perpustakaan sekolah tidak hanya sebagai sarana dan pelengkap saja. Tetapi perpustakaan sekolah memiliki fungsi yang luar biasa. Sayangnya fungsi yang luar biasa ini tidak banyak disadari. Sebaliknya, justru banyak yang kurang peduli dan memperhatikan keberadaan perpustakaan. 

Padahal jika dikaji dari fungsinya, perpustakaan sekolah memiliki peran yang sama penting seperti peran orangtua terhadap anak, seperti peran Lembaga Pendidikan sebagai guru. Bahkan, fungsi perpustakaan juga sama-sama bisa mengubah masa depan siswa juga loh. Penasaran bukan? Seperti apa sih fungsi perpustakaan sekolah? Langsung saja intip lima fungsi berikut. 

Sumber Kegiatan Belajar Mengajar

Fungsi perpustakaan sekolah memiliki kesamaan dengan guru/tenaga pengajar, yaitu sebagai sumber kegiatan belajar mengajar. Jika guru mentransformasikan ilmu kepada siswa dengan cara mendampingi secara intens. Sementara perpustakaan sekolah sifatnya sebagai sarana yang memfasilitasi dan menyediakan sumber ilmu pengetahuan secara mandiri. 

Jadi perbedaannya terletak pada kemandirian siswa. Anak yang belum bisa belajar secara mandiri, bisa belajar dengan guru dan orangtua. Sementara siswa yang memiliki kemandirian dalam belajar, anak bisa mendapatkan ilmu pengetahuan tambahan dengan membaca buku-buku koleksi yang ada di perpustakaan. 

Sebagai Sumber Informasi

Jika guru memiliki sumber informasi terbatas. Sementara perpustakaan sekolah sebagai sumber informasi tanpa batas. Karena berbagai bidang, jenis, genre, sudut pandang, kajian dan segala topik dibahas dan tersimpan di perpustakaan sekolah. Sehingga siswa yang memiliki kesadaran literasi sejak dini, mereka akan memiliki banyak informasi lebih banyak. 

Semakin banyak informasi yang diperoleh siswa inilah yang akan membantu tumbuh kembang dan mempengaruhi sudut pandang siswa dalam menyikapi masalah dalam hidupnya. Bahkan, anak bisa menjadi lebih dewasa dari usianya. Tentu ini kabar yang diharapkan oleh orangtua ataupun tenaga pendidik. Hanya saja untuk menciptakan siswa yang mandiri seperti ini dibutuhkan effort yang luar biasa dari pihak sekolah dan orangtua. 

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

Memperluas Pengetahuan Siswa

Fungsi perpustakaan sekolah tidak lain membantu siswa memperluas pengetahuan mereka. Sehingga siswa tidak hanya mengetahui ilmu yang diajarkan oleh guru dikelas. Tetapi dengan membaca buku di perpustakaan, siswa memiliki pengetahuan tambahan. Sehingga siswa lebih cepat dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. 

Akan semakin menarik Ketika siswa membaca buku-buku yang tepat, sesuai dengan skill yang dimilikinya. Maka apa yang dipelajari tidak hanya menjadi wawasan di dalam kognisi mereka. Tetapi juga bisa menstimulus siswa untuk mengasah kemampuan skill mereka. Sehingga siswa tidak sekedar pandai secara teoritis, tetapi juga pandai secara nonteoritis. Siapa tahu dari skill yang diminati, justru yang mengantarkan siswa menjadi anak yang genius sesuai potensi bakatnya. 

Baca Juga:

Sumber Ide Dan Kreativitas

Siswa yang banyak membaca buku, membaca situasi, membaca alam dan membaca segala hal yang dirasakan oleh panca inderanya akan memiliki kemampuan luar biasa. Siswa juga memiliki ide-ide liar, imajinatif yang pada akhirnya akan melahirkan ide kreatif. Ketika ide kreatif itu mampu diotak-atik dan mampu diciptakan dalam wujud nyata, maka akan melahirkan inovasi. 

Daftar Pengadaan

Tentu taraf siswa yang demikian mendekati anak-anak yang genius. Bukan berarti anak, keponakan, saudara atau anak didik kita tidak bisa demikian. Semua anak memiliki peluang yang sama, jika setiap anak juga memiliki kesadaran diri berliterasi. 

Membantu Meningkatkan Minat Baca Siswa

Salah satu alasan kenapa kesadaran literasi itu tidak menarik dan monoton adalah, karena kita tidak bisa menemukan esensi dan tidak bisa merasakan manfaat dari membaca. Ketika siswa sejak dini diajarkan akan esensi membaca dan manfaat membaca, maka doktrin-doktrin negative yang selama ini kita percayai akan enyah. 

Dengan kata lain, semua ini tergantung dari perspektif kita sebagai orang/sebagai guru/sebagai pembimbing memberikan sudut pandang yang berbeda untuk mereka. Bahwa membaca tidak kalah keren. Membaca itu seperti kita traveling murah meriah. Cukup duduk manis sambil  membawa buku. Maka kita bisa menjelajah waktu sesuai dengan isi buku yang sedang dibaca.

Kesimpulan

Itulah beberapa fungsi perpustakaan sekolah yang sebenarnya luar biasa jika kita bisa merasakannya. Semoga sedikit ulasan ini cukup memberikan wawasan dan energi positif membaca buku di perpustakaan sekolah itu tidak kalah menarik. (Iruekkawa Elisa)

Deepublish

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Picture of Deepublish
Deepublish
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.