12 Aplikasi Penulis Buku yang Mudah Digunakan

aplikasi penulis buku

Dua belas Daftar aplikasi penulis buku yang wajib Anda ketahui. Buat Anda yang ngaku ingin menjadi seorang penulis. Wajib tahu aplikasi satu ini. 

Era digitalisasi menawarkan berbagai kemudahan untuk segala sektor. Salah satunya bagi para penulis. Dimana aplikasi ini sangat membantu mempercepat kerja anda.

Aplikasi Penulis Buku

Pad artikel berikut akan dibahas secara lengkap beberapa aplikasi yang sering digunakan dalam penulisan buku:

1. Jotterpad 

Apakah Anda pernah mendengar Jotterpad? Jotterpad adalah aplikasi yang support untuk menulis novel. Jadi ada banyak fitur yang ditawarkan dari aplikasi ini. Yaitu fitur free-distraction editor, screenwriter profesional dan quick preview.

Di aplikasi ini anda juga bisa mengotak atik atau mengkustomisasi tampilan loh. Adapun fitur lain yang ditawarkan, seperti fitur konversi format PDF ataupun menjadi docx. 

Daftar Pengadaan

2. Writer plus

Selain writerpad, ada juga writer plus. Desain dari aplikasi ini sangat support digunakan di smartphone. Jadi yang tidak punya laptop, anda dapat menggunakan aplikasi ini. Anda tetap menulis dimana saja hanya menggunakan aplikasi yang bisa di pasang di smartphone ini. 

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

Fitur yang ditawarkan dari Writer pulus adalah bisa membuat folder untuk menyimpan file. Ketika masuk di lembar kerja, maka aplikasi ini sudah memiliki fitur seperti undo, redo, word & character count dan masih banyak lagi. Aplikasi ini juga sudah didukung oleh keyboard bluetooth. 

3. Novelist 

Buat Anda yang ingin menjadi seorang novel, maka aplikasi novelist ini adalah jawabannya. Aplikasi ini anda bisa lebih mudah membuat outline/kerang ataupun membuat jadwal agar tulisan bisa selesai sebelum deadline datang.

Kelebihan dari fitur ini adalah menawarkan banyak sekali template dan memiliki editor teks dengan format dan auto save. Aplikasi yang didesain seperti dengan laptop, dimana bisa menyimpan dalam berbagai format seperti EPUB, RTF dan HTML.

4. Writer tools 

Buat Anda yang suka dengan menulis dan sudah profesional, maka aplikasi writer tools ini wajib di coba. Jadi Anda dapat menulis sambil diberi durasi waktu. Misalnya selama 25 menit harus bisa menulis. Aplikasi ini juga memiliki fitur ‘Timer’ writer tools.

Daftar Pengadaan

Selain itu juga bisa memantau hasil tulisan secara berkala. Aplikasi ini efektif untuk mengetahui efektivitas waktu saat menulis dalam waktu tertentu. Misal, dalam waktu 25 menit kamu bisa tahu bisa menghasilkan berapa karakter atau berapa halaman. 

Kelebihan aplikasi ini yaitu anda bisa melihat statistik profesi yang sedang dikerjakan. Ini juga cocok untuk perusahaan yang mempekerjakan karyawan untuk menulis. Karena statistik yang muncul dapat dijadikan sebagai alat ukur. Di sini Anda juga bisa mengetahui jumlah kata yang sudah dituliskan.

5. Wattpad 

Siapa nih yang suka menulis fiksi, namun belum ke taraf menulis novel, karena terlalu berat? Nah, buat kamu yang suka menulis fiksi seperti cerpen, puisi atau semacamnya, maka bisa memanfaatkan aplikasi Wattpad. 

Jika Anda tipe pembaca fiksi dan belum ada kesempatan untuk menulis, maka tetap bisa menikmati aplikasi wattpad untuk membaca karya-karya fiksi. Di Wattpad juga bisa membaca banyak sekali buku, cerita dari berbagai genre. Baik itu dari romance, comedy, thriller hingga horor.

6. Fizzo Novel

Selain Wattpad, ada juga yang Fizzo Novel. Fizzo salah satu aplikasi yang menawarkan bacaan dan aplikasi ini cukup populer di kalangan anak muda. Salah satu kelebihan dari Fizzo Novel ada reward berbentuk uang untuk para pembaca.

Sementara buat Anda yang suka menulis, juga bisa menjadi anggota dan menuliskan karya-karya keren di sini. Siapa tahu dari karya keren dapat dilirik penerbit untuk diterbitkan.

Baca Juga: 12 Aplikasi Perpustakaan Online Gratis dan Terlengkap

7. My Story Today 

Apakah anda pernah mendengar aplikasi my story today? Salah satu aplikasi yang bisa Anda dapatkan melalui google play store. Aplikasi ini juga salah satu aplikasi yang mendukung potensi bakat menulis.

My Story Today menawarkan beberapa kelebihan seperti bisa menambahkan karakter dan bisa mensetting dimuat dalam cerita secara praktis. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan karakter ataupun menambahkan link.

8. Pure writer 

Jika ingin aplikasi yang memiliki fitur auto save, maka pure writer adalah aplikasi yang wajib di download. Sehingga ketika menulis, Anda sudah otomatis menyimpan.

Kelebihan dari aplikasi pure writer adalah memiliki fitur fingerprint unlock sekaligus menawarkan fitur auto backup. Sehingga ketika terjadi sesuatu hal hasil tulisan tidak hilang. 

9. Evernote 

Tidak dapat dipungkiri jika banyak sekali aplikasi terbaik yang bisa dimanfaatkan oleh penulis. Salah satunya aplikasi evernote. Aplikasi ini digunakan untuk menulis namun juga bisa dimanfaatkan untuk penulisan catatan secara tertulis maupun secara audio.

Buat anda yang mobile dan banyak data yang mengharuskan scan gambar, maka anda bisa memanfaatkan aplikasi ini juga. Kelebihan fitur aplikasi untuk hasil scan, anda bisa memberikan komentar di potongan kertas seperti halnya dengan tulisan tangan. 

10. Auctor 

Buat anda yang ingin menjadi seorang novelis, maka bisa memanfaatkan aplikasi auctor. Aplikasi yang selalu membuat challenge. Dimana isi dari challenge ini adalah mengajukan pertanyaan lebih detail tentang tokoh karakter yang akan Anda tuliskan. 

Daya tarik dari aplikasi ini adalah dapat menuliskan karakter tokoh secara detail. Format aplikasi ini sangat membantu bagi calon penulis novel pemula yang masih kebingungan menulis novel dengan karakter yang matang.

11. Google docs 

Siapa sih yang tidak kenal dan tidak tahu google? Google memiliki fitur yang dapat dimanfaatkan untuk menulis. Aplikasi tersebut adalah google docs. Google docs ini konsepnya hampir sama dengan MS Word.

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan dari google docs, diantaranya memudahkan membagikan tulisan secara berjamaah/kelompok. Sehingga cocok buat anda yang sudah punya kontrak menulis buku, anda bisa share langsung ke editor penerbit. Dimana editor bisa memantau progress tulisan yang sudah anda tulis di google docs. 

Keuntungan menggunakan google docs, kita tidak perlu membayar atau mendownload dalam bentuk aplikasi. Karena setiap akun di google, kita sudah bisa mendapatkan aplikasi google docs ini secara otomatis.

12. Grammarly 

Jika anda tertantang ingin menulis buku dalam bahasa inggris, maka bisa memanfaatkan grammarly. Ada banyak fitur yang ditawarkan dari grammarly, seperti fitur correction. Sehingga ketika ada kesalahan bahasa dan tulisan sudah terdeteksi dan dibenahi.

Sehingga buat yang masih belum profesional dalam bahasa inggris, aplikasi ini sangat membantu sekaligus dapat dijadikan sebagai sarana belajar menulis bahasa inggris juga. Aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk menulis buku saja, tetapi juga dapat menulis script skenario.

Kesimpulan

Itulah artikel dari pengadaan.penerbitdeepublish.com temtamg 12 aplikasi penulis buku yang bisa anda coba sendiri. Mungkin dari 12 rekomendasi di atas tidak semuanya cocok dengan anda. Semoga sedikit ulasan ini bermanfaat. (Iruekkawa Elisa)

logo deepublish
Deepublish

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Picture of Deepublish
Deepublish
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.