5 Cara Membuat Taman Baca dan Contohnya

Taman baca masyarakat adalah

Taman baca merupakan bagian penting untuk mendukung literasi masyarakat dengan memberikan layanan di bidang bahan bacaan, berupa: buku, majalah, tabloid, koran, dan bahan multi media lain.

Saat ini, budaya membaca sudah mulai tersingkirkan karena perkembangan zaman dan teknologi yang semakin mumpuni. Bahkan kini membaca seolah dipandang sebagai suatu hal yang sangat kuno dan ketinggalan zaman sehingga banyak yang meninggalkan. Padahal, membaca menjadi hal yang sangat penting, tak hanya bagi pelajar tetapi juga khalayak umum.

Bagi pelajar atau siswa, membaca menjadi cara yang baik untuk menumbuhkan minat baca dan juga menambah pengetahuan. Sementara itu bagi masyarakat umum, membaca juga jadi jendela informasi karena dengan membaca, wawasan akan lebih luas lagi. Tetapi sayangnya sudah mulai ditinggalkan.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, pemerintah telah melakukan berbagai upaya bakan memberikan dukungan bagi berbagai program yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan minat baca, salah satunya menyediakan taman baca. Apa itu taman baca?

Baca juga: Panduan Menumbuhkan Minat Baca Siswa dan Mahasiswa

Apa Itu Taman Baca Masyarakat

Taman baca merupakan suatu lembaga atau unit layanan yang sengaja didirikan di berbagai tempat, baik di tengah-tengah komunitas, di masyarakat, di sekolah, di tempat umum, dan lain sebagainya yang mana taman baca tersebut dikelola secara sederhana, swakarsa, swadaya, dan juga swasembada oleh masyarakat luas.

Akan tetapi, ada juga beberapa taman baca yang berada di institusi tertentu atau di tempat tertentu yang didukung penuh pemerintah mulai dari fasilitas hingga koleksinya. Tujuan dari didirikannya taman baca adalah memberikan akses pelayanan bahan bacaan kepada masyarakat sekitar.

Ini sangat membantu masyarakat yang tidak memiliki dana membeli buku yang cukup mahal, sehingga taman baca hadir sebagai salah satu sarana pembelajaran yang mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik.

Di taman baca, biasanya akan dilakukan upaya yang tujuannya mempromosikan kebiasaan membaca dengan cara menyediakan ruang yang mumpuni untuk membaca. Selain bisa membaca, di taman baca Anda juga bisa menulis, berkegiatan, diskusi, rapat kelas, dan lain sebagainya.

Daftar Pengadaan

Taman baca dilengkapi fasilitas pendukung yang kuat, biasanya koleksi bahan bacaan, buku, majalah, tabloid, surat kabar, komik, buku pelajaran, dan lain sebagainya yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

Tak hanya itu, taman baca ini bahkan kerap disebut sebagai salah satu pendidikan nonformal yang mana dilaksanakan agar dapat membantu masyarakat dalam rangka menumbuhkembangkan minat atau kegemaran membaca.

Oleh sebab itu, taman baca bisa menjadi sarana yang tepat dalam meningkatkan budaya membaca bagi masyarakat secara luas karena taman baca menyediakan koleksi buku yang bermanfaat bagi masyarakat umum dan bisa dibaca dengan mudah dan biayanya tentu tidak mahal.

Manfaat Taman Baca Bagi Masyarakat

Adanya taman baca tentu memiliki manfaat terutama bagi masyarakat luas. Berikut adalah beberapa manfaat dari taman baca bagi masyarakat.

1. Menumbuhkan Minat

Taman baca didirikan sebagai upaya menumbuhkan minat, kecintaan, dan juga kegemaran membaca. Kebiasaan membaca juga akan tumbuh ketika masyarakat kerap melihat fasilitas taman baca dan juga mengunjunginya. Dengan demikian, maka minat baca masyarakat Indonesia dan kebiasaan membaca akan semakin meningkat.

2. Menumbuhkan Kegiatan Belajar Mandiri

Adanya taman baca juga bermanfaat bagi siswa atau pelajar untuk menumbuhkan kegiatan belajar mandiri. Banyak siswa atau pelajar yang merasa malas atau enggan belajar secara mandiri sehingga menghabiskan waktu mereka di depan layar ponsel. Namun jika taman baca tersedia, bisa jadi daya tarik tersendiri agar mereka datang ke taman baca untuk membaca.

Jika hal tersebut sudah bisa dibiasakan, bisa jadi menumbuhkan kegiatan dan kebiasaan siswa agar dapat belajar secara mandiri dan juga melatih kemampuan belajar siswa tersebut.

Daftar Pengadaan

3. Memperkaya Pengalaman Belajar

Bagi masyarakat, adanya taman baca ini tentu jadi hal baru. Yang mana mereka bisa berkumpul dan juga membaca serta memanfaatkan berbagai koleksi dan fasilitas yang terdapat di taman baca. Dengan demikian, wawasan mereka akan bertambah dan menjadi pengalaman baru untuk belajar.

Hal ini karena selama ini keterbatasan fasilitas dan juga dana dari masyarakat bisa menjadi penghalang masyarakat belajar. Padahal, ada banyak hal yang bisa dipelajari di taman baca, bahkan mencari informasi dan menggali wawasan lebih luas.

4. Mengembangkan Kecakapan Membaca

Kecakapan membaca timbul ketika kebiasaan membaca terus dipupuk. Dengan hadirnya taman baca, maka akan banyak koleksi buku yang seolah tak habis dibaca oleh pembaca. Dengan demikian, pembaca yang aktif dan terbiasa membaca buku akan terus mencari buku baru setelah selesai membaca.

Jika hal tersebut terus dilakukan, maka kebiasaan membaca tersebut akan membuat seseorang mampu memiliki kecakapan membaca yang lebih baik, sehingga bermanfaat bagi kehidupannya.

5. Menambah Wawasan tentang Perkembangan Ilmu dan Teknologi

Dengan adanya taman baca, maka masyarakat akan dapat lebih banyak wawasan mengenai berbagai hal, baik itu ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, dan masih banyak lagi. Sehingga wawasan masyarakat tidak hanya seputar kehidupannya sehari-hari saja. Mereka bisa mendapatkan wawasan yang lebih luas yang disajikan di dalam koleksi buku yang tersedia.

6. Tanggung Jawab Terhadap Aturan

Sadar atau tidak, taman baca membuat masyarakat mulai menata kembali tanggung jawab mereka terhadap aturan yang berlaku. Ketika seseorang memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas, otomatis mereka akan memiliki tanggung jawab akan berbagai hal. Termasuk pada menaati aturan yang ditentukan sebagai bentuk tanggung jawab seseorang.

7. Membantu Kelancaran Penyelesaian Tugas

Terakhir, dengan taman baca dan kebiasaan membaca yang mulai tumbuh, maka seseorang dapat dengan mudah menyelesaikan tugas dengan lebih baik karena sudah terbiasa membaca dan memahami tulisan.

Baca juga: 10 Contoh Pojok Baca Kelas Inspiratif Kreatif

Contoh Kegiatan Taman Baca

Selain jadi tempat membaca buku, di taman baca juga bisa dilakukan berbagai kegiatan yang positif oleh masyarakat. Berikut adalah beberapa contoh kegiatan yang bisa diselenggarakan di taman baca.

  1. Tempat berlangsungnya sosialisasi bagi masyarakat, baik itu secara umum, khusus, maupun acara yang diselenggarakan masyarakat sekitar.
  2. Mempraktikkan isi buku yang ada di taman baca, misalnya praktik memasak, praktik melakukan cangkok tanaman, cara menyulam, dan lain sebagainya.
  3. Tempat melakukan diskusi buku baru.
  4. Tempat penyelenggaraan lomba, misalnya lomba cerpen, menulis puisi, musikalisasi puisi, pantun, dan lain sebagainya.
  5. Tempat diskusi kelompok.
  6. Membaca buku bersama.
  7. Pembinaan masyarakat di taman baca.

Cara Membuat Taman Baca

Agar dapat mendirikan atau membuat taman baca, berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat taman baca.

1. Menyiapkan Sumber Daya Manusia

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membangun atau membuat taman baca adalah dengan menyiapkan sumber daya manusia. Artinya, Anda sebagai pengelola atau pendiri taman baca perlu bantuan orang lain sebagai support system dalam penyelenggaraan taman baca.

Orang tersebut haruslah memiliki pemikiran, visi, dan misi yang sama dengan Anda agar berbagai rancangan kegiatan dan juga maksud serta tujuannya sama dengan Anda sehingga taman baca bisa berjalan dengan baik. Ajaklah mereka yang sefrekuensi dan ajak untuk bekerja keras membangun taman baca tersebut.

2. Menentukan Lokasi Taman Baca

Yang kedua, Anda juga harus mengetahui di mana tempat atau lokasi yang tepat untuk didirikan taman baca. Tentu saja pilih tempat atau lokasi yang strategis. Misalnya jika Anda ingin membangun taman baca di kampung, maka Anda harus mencari lokasi yang kerap dilalui atau muda dijangkau masyarakat sekitar.

Pilih tempat yang mencolok dan bangun taman baca semenarik mungkin untuk menarik perhatian para masyarakat agar mau berkunjung dan juga menggunakan berbagai fasilitas yang ada di sana.

3. Menyediakan Koleksi Buku Sebagai Fasilitas Utama

Setelah itu, sediakan koleksi buku dan tata dengan sistematis di taman baca tersebut. Untuk memulai, Anda bisa memasukkan berbagai koleksi buku Anda atau membeli buku murah yang ada di pameran buku. Anda juga bisa meminta sumbangan dari berbagai pihak untuk mengisi rak buku yang ada di dalam taman buku tersebut.

Koleksi buku yang semakin bervariasi tentu akan semakin banyak menarik pengunjung untuk datang dan menikmati koleksi buku yang ada.

4. Membangun Keanggotaan

Anda juga perlu membangun keanggotaan bagi pengurus taman baca. Mulai dari penanggung jawab, sekretaris, koordinator acara, dan lain sebagainya yang nantinya bersama-sama mengurus taman baca tersebut. Tujuannya agar taman baca tersebut tetap terurus.

5. Menyelenggarakan Acara

Terakhir, agar taman baca berfungsi dan berjalan dengan baik, susun berbagai acara yang melibatkan masyarakat agar dapat menarik perhatian masyarakat untuk datang dan melihat serta menggunakan fasilitas taman baca tersebut.

Semoga semua wilayah memiliki taman baca ini. Sebab, tanpa ada dorongan dari pemangku kepentingan maka tidak akan mudah juga masyarakat paham akan dunia membaca.

Selain taman baca, pemerintah juga bisa membuat TitikBaca yang ada ditempat-tempat umum. Tujuannya, supaya semua bisa akses bacaaan berkualitas dengan mudah. Yuk, buatkan TitikBaca di wilayahmu dengan layanan Deepublish di: Layanan TitikBaca Deepublish.

Foto Profil
Yusuf Abdhul Azis

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Yusuf Abdhul Azis
Yusuf Abdhul Azis
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.