5 Tujuan Pembuatan Resensi Buku dan Manfaat

tujuan pembuatan resensi buku

Tujuan pembuatan resensi buku sangatlah beragam dan penting dalam dunia literasi. Resensi buku bukan hanya sekedar ulasan singkat tentang isi sebuah buku, tetapi juga memberikan manfaat tertentu untuk pembaca dan penulis. 

Dalam artikel ini, Deepublish Store akan membahas 5 tujuan utama dari pembuatan resensi buku. Jadi, simak ulasannya sampai akhir, ya!

Pengertian Resensi

Sebelum masuk ke tujuan pembuatan resensi buku, penting untuk memahami apa itu resensi. 

Resensi buku adalah suatu bentuk penilaian dan ulasan terhadap sebuah buku. Beberapa ahli memiliki definisi yang sedikit berbeda mengenai resensi. Berikut beberapa pengertian resensi menurut para ahli:

1. Gorys Keraf

Resensi adalah suatu ulasan mengenai nilai dari sebuah karya atau buku.

2. WJ. S. Poerwadarminta

Resensi adalah suatu pertimbangan atau perbincangan tentang sebuah buku yang menilai kelebihan atau kekurangan buku tersebut, menarik-tidaknya tema dan isi buku, kritikan, serta dorongan kepada khalayak tentang perlu tidaknya buku tersebut dibaca, dimiliki, atau dibeli.

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

3. Yus Rusyana

Resensi adalah suatu tulisan mengenai buku pengetahuan, sastra, kamus, ensiklopedia, dan sebagainya yang mengikhtisarkan, menggambarkan, menjelaskan, dan menilai buku.

4. Panuti Sudjiman

Resensi adalah pembahasan dan penilaian yang pendek tentang suatu karya tulis. Konteks ini memberikan arti penilaian, mengungkap secara sekilas, membahas atau mengkritik buku.

5. Euis Sulastri

Resensi adalah kupasan atau pembahasan tentang buku, film, drama yang biasanya disiarkan melalui media massa, seperti surat kabar atau majalah.

Secara umum, resensi adalah ulasan yang mencakup penilaian baik-buruknya, kekuatan-kelemahan, serta manfaat sebuah karya. Tujuan utamanya adalah memberikan gambaran kepada pembaca mengenai buku tersebut.

Daftar Pengadaan

Baca Juga:

Tujuan Pembuatan Resensi Buku

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa tujuan pembuatan resensi buku yang perlu kamu ketahui:

1. Membantu Pembaca Memahami Isi dan Nilai Buku

Salah satu tujuan utama pembuatan resensi buku adalah membantu pembaca memahami gambaran serta penilaian umum sebuah karya dengan ringkas. 

Dengan membaca resensi, kamu bisa mendapatkan informasi penting tentang isi buku tanpa harus membaca seluruh isinya. Ini sangat membantu bagi mereka yang ingin mengetahui apakah buku tersebut sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.

2. Menilai Kelebihan dan Kekurangan Buku

Tujuan lain dari pembuatan resensi buku adalah untuk memahami kelebihan dan kelemahan karya yang diresensi. Resensi memberikan penilaian objektif terhadap kualitas buku, baik dari segi konten, penyajian, maupun relevansinya. 

Dengan begitu, pembaca bisa menimbang-nimbang apakah buku tersebut layak untuk dibaca atau dibeli.

3. Memahami Latar Belakang dan Alasan Pembuatan Buku

Resensi buku juga bertujuan untuk memahami latar belakang serta alasan suatu karya dibuat. Informasi ini bisa sangat berguna bagi pembaca yang ingin mengetahui konteks di balik penulisan buku tersebut. 

Daftar Pengadaan

Misalnya, kamu bisa mengetahui inspirasi penulis, situasi atau peristiwa yang melatarbelakangi penulisan, serta pesan yang ingin disampaikan oleh penulis melalui karyanya.

4. Memberikan Masukan kepada Penulis

Selain bermanfaat bagi pembaca, resensi juga memberikan manfaat bagi penulis. Melalui resensi, penulis bisa mendapatkan kritik dan saran yang membangun. 

Kritik yang konstruktif dapat membantu penulis untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas karyanya di masa depan. Jadi, resensi berfungsi sebagai umpan balik yang sangat berharga bagi penulis.

5. Mengajak Pembaca untuk Berdiskusi

Tujuan terakhir dari pembuatan resensi buku adalah mengajak pembaca untuk berdiskusi mengenai karya yang diresensi. Resensi bisa memicu diskusi dan debat sehat di antara pembaca. 

Dengan berdiskusi, kamu dan pembaca lainnya bisa saling bertukar pendapat dan memperkaya pemahaman mengenai buku tersebut. Hal ini tentu saja akan meningkatkan apresiasi dan kecintaan terhadap literatur.

Manfaat Membuat Resensi Buku

Berikut dibawah adalah manfaat yang akan kamu dapatkan ketika membuat resensi buku:

  • Dapat mengasah penalaran otak secara otodidak
  • Memahami lebih detail isi buku yang diresensi
  • Mendapatkan pemasukan tambahan apabila resensi yang sudah ditulis kemudian dimuat oleh media nasional
  • Bisa direkrut menjadi peresensi buku oleh penerbit buku
  • Memperoleh pengalaman dan pengetahuan baru dari buku yang sedang diresensi
  • Mendapatkan mitra kerja yang luas dan banyak saat mulai meresensi.

Kesimpulan

Tujuan pembuatan resensi buku sangatlah beragam dan penting. Mulai dari membantu pembaca memahami isi dan nilai buku, menilai kelebihan dan kekurangan buku, memahami latar belakang pembuatan buku, memberikan masukan kepada penulis, hingga mengajak pembaca untuk berdiskusi. 

Semua tujuan ini berkontribusi dalam menciptakan ekosistem literasi yang lebih sehat dan dinamis. Jadi, mulai sekarang, jangan ragu untuk membaca atau bahkan menulis resensi buku, ya.

Selain menambah wawasan, kamu juga bisa berkontribusi dalam memperkaya dunia literasi. Dengan memahami tujuan pembuatan resensi buku, semoga kamu dapat lebih menghargai peran penting resensi dalam dunia literasi, ya

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan bagi kamu yang ingin mengetahui lebih dalam tentang resensi buku!

Deepublish

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Picture of Deepublish
Deepublish
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.