Contoh Surat Permohonan Bantuan Buku ke Perpustakaan Nasional

Contoh Surat Permohonan Bantuan Buku ke Perpustakaan Nasional

Contoh surat permohonan bantuan buku ke perpustakaan nasional wajib diketahui dan dipahami oleh pustakawan. Apalagi jika perpustakaan tempat kamu bekerja sedang mencari tambahan koleksi buku, sementara pendanaan dari pihak perpustakaan terbatas. Maka, kamu bisa berinisiatif mengajukan permohonan bantuan buku ke perpustakaan nasional loh. 

Jika surat permohonan tersebut terkabulkan, sangat luar biasa. Karena bisa koleksi buku akan lebih bervariasi. Sehingga akan mempengaruhi para pengunjung semakin ramai. Berikut adalah dua contoh surat permohonan bantuan buku ke perpustakaan Nasional. 

Contoh 1 : Versi Tanpa Kop Surat

Contoh surat permohonan bantuan buku ke perpustakaan nasional bisa dibuat tanpa ada kop surat. Pengajuan tanpa kop surat dianggap kurang resmi, meskipun demikian masih bisa diajukan loh. 

Perihal : Permohonan bantuan buku perpustakaan sekolah
Lampiran : 1 Bendel Proposal 

Kepada Yth.
Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kepala pusat pengembangan perpustakaan dan pengkajian minat baca
Di Jakarta 

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan program gemar membaca yang dicanangkan oleh pemerintah, maka bersama ini kami selalu staf pengelola Perpustakaan Daerah bernama Rumah Baca Lentera dengan kerendahan hati memohon kepada pimpinan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kiranya dapat membantu pengadaan buku-buku perpustakaan secara gratis.khususnya yang berkaitan dengan program keahlian di Rumah Baca Lentera dan buku penunjang lain serta buku-buku literatur lainnya. 

Mengingat sekolah kami masih baru setahun berdiri, dan belum ada banyak koleksi buku, maka kami berharap bertambahnya koleksi buku dari Perpusnas nanti bisa memberikan motivasi bagi pengunjung perpustakaan. 

Demikian, permohonan dari kami. Atas segala perhatian dan kerjasamanya kami haturkan terimakasih. 

Bantul, Yogyakarta, 08 Mei 2024

Hormat Kami,

Harjo Parwito, A.Md.I.P., S.H.  

095642814438

Dari contoh surat permohonan buku ke perpustakaan nasional di atas, ada yang perlu di garis bawahi. Pengajuan untuk perpustakaan sekolah belum tentu bisa mengajukan. Adapun alasan kenapa hal ini terjadi, karena sudah ada dana pengembangan perpustakaan berbentuk BOS, yang diatur dalam Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan pada Pasal 23 Ayat (6) yang berisi bahwa sekolah/madrasah mengalokasikan dana paling sedikit 5% dari anggaran belanja operasional sekolah/madrasah atau belanja barang di luar belanja pegawai dan belanja modal untuk pengembangan perpustakaan.

Contoh 2 : Versi Kop Surat

SMP PERMATA HATI BANTULJln Wonosari KM 11 Bantul, YogyakartaEmail : [email protected] | Telp (0274) 0029372647
Nomor : 13.2/LitbangLampiran : 1 (satu) Rangkap Proposal
Perihal : Permohonan Bantuan Buku Perpustakaan

Kepada Yth.
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kabupaten Bantul Di Bantul

Dengan hormat, 

Bersamaan dengan ini kami SMP Permata Hati Bantul mengajukan permohonan bantuan pengadaan buku dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca para siswa. Sehingga bisa memperluas wawasan bagi seluruh siswa/siswi SMP Permata Hati.

Kami yakin bantuan buku tersebut dapat meningkatkan mutu sekolah yang kami pimpin. Karenanya, kami berharap bapak/Ibu dapat mengabulkan permohonan kami.Demikian surat permohonan ini kami buat. Atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.

Mengetahui : Ketua Komite Sekolah,

Itulah dua contoh surat permohonan bantuan ke perpustakaan nasional versi menggunakan kop surat. Jika pengajuan ingin terlihat lebih formal dan resmi, tidak ada salahnya membuatnya menggunakan kop surat. karena lebih dirasa lebih sopan

Jadi surat pengajuan permohonan bantuan buku ke perpustakaan adalah program yang khusus memberi buku ke perpustakaan-perpustakaan yang kekurangan koleksi dan terkendala pada keterbatasan dana. Maka pihak perpustakaan, baik itu perpustakaan dari instansi pendidikan, perpustakaan daerah ataupun perpustakaan umum.

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

Baca Juga:

karena sifat buku tersebut adalah hibah atau pemberian dari lembaga/instansi, mka ada prosedur yang harus diikuti, yaitu perlu catatan administratif berupa surat permohonan. Tentu saja untuk aturan pengajuan dan syarat yang harus dipenuhi, dapat kamu ketahui langsung ke website resmi perpustakaan nasional. 

Kamu juga bisa langsung menghubungi bagian kesekretariatan perpustakaan nasional yang beralamatkan di Jl. Salemba Raya 28A Jakarta Pusat Telp. 021-3922669,3922749,3922855,3923116 (operator) Faks. 021-3103554. di sini kamu bisa menanyakan tentang apa yang perlu ditanyakan, agar lebih jelas.

Kesimpulan

itulah dua contoh surat permohonan bantuan buku ke perpustakaan nasional yang bisa kamu manfaatkan. Khususnya buat tempat perpustakaan yang memang kekurangan buku bacaan. Jika tertolak mengajukan buku ke perpustakaan nasional, kamu juga bisa mengajukan pengadaan buku ke tempat lain, seperti penerbit buku.

Daftar Pengadaan

Umumnya setiap penerbit buku juga membuka program pengadaan buku. Ada pengadaan buku yang diberikan kepada perpustakaan dengan harga special, lebih murah. Ada juga yang diberikan secara gratis. Jadi semua tergantung dari kebijakan masing-masing penerbit.

Jadi, kamu pun juga harus lebih jeli dan mencari tahu terlebih dahulu. Semoga dari sedikit pembahasan ini bermanfaat. (IRuekkawa Elisa)

Muhammad Luqman

Lulusan Sarjana Teknik Sipil serta memiliki ketertarikan di bidang pendidikan dan wisata, saya juga memiliki ketertarikan di dunia penulisan SEO, copywriting, content writing, dan content marketing.

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Picture of Muhammad Luqman
Muhammad Luqman
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.