Cara Membuat Poster Membaca Buku dan Manfaatnya

poster membaca di perpustakaan

Poster membaca buku memang perlu dibuat. Supaya banyak masyarakat sadar akan pentingnya kesadaran literasi. Sayangnya, banyak diantara kita pun yang masih kurang tahu tentang apa itu poster. Nah, berikut adalah beberapa pembahasan pengertian singkat poster, manfaat, cara membuat poster dan disertai dengan contoh kreatif. Baca artikel sampai selesai ya. 

Apa Itu Poster Tentang Buku?

poster dapat kita pahami sebagai media publikasi yang dikemas dengan cara mengkolaborasikan tulisan dan gambar. Kolaborasi dua poin tersebut bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat umum.

Sementara jika dilihat dari sifatnya, poster buku seperti iklan pada umumnya. Hanya saja iklan lebih bersifat umum. Sementara poster menyajikan tampilan visual yang berbeda. Jika iklan bersifat fleksibel dalam pemasangannya, misal bisa ditemukan di televisi, di media sosial ataupun di portal digital lain. Sementara poster caranya masih cukup konvensional.  poster lebih sering kita temukan di tepi jalan, atau media-media lain. 

Sementara poster tentang buku banyak ditemukan di tepi jalan,internet, gedung atau di billboard yang sudah tersedia. Pasalnya, poster tentang buku lebih menarik karena mampu menjangkau lebih luas masyarakat umum.

Manfaat Membuat Poster Tentang Membaca Buku Bagi Perpustakaan 

Tahukah kamu, jika poster tentang buku tidak sekedar menarik perhatian para khalayak umum. Tetapi juga memiliki beberapa manfaat, diantaranya sebagai berikut. 

1. Menyebarluaskan Informasi

Salah satu manfaat poster tentang membaca buku bagi perpustakaan adalah sebagai sarana untuk menyebarluaskan informasi.  Cocok untuk memberitahu pengumuman tentang event yang diselenggarakan pihak perpustakaan ke khalayak umum, agar banyak masyarakat yang berkunjung.  

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

2. Memberi Motivasi Dan Inspirasi 

Manfaat lain dari poster adalah, memberikan motivasi dan inspirasi. Biasanya poster ini disisipi dengan pesan atau informasi yang membangun semangat. Sehingga para pembaca termotivasi dan terinspirasi dengan pesan yang disampaikan dalam poster tersebut. 

3. Sebagai Bentuk Kritik Dan Saran 

Ada juga yang memanfaatkan poster tentang membaca digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan kritik dan saran. Seringkali poster yang berbentuk kritik dan saran ini dikemas dengan pemilihan diksi yang halus, semacam sindiran halus. Meskipun ada juga yang to the point. Hanya kasus seperti ini jarang yang ditujukan untuk pihak perpustakaan, umumnya ditunjukan pada kritik pemerintah. 

4. Hiburan 

Ada juga yang menjadikan poster membaca buku tidak sekedar menyampaikan pesan positif bagi masyarakat. Tetapi juga sering kita temukan memuat unsur hiburan.  Cara ini sering digunakan hanya sebatas agar pesan yang disampaikan lebih mudah diterima saja.

Dari keempat manfaat membuat poster buku di atas, apakah kamu juga pernah merasakan manfaat lain? Boleh banget ditulis di kolom komentar ya. 

Daftar Pengadaan

Cara Membuat Poster

Setelah mengetahui dasar pengertian apa itu poster membaca buku dan mengintip manfaatnya. Berikut adalah cara membuat poster yang sebenarnya bisa kamu coba sendiri loh. 

1. Menentukan topik dan Tujuan

tahap membuat poster tentang buku yang paling utama dan paling penting adalah harus memiliki topik dan tujuan terlebih dahulu. Topik bisa diambil dari topik-topik yang kamu sukai. Adapun dasar yang tidak boleh ditinggalkan setelah menentukan topik, yaitu menentukan tujuan poster. 

Tujuan ini penting, dan pastikan tujuan yang diharapkan sesuai dengan isinya. Misalnya, kamu ingin membuat poster agar kawula muda membaca buku yang sudah kamu tulis. Maka, buat poster semenarik mungkin, dan jangan lupa tetap harus mencantumkan pesan yang bersifat edukatif tetapi juga menghibur. 

2. Memilih Kata dan menyusun kalimat 

di bagian ini kreatifitas kamu akan diuji. Pastikan kamu memiliki kepekaan untuk memilih diksi yang pas. Bahkan saat menyusun kata-kata juga perlu rasa dan seni,agar lebih unik dan berwarna saja poster saat jadi nanti. 

Berbicara masalah pemilihan kata dan penyusunan kalimat pada poster, memang jauh berbeda ketika kamu menulis cerpen,puisi atau pantung. Saat membuat poster, kata-kata harus singkat,padat,jelas, menghibur dan mudah dipahami oleh orang lain. Biasanya di bagian inilah yang paling menantang. 

Ingat, buat poster tentang buku menggunakan kata yang lugas, tidak bertele-tele. sehingga tujuan poster sebagai sarana mempersuasi orang bisa tepat sasaran.

3. Menentukan Gambar 

selain menentukan beberapa hal di atas, maka kamu perlu memilih gambar. pastikan poster dan isi yang hendak disampaikan selaras. Nah kamu juga bisa melakukan editing dan sentuhan kreativitas agar poster lebih menghibur dan pesan yang hendak disampaikan bisa sampai. 

Daftar Pengadaan

4. Layout Gambar dan Kata secara tepat 

Cara membuat poster tentang buku yang tidak kalah penting adalah seni dalam melayout. Kemampuan dan seni kita dalam melayout dalam menata huruf, dan gambar yang paling penting. saat melayout pastikan untuk memilih tata letak yang pas. Perhatikan penampilan poster, perhatikan kombinasi visual, perhatikan peletakan bahasa yang pas. 

5. Cetak dan Tempel di Perpustakaan 

Jika semua cara di atas dianggap sudah lengkap, dan sekiranya tidak ada tambahan lagi. maka barulah dicetak dan ditempel. Poster yang sudah dicetak bisa ditempelkan di majalah dinding, dan siap untuk disebarluaskan. 

cara menyebarluaskan dapat dilakukan secara konvensional maupun dengan cara online. semua tergantung keinginan dan selera masing-masing. pastikan pula untuk menyebarluaskan poster di tempat-tempat yang sesuai. agar pesan yang disampaikan lebih efektif.

Bagaimana? Mudah bukan cara membuat poster. Kamu pun bisa mencoba membuatnya sendiri. Buat kamu yang memiliki keterampilan menggambar dan desain, tentu akan lebih mendukung hasil karya yang lebih kreatif. Sementara buat kamu yang tidak memiliki keterampilan tersebut, kamu bisa kok memanfaatkan jepretan foto yang kemudian diedit ditambah kata-kata yang menarik.

Contoh

setelah mengetahui cara membuat dan manfaat membuat poster tentang buku, rasanya memang kurang afdol jika tidak disertai dengan contohnya. Berikut adalah contoh poster yang bisa dijadikan sebagai inspirasi.

Poster Ayo Membaca Buku
Poster Ayo Membaca Buku

Itulah beberapa contoh poster membaca buku. Jika dilihat dari contoh di atas, poster terlihat lebih hidup dan lebih colorfull. Jadi kamu bisa membuat poster lebih ekspresif dan lebih kreatif. Cocok buat kamu yang memiliki kemampuan desain ataupun menggambar. Semoga sedikit ulasan seputar poster membaca buku ini bermanfaat. (Irukawa Elisa)

Biar lebih menarik lagi, gunakan kata-kata yang tepat seperti contoh berikut: 10 Ide Kata Kata Perpustakaan Menarik, Makin Ramai Dikunjungi

Foto Profil
Yusuf Abdhul Azis

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Yusuf Abdhul Azis
Yusuf Abdhul Azis
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.