5 Cara Promosi Perpustakaan dengan Mudah

cara promosi perpustakaan

Cara promosi perpustakaan memang harus menarik, dan hindari promosi yang sifatnya umum. Apalagi jika caranya terkesan membosankan bagi masyarakat. Maka bentuk apapun cara promosinya juga akan tetap kurang menarik. Pertanyaannya adalah, promosi perpustakaan yang menarik itu yang seperti apa sih? Sementara kesadaran masyarakat terhadap literasi membaca masih rendah. Dan inilah yang menjadi tantangan terbesar bagi seluruh stakeholder perpustakaan. 

Oleh karena itu, butuh seni bagi stakeholder perpustakaan untuk memperkenalkan perpustakaan kepada masyarakat umum dengan cara yang lebih fresh, menarik dan tidak begitu-begitu saja. Sehingga masyarakat memiliki antusiasme untuk datang ke perpustakaan. Lalu bagaimana sih cara promosi perpustakaan yang menarik itu? Simak beberapa tips berikut. 

Buat Materi Promosi Sesuai Segmentasi 

Tips cara promosi perpustakaan agar menarik adalah memperhatikan segmentasi. Jadi perlu dilihat terlebih dahulu, jenis perpustakaan yang dijalankan apakah perpustakaan sekolah, perpustakaan desa, perpustakaan daerah, perpustakaan kota atau perpustakaan umum. Jika itu perpustakaan sekolah, perlu dilihat lagi, segmentasinya sekolah SD/SMP/SMA/K atau perguruan tinggi? Jika itu perpustakaan umum, maka semua kalangan bisa datang. 

Nah, segmentasi calon pengunjung perpustakaan ini yang akan membantu kamu membuat materi promosi sesuai target mereka. Misalnya promosi ditargetkan bagi pelajar, tentu konten dan promosi yang dibuat tidak jauh-jauh dari dunia mereka. Berlaku pula sebaliknya, jika materi promosi diperuntukan untuk umum, juga perlu memperhatikan kegiatan yang menarik untuk mereka. 

Buat Promosi Dengan Ilmu Komunikasi 

Membuat promosi itu memang tidak mudah, dalam konteks apapun itu. Apalagi jika kontaknya hal-hal yang menyangkut literasi. Secara masyarakat kita literasi membaca masih rendah. Sehingga kamu yang punya peran untuk membuat materi promosi wajib menguasai ilmu komunikasi dan marketing. 

Setidaknya dua cabang ilmu ini akan membantu kamu dalam membuat ide-ide promosi yang out of the box, kece dan sesuai dengan target market mereka. Akan lebih ciamik lagi jika kamu punya ilmu komunikasi yang handal. Pasti promosi kamu lebih mudah diterima oleh mereka.

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

Membangun Aliansi Dengan Organisasi Lain 

Tidak dapat dipungkiri jika segala sesuatunya butuh orang lain, butuh kerjasama dengan organisasi lain misalnya. Setidaknya dengan membangun aliansi dengan organisasi lain bisa lebih saling melengkapi, berkolaborasi dan memperluas jaringan. Cara ini sangat efektif untuk memperluas jangkauan. Itu sebabnya cara ini perlu dipertimbangkan dan segera diadakan, khususnya buat tempat kamu yang perpustakaannya masih apa-apa dijalankan sendiri. 

Baca Juga:

Membuat Kampanye Iklan 

Siapa yang tidak sedih, ketika sudah susah payah promosi, tetapi hasilnya masih senyap? Nah, salah satu cara agar promosi kamu tertarget sesuai sasaran, kamu bisa membuat kampanye iklan dengan memanfaatkan digital loh. 

Sekarang digital menawarkan segudang kemudahan. Misalnya kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk pasang promosi. Kamu bisa memanfaatkan fitur fb/instagram ads, atau bisa juga memanfaatkan ads yang tersedia di youtube untuk memperluas jangkauan. Cara ini sangat efektif untuk memperluas peluang. Kelebihannya. Bagaimana? Apakah kamu ingin mencobanya?

Daftar Pengadaan

Mengadakan Event

Tips cara promosi perpustakaan yang terakhir, yang sebenarnya hampir perpustakaan sering lakukan adalah mengadakan event. Meskipun car aini sudah umum, tidak ada salahnya kamu mencobanya loh. Agar eventnya memiliki kesan yang berbeda dan menarik, kamu bisa menciptakan program unik, lain daripada yang lain. tentu untuk menciptakan hal ini, dibutuhkan kreativitas. 

Kesimpulan

Itulah cara promosi perpustakaan yang sebenarnya masih bisa dibedah dan di eksplor lagi dengan tim kerja kamu. Buat kamu yang penasaran dan tertarik, selamat mencoba. Semoga program promosi yang kamu buat sukses. Semoga sedikit ulasan ini bermanfaat. (Iruekkawa Elisa)

Deepublish

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Picture of Deepublish
Deepublish
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.