8 Tugas Pekerjaan Pustakawan, Pahami Secara Dalam!

tugas seorang pustakawan

Pustakawan merupakan seseorang yang memiliki tanggung jawab besar dalam mengelola dan merawat koleksi buku serta bahan pustaka lainnya di perpustakaan. Selain itu, banyak layanan dan fasilitas juga yang harus dikelola oleh pustakawan supaya perpustakaan bisa berjalan dengan baik sesuai dengan visi dan misi. Oleh karena itu, harus tau juga mengenai tugas pustakawan itu ngapain aja.

Nah, untuk penjelasan lebih lengkapnya, berikut ada 8 tugas utama pustakawan yang wajib dipahami apalagi terkait dengan kebutuhan pemustaka itu sendiri.

1. Mengelola dan Merawat Koleksi Bahan Pustaka

Pustakawan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa koleksi buku dan bahan pustaka lainnya di perpustakaan tetap terjaga dengan baik dan terhindar dari kerusakan. Tugasnya meliputi menyimpan, menata, mengelola, dan merawat bahan pustaka tersebut agar selalu tersedia dan dalam kondisi yang baik.

2. Menyusun katalogisasi dan klasifikasi

Pustakawan harus menyusun katalog dan klasifikasi dari koleksi perpustakaan agar pengunjung bisa lebih mudah menemukan buku yang mereka butuhkan. Hal ini biasanya dilakukan dengan menggunakan sistem katalog dan klasifikasi yang telah ditetapkan secara internasional.

3. Memberikan Layanan Referensi dan Bantuan Kepada Pemustaka

Pustakawan harus dapat memberikan bantuan dan pelayanan referensi kepada pengunjung yang memerlukan bantuan dalam mencari buku atau informasi. Pustakawan juga harus dapat memberikan pelatihan penggunaan perpustakaan kepada pengunjung, seperti cara mencari informasi dan cara menggunakan sistem katalog.

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

4. Membuat Program-Program Pelayanan Publik

Pustakawan harus dapat membuat program-program pelayanan publik seperti seminar, pelatihan, dan diskusi buku untuk meningkatkan minat dan partisipasi masyarakat dalam membaca dan menggunakan perpustakaan.

5. Memelihara Peralatan dan Fasilitas

Pustakawan harus memastikan bahwa peralatan dan fasilitas yang ada di perpustakaan tetap dalam kondisi yang baik dan terjaga dengan baik, seperti perangkat lunak, perangkat keras, dan jaringan internet.

6. Meningkatkan Koleksi Pustaka

Pustakawan harus selalu mencari cara untuk meningkatkan koleksi pustaka dengan melakukan akuisisi dan pengadaan bahan pustaka baru yang relevan dengan kebutuhan dan minat pengunjung perpustakaan.

7. Menjalin Kerjasama Dengan Institusi dan Perpustakaan Lain

Pustakawan harus dapat menjalin kerjasama dengan institusi dan perpustakaan lain untuk memperkaya koleksi dan memperluas jangkauan layanan yang ditawarkan. Kerjasama seperti ini dapat dilakukan dalam bentuk pertukaran koleksi atau program-program lainnya.

Daftar Pengadaan

8. Memberikan Pelatihan

Memberikan pelatihan-pelatihan yang bermanfaat bagi pemustaka, misalnya mengenai pelatihan mendelay, penggunaan turnitin, cara membuat daftar pustaka dan webinar-webinar literasi yang terkait.

Itulah penjelasan 8 tugas penting pustakawan dalam menjalankan pekerjaanya di perpustakaan. Baca juga artikel terkait tentang pustakawan sebagai berikut.

Foto Profil
Yusuf Abdhul Azis

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Yusuf Abdhul Azis
Yusuf Abdhul Azis
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.