6 Macam Literasi Dasar: Pengertian, Manfaat, Tujuan Dan Contoh

macam literasi dasar

Macam literasi ada banyak. Dari sekian banyak macam literasi, hanya ada 6 macam literasi dasar. Apa saja itu? Kamu bisa temukan jawabannya di artikel ini. Namun sebelumnya, kita ulas terlebih dahulu pengertian umum dan pengertian menurut para ahli.

Di artikel ini, selain menemukan macam-macam  dasar literasi, kamu juga akan menemukan manfaat, tujuan dan contoh literasi itu apa. Langsung saja kita simak. 

Apa Itu Literasi

Literasi secara umum dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang mencari informasi dengan cara membaca ataupun menulis. Pada dasarnya, cakupan literasi sangat luas, tidak melulu tentang dunia membaca dan menulis saja. Tetapi juga aktivitas belajar di sekolah, update teknologi, penelitian sains dan masih banyak lagi. Jadi, literasi memiliki cakupan lebih kompleks. 

Istilah literasi diambil dari bahasa inggris “letter”, dan dalam istilah latin disebut dengan “literature”. Dimana literasi dapat pula diartikan sebagai kemampuan seseorang dapat membaca huruf/aksara dan juga melek secara visual. Karena kemampuan bisa membaca inilah yang membantu seseorang untuk menerjemahkan ide-ide yang ada.

Pengertian Literasi Menurut Para Ahli

Hakikat literasi itu sendiri adalah memahami, mentransformasi informasi, menganalisis dan menggunakan informasi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan secara lebih, tidak sekedar dari membaca dan menulis saja. Berikut adalah beberapa pendapat para ahli tentang literasi. 

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

1. Elizabet sulzby 

Literasi menurut elizabeth sulzby, literasi merupakan kemampuan seseorang dalam berbahasa ataupun berkomunikasi yang meliputi dengan membaca, menulis, menyimak ataupun berbicara dengan cara yang berbeda, namun tetap sesuai dan memiliki tujuan tertentu. 

2. Harvey j. Graff & jack goody 

Menurut harvey j. Graff dan jack goody mengartikan bahwa literasi adalah kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis. 

3. Merriam-webster

Sedikit berbeda dengan pendapat merriam. Menurutnya, literasi tidak sekedar kemampuan yang dimiliki seseorang terhadap kemampuan menulis dan membaca saja. Tetapi juga kesadaran seseorang melek aksara, termasuk memahami ide secara visual. 

Dari beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa literasi adalah kecakapan seseorang didunia baca, menulis dan menerjemahkan ide, dan kemampuan untuk membaca kanan kiri di sekitar mereka untuk dijadikan wawasan, dan pengetahuan.

Daftar Pengadaan

Baca juga: Indikator Literasi Digital dan Cara Meningkatkannya

Macam Macam Literasi Dan Penjelasan Singkat

Tidak banyak yang tahu jika literasi memiliki beberapa macam literasi dasar. Dimana keenam literasi dasar tersebut wajib dikuasai, guna untuk memahami ilmu pengetahuan yang masih bersifat abstrak ini. Lalu, apa saja literasi dasar tersebut? Temukan jawabannya di sini. 

1. Literasi Baca Tulis 

Literasi baca tulis merupakan literasi yang dimiliki seseorang di bidang memahami isi teks tertulis. Dalam dunia baca tulis, ada pesan yang tersirat (tidak secara langsung) dan tersurat (secara langsung). Dimana seseorang yang mampu mengelola literasi baca tulis ini, akan mendapatkan ilmu pengetahuan dan dan bisa mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya.

2. Literasi numerasi 

Adapun yang disebut dengan literasi numerasi, yaitu kecakapan seseorang dalam memahami, mendefinisikan angka dan simbol, yang masih memiliki hubungan dengan matematika dasar. Umumnya literasi numerasi ini sering digunakan untuk memecahkan masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari secara praktis. 

3. Literasi Sains

Ada juga yang disebut dengan literasi sains, yaitu kemampuan seseorang dalam menerjemahkan dan memahami fenomena alam dan sosial yang ada disekeliling. Segala bentuk fenomena itulah yang dapat membantu dalam mengambil keputusan secara akurat, tepat dan secara ilmiah.

4. Literasi Digital 

Istilah literasi digital pasti sudah tidak asing lagi. Dikatakan sebagai literasi digital adalah kecakapan seseorang dalam memanfaatkan dan menggunakan media digital dengan tepat, benar dan bermanfaat. Dimana literasi digital tidak sekedar sebagai bermain unfaedah. Sebaliknya, literasi digital dapat mengoptimalkan potensi dan bakat seseorang.

5. Literasi finansial

Sementara istilah literasi finansial lebih fokus pada kecakapan seseorang dalam mengaplikasi pemahamanan terhadap motivasi,konsep,risiko, dan keterampilan di bidang finansial. Kemampuan mengatur finansial tidak melulu mengatur finansial kebutuhan rumah tangga saja. Tetapi juga dapat diterapkan dalam dunia kerja. 

Daftar Pengadaan

6. Literasi budaya & Kewarganegaraan 

Seperti yang kita tahu, bahwa indonesia negara kepulauan dan memiliki beragam budaya dan bahasa. Dimana untuk bisa memahami antar suku, ras dan agama dibutuhkan kemampuan literasi budaya dan kewarganegaraan. Yaitu kecakapan seseorang dalam memahami sikap dan identitas bangsa, terkait dengan hak dan kewajiban sebagai warga negara.  

Dari keenam macam literasi di atas, jenis mana yang mendekati dan paling sering kamu temukan? Apapun jawabannya, sebenarnya macam-macam literasi di atas sudah akrab dalam keseharian kita. 

Manfaat Literasi

Kehadiran literasi tidak hanya meningkatkan kesadaran diri akan pentingnya membaca dan menulis saja. Lebih dari itu, ada beberapa manfaat lain seperti. 

  1. Mengembangkan budi pekerja yang baik 
  2. Mengembangkan budaya literasi sejak dini bagi masyarakat. Sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi masyarakat lain untuk ikut sadar literasi 
  3. Menambah ilmu pengetahuan dari banyak penjuru arah, sehingga memiliki wawasan yang luas 
  4. Membantu kepekaan seseorang dalam mengambil pelajaran, hikmah dan pembelajaran hidup setiap kali membaca sesuatu 
  5. Orang yang sadar literasi, akan menghabiskan waktu sebaik mungkin, dan melakukan dengan kegiatan yang berguna 
  6. Memiliki daya analitis yang peka dan memiliki sikap kritis terhadap apapun 
  7. Orang yang memiliki literasi baik, memiliki kosakata yang lebih beragam
  8. Secara kognitif, kesadaran literasi sangat membantu memaksimalkan kinerja otak lebih maksimal 
  9. Dari segi kepribadian, kesadaran literasi juga sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan interpersonal
  10. Memiliki kemampuan untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi, dimana dari fokus dan konsentrasi inilah yang dapat memudahkan untuk mencapai karya-karya yang banyak

Ada banyak manfaat kesadaran literasi yang akan diperoleh. Dari beberapa manfaat di atas hanya beberapa manfaat lain yang tidak disebutkan satu persatu. Karena setiap orang, memiliki nilai manfaat yang berbeda-beda. Karena sifat manfaat yang diperoleh bersifat subjektif dan tergantung sikap dari masing-masing orang. Lalu, manfaat apa yang kamu rasakan dari kesadaran literasi? Boleh komen di bawah. 

Hot News: Literasi Media, Tujuan dan Urgensi Bagi Mahasiswa

Tujuan Dan Fungsi Literasi

Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas. Ada beberapa tujuan literasi, diantaranya sebagai berikut. 

1. Memperkuat kepribadian 

Disadari atau tidak, membaca sangat efektif untuk memperkuat kepribadian seseorang menjadi pribadi yang lebih matang. Baik matang secara berpikir maupun secara bersikap. Kepribadian yang matang akan menjadikan pribadi yang lebih dewasa dan bijak dalam menyikapi permasalahan hidup. 

2. Memiliki budi pekerti yang baik

Banyak orang yang memiliki budi pekerti yang kurang baik. Bukan karena mereka tidak memiliki budi pekerti tidak baik, bisa jadi karena tidak ada yang mengarahkan dan tidak tahu bentuk budi pekerti yang baik itu seperti apa. Dengan memiliki kesadaran literasi, seseorang akan belajar banyak tentang budi pekerti dan moral yang baik seperti apa. Sehingga pesan-pesan baik dari bacaan tersebut diingat dan dapat dijadikan pembelajaran bagi pembaca.

3. Kritis 

Seseorang yang memiliki kesadaran tinggi terhadap literasi, memiliki sikap kritis. Kritis terhadap banyak hal. Mulai dari kritis terhadap bacaan yang dibacanya, terhadap lingkungan yang dianggap kurang tepat dan kurang sewajarnya. Bahkan terhadap sikap teman pun bisa kritis. 

4. Meningkatkan pengetahuan 

Kita tahu betapa pentingnya ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan tolak ukur kita bisa bertahan hidup. Dengan ilmu pengetahuan, kita dapat mencari nafkah dengan baik.

 Setidaknya seseorang yang memiliki kesadaran yang baik terhadap literasi akan mendapatkan ilmu pengetahuan dari segala penjuru arah mata angin, yang akan mengantarkan pada hal-hal yang baik di masa depan.

Dari keempat tujuan dan fungsi di atas, barangkali kamu merasakan manfaat dan tujuan lain? Boleh di share di kolom komentar ya.

Contoh Kegiatan Literasi

Dari pembahasan yang cukup panjang lebar di atas. Kurang afdol jika tidak ada contohnya. Berikut beberapa contohnya. 

  1. Mengaktifkan kembali majalah dinding di sekolah 
  2. Sepulang sekolah atau pas hari libur, berkunjung ke perpustakaan daerah tempat tinggal 
  3. Mengisi waktu dengan membaca atau dengan hal-hal yang bersifat positif, seperti menulis atau menggambar 

Dan masih banyak lagi sebenarnya kegiatan literasi. Termasuk mengikuti lomba menulis, lomba bercerita, karya cipta puisi dan masih banyak lagi kegiatan positif yang bisa diikuti sebagai bentuk kegiatan literasi. Semoga sedikit ulasan ini bermanfaat. (irukawa Elisa)

Artikel Terkait Literasi Lainnya

Deepublish

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Deepublish
Deepublish
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.