Perpustakaan Umum, Fungsi dan Strategi Promosi

perpustakaan umum adalah

Setiap perpustakaan umum tentu memiliki tugas untuk menjalankan tanggung jawabnya masing-masing. Hal ini tentu sudah diatur di dalam aturan atau kesepakatan tiap perpustakaan. Perlu diketahui, meski memiliki tujuan yang sama yakni memberikan informasi dan hiburan bagi masyarakat, perpustakaan memiliki jenis masing-masing.

Ada beberapa jenis perpustakaan yang disesuaikan dengan lokasi dan juga kepentingannya. Salah satu jenis perpustakaan adalah perpustakaan umum. Apa itu perpustakaan umum? Di bawah ini akan dijelaskan dengan jelas apa itu perpustakaan umum, bagaimana pengertian perpustakaan umum menurut ahli, apa saja fungsi dan juga manfaat perpustakaan umum, dan lain sebagainya.

Apa Itu Perpustakaan Umum

Pada dasarnya perpustakaan umum membidangi dan juga bertanggung jawab atas tersedianya informasi yang lengkap dan terselenggaranya layanan yang cepat dan sesuai dengan kebutuhan informasi pengguna, sehingga ketika diakses, pengguna bisa mendapatkan kepuasan dalam pencarian informasi.

Perpustakaan umum merupakan perpustakaan yang memberikan akses tidak terbatas pada sumber dan jasa perpustakaan cuma-cuma bagi semua warga komunitas, tempat, atau kawasan geografi tertentu yang sebagian dananya berasal dari masyarakat atau komunitas.

Selain itu, perpustakaan umum ini juga memiliki pengertian yang lebih luas lagi, baik secara umum maupun menurut ahli. Berikut pengertian dari perpustakaan umum yang lebih luas lagi.

1. Perpustakaan Umum Secara Umum

Perpustakaan umum merupakan perpustakaan yang diselenggarakan oleh dana umum dengan tujuan melayani umum. Karakteristik yang dimiliki oleh perpustakaan umum yang paling mendasar adalah perpustakaan umum ini umumnya didukung oleh pajak, biasanya adalah lokal, meskipun pada tingkat pemerintahan dapat dan tidak dapat berkontribusi.

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

Perpustakaan umum diatur oleh sebuah badan untuk melayani kepentingan umum yang mana perpustakaan umum ini terbuka untuk semua dan setiap anggota masyarakat dapat mengakses koleksi. 

Perpustakaan umum ini terdapat di tingkat provinsi dan dikelola oleh departemen P & K bersama Pemerintah Daerah. Di mana usaha-usaha antara dua badan tersebut dilaksanakan dan dikembangkan dengan sistem perpustakaan umum dengan ditunjang dengan beberapa buah mobil yang dimanfaatkan sebagai perpustakaan keliling.

Adanya perpustakaan umum ini bermanfaat untuk menjadi upaya menumbuhkan banyak taman bacaan yang diusahakan oleh berbagai usaha, baik itu usaha pribadi maupun rukun kampung. Yang mana meskipun usaha tersebut masih dalam bentuk yang sederhana, tetapi akan dapat menolong dan membantu kekurangan jasa perpustakaan umum di beberapa daerah.

Dari pengertian tersebut, maka didapatkan pengertian bahwa perpustakaan umum merupakan jenis perpustakaan tersendiri yang mana di samping itu masih ada 4 jenis perpustakaan lainnya. Di Indonesia, ada beberapa jenis perpustakaan umum, yaitu perpustakaan umum kabupaten, perpustakaan umum kota, kecamatan, desa, serta perpustakaan uum yang didirikan oleh komunitas atau lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Daftar Pengadaan

Berdasarkan koleksi, penganggaran serta layanan jasanya, maka Badan Perpustakaan Provinsi atau nama lainnya yang setara dapat masuk ke kelompok perpustakaan umum. Tetapi perpustakaan umum ini memiliki batasannya sendiri. Misal koleksi, anggaran, dan juga jenisnya.

Perpustakaan umum berbeda dengan perpustakaan di sekolah, kampus, kantor, pribadi, atau yang lainnya. meskipun konsep dan pengelolaannya sama, namun perpustakaan umum adalah hal yang berbeda. Perpustakaan non umum biasanya digunakan untuk lingkungan terbatas dan memiliki aturan khusus, sementara perpustakaan umum dapat digunakan masyarakat secara umum dan luas.

Perpustakaan umum menyediakan berbagai macam bahan koleksi bagi semua tingkatan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan lanjut usia, dengan tingkat sosial yang beraneka ragam juga. Oleh karena itu, perpustakaan ini memiliki nilai strategis untuk mencerdaskan kehidupan bangsa karena fungsinya yaitu melayani seluruh lapisan masyarakat.

2. Perpustakaan Umum Menurut Ahli

Selain memiliki pengertian secara umum, perpustakaan umum juga memiliki pengertian menurut para ahli dan juga undang-undang. Berikut penjelasannya.

a. Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan

Dalam Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 disebutkan pengertian perpustakaan umum adalah perpustakaan yang diperuntukkan bagi masyarakat luas sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat tanpa membedakan umat, jenis kelamin, suku, ras, agama, dan status sosial ekonomi.

b. Sjahrial Pamuntjak (200: 3)

Sjahrial Pamuntjak mengungkapkan pengertian perpustakaan umum sebagai perpustakaan yang menghimpun koleksi buku, bahan cetakan, serta rekaman lain untuk kepentingan masyarakat umum. Perpustakaan umum berdiri sebagai lembaga yang diadakan untuk dan oleh masyarakat, yang mana setiap warga dapat menggunakan perpustakaan tanpa dibedakan pekerjaan, kedudukan, kebudayaan, dan agama.

Meminjam buku dan bahan lain dari koleksi perpustakaan dapat dengan cuma-cuma atau dengan membayar iuran sekadarnya sebagai tanda keanggotaan dari perpustakaan tersebut.

Daftar Pengadaan

c. Hermawan dan Zen (2006: 30)

Hermawan dan Zen menuturkan pengertian perpustakaan umum sebagai perpustakaan yang melayani seluruh lapisan masyarakat tanpa membedakan latar belakang, status sosial, agama, suku, pendidikan, dan sebagainya.

d. Sulistyo Basuki

Menurut Sulistyo Basuki, perpustakaan umum adalah perpustakaan yang dibiayai dari dana umum, baik sebagian maupun seluruhnya, terbuka untuk umum tanpa membeda-bedakan usia, jenis kelamin, kepercayaan, agama, ras, pekerjaan, keturunan, serta memberikan layanan cuma-cuma untuk umum.

e. Saleh (2011: 9)

Saleh secara khusus mengungkapkan pendapatnya mengenai perpustakaan umum yang berperan dalam pendidikan seumur hidup masyarakat (life-long education atau life-long learning).

f. Sutarno (2006: 42)

Menurut Sutarno, perpustakaan umum ini ibarat universitas rakyat. Maksudnya bahwa perpustakaan umum merupakan lembaga pendidikan bagi masyarakat umum dengan menyediakan berbagai informasi, ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya sebagai sumber belajar untuk memperoleh dan meningkatkan ilmu pengetahuan bagi seluruh lapisan masyarakat.

g. Rahayuningsih (2006: 3)

Rahayuningsih mengungkapkan perpustakaan umum didirikan untuk melayani semua anggota masyarakat yang memerlukan jasa informasi dan perpustakaan, jadi sifat perpustakaan umum ini terbuka untuk umum dan tidak dibiayai dengan adanya dana dari masyarakat umum dan memberikan jasa pelayanan yang terbaik.

Fungsi dan Manfaat Perpustakaan Umum

Berdirinya perpustakaan umum ini pasti memiliki fungsi dan manfaat. Berikut adalah fungsi dan manfaat dari didirikannya perpustakaan umum.

1. Fungsi Edukatif

Perpustakaan Umum menyediakan berbagai jenis koleksi bacaan berupa karya cetak dan karya rekam untuk dapat dijadikan sumber belajar dan menambah pengetahuan secara mandiri. Budaya mandiri dapat membentuk masyarakat yang belajar seumur hidup dan gemar membaca.

2. Fungsi Informatif

Perpustakaan Umum sama dengan berbagai jenis perpustakaan lainnya, yaitu menyediakan buku-buku referensi, bacaan ilmiah populer berupa buku dan majalah ilmiah serta data-data penting lainnya yang diperlukan pembaca.

3. Fungsi Kultural

Perpustakaan Umum menyediakan berbagai koleksi pustaka sebagai hasil budaya bangsa yang direkam dalam bentuk tercetak atau terekam. Perpustakaan merupakan tempat penyimpanan dan terkumpulnya berbagai karya budaya manusia yang setiap waktu dapat diikuti perkembangannya melalui koleksi pustaka.

4. Fungsi Rekreasi

Perpustakaan Umum bukan hanya menyediakan bacaan ilmiah, tetapi juga menghimpun bacaan hiburan berupa buku-buku fiksi dan majalah hiburan untuk anak-anak, remaja/ dewasa. Bacaan fiksi dapat menambah pengalaman atau menumbuhkan imajinasi pembacanya dan banyak digemari oleh anak-anak, remaja dan dewasa. 

Data Perpustakaan

Pada 2021, perpustakaan di Indonesia yang terakreditasi menurut laman DataBoks Katadata ada sejumlah 10.794 yang tersebar di berbagai kota atau kabupaten di Indonesia. Dari jumlah tersebut, tercatat 8.662 yakni perpustakaan sekolah, 1.150 merupakan perpustakaan umum, 700 merupakan perpustakaan perguruan tinggi, dan sisanya 282 merupakan perpustakaan khusus.

Perpustakaan di Indonesia yang Terakreditasi
Perpustakaan di Indonesia yang Terakreditasi

Sementara itu menurut sensus perpustakaan yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional pada 2018 mencatat jumlah perpustakaan yang ada di Indonesia yakni sebanyak 164.610 perpustakaan yang terdiri dari 113.541 perpustakaan madrasah , 42.460 perpustakaan umum, dan 6.552 merupakan perpustakaan khusus yang tersebar di Indonesia.

Baca juga: Cara Membuat NPP Perpustakaan

Strategi Promosi Perpustakaan Umum

Demi dikenalnya perpustakaan umum, maka diperlukan strategi promosi untuk perpustakaan umum. Tujuan dari strategi promosi perpustakaan umum bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan tujuan jangka pendek, dan untuk mencapai tujuan tersebut, strategi promosi ini sangat dibutuhkan.

Meskipun setiap perpustakaan memiliki strategi masing-masing, berikut adalah strategi promosi perpustakaan umum yang secara umum dilakukan.

1. Membangun Komunikasi dengan Pemustaka

Hal ini dilakukan untuk menjalin komunikasi baik dengan pemustaka, lingkungan, fasilitas, dan bahan pustaka yang ada dan ditunjukkan dengan kemampuan dan wawasan serta integritas yang kuat.

2. Membangun Kerja Sama dengan Pihak Ketiga

Diperlukan kerja sama dengan pihak ketiga untuk layanan promosi, terutama dalam kegiatan insidentil dan bisa juga digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

3. Membuat Program Promosi

Setiap perpustakaan umum harus memiliki program promosi, yang meliputi:

  • penetapan sasaran atau prioritas,
  • menentukan prosedur atau tindakan, dan 
  • menyusun rencana kerja.

Nah, itulah penjelasan mengenai perpustakaan umum yang sebaiknya dipahami dan bagaimana bisa membuat promosi yang menarik supaya bisa mengajak orang yang awam mau untuk menggunakan perpustakaan umum.

Baca juga artikel terkait berikut ini.

Foto Profil
Yusuf Abdhul Azis

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Yusuf Abdhul Azis
Yusuf Abdhul Azis
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.