12 Peran Pustakawan yang Perlu Kamu Tahu

peran pustakawan

Peran pustakawan sering dianggap remeh, padahal tanpa pustakawan, perpustakaan tidak akan menjadi tempat yang nyaman untuk menggali ilmu. Profesionalisme mereka menentukan perpustakaan akan ramai dikunjungi atau sepi pengunjung. Itu sebabnya, butuh seleksi ketat dalam memilih calon pustakawan.

Padahal kita tahu, bahwasanya perpustakaan tanpa pengunjung (pustakawan) hanya sekedar tempat penyimpanan koleksi yang tidak tersentuh oleh orang. sehingga hanya sebagai gudang. Tentu hal semacam ini tidak diinginkan. 

Itu sebabnya, seorang pustakawan dituntut memiliki karakter, profesionalitas dan tanggungjawab yang tinggi dalam bekerja. Bagaimanapun juga peran pustakawan sebagai ruh penentu. Lantas, apa saja sih peran seorang pustakawan? Sebagai berikut. 

Peran Penting Seorang Pustakawan

Tidak dapat dipungkiri ketika kita berbicara tentang perpustakaan, yang terlintas di kepala umumnya tentang koleksi buku dan pelayanan perpustakaan yang ditawarkan. Buat kamu yang tertarik ingin menjadi seorang pustakawan, berikut beberapa tugas pustakawan yang perlu kamu ketahui:

1. Pelayanan Administrasi 

Peran utama seorang pustakawan adalah mengurus masalah pelayanan administrasi. Di divisi administrasi itu pun memiliki banyak sekali hal yang akan dikerjakan, seperti berikut ini. 

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?
  • Struktur administrasi 
  • Pendaftaran anggota perpustakaan 
  • Membuat/mengurus peraturan tata tertib penyelenggaraan perpustakaan 
  • Agenda surat menyurat 
  • Mendata pengguna layanan untuk mengatur pemanfaatan koleksi 
  • Pengelolaan data dalam sistem

2. Pelayanan Pengadaan Koleksi Perpustakaan 

Adapun peran pustakawan dalam melayani pengunjung perpustakaan, yaitu mengadakan koleksi perpustakaan.

Jadi, tugas pengadaan koleksi perpustakaan diharapkan mampu melaksanakan tugas pengadaan sarana dan prasarana penyelenggaraan di perpustakaan agar tercipta perpustakaan yang berkelanjutan. Ada banyak cara untuk menunjang lancarnya pelayanan perpustakaan. Salah satunya didukung oleh inovasi teknologi.

Pengadaan Buku Terbaik untuk Perpustakaan Anda Sekarang Juga di Pengadaan Bahan Pustaka Deepublish

3. Pelayanan Pendayagunaan Koleksi Perpustakaan 

Jadi pustakawan memiliki peranan untuk memberdayakan koleksi perpustakaan agar siap untuk dinikmati oleh pengunjung perpustakaan. Agar memudahkan pengunjung bisa menikmati koleksi perpustakaan, maka pustakawan dituntut untuk mampu memberikan kode atau ciri bahwa koleksi tersebut adalah hak milik perpustakaan. 

Daftar Pengadaan

Adapun peran lain, seperti menyiapkan rak untuk menyimpan koleksi agar terlihat lebih rapi lagi. Sekaligus memudahkan pengunjung untuk menemukan dimana buku itu disimpan. Jika koleksi buku terlalu banyak, maka dapat dilakukan penulisan kode, agar mudah untuk dicari ataupun di tuju.

4. Edukator 

Peran pustakawan pun sebagai edukator atau pendidik yang memiliki tanggungjawab untuk mengajar ataupun melatih. Mendidik yang dimaksud disini adalah mengembangkan kepribadian dan mengembangkan kemampuan berpikir lewat pengembangan keterampilan. Misal, mengadakan workshop, talkshow dan masih banyak lagi kegiatan yang bisa dilakukan di area perpustakaan.

Artikel Terkait:

5. Manajer 

Banyak yang tidak tahu jika pekerjaan pustakawan tidak menjanjikan? Siapa bilang. Ternyata pekerjaan menjadi seorang pustakawan memiliki jenjang karir juga. Di sana ada beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan. Salah satunya berperan sebagai manajer informasi. Dibutuhkan seorang yang memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, yang mampu bekerja sebagai koordinator. 

6. Administrator 

Peran pustakawan juga bisa menjadi seorang administrator. Perannya adalah menyusun, melaksanakan dan mengevaluasi program perpustakaan. Tidak berhenti sampai disitu saja dituntut juga mengetahui ilmu pengetahun tentang prosedur kerja, organisasi dan sistem. 

7. Supervisor 

Dibutuhkan pribadi profesional, sehingga mampu mengembangkan, meningkatkan semangat kerja pustakawan. Sehingga ketika menghadapi permasalahan, cepat dan menemukan solusi yang terbaik.

8. Sebagai Penyedia informasi

Peran pustakawan sebagai media penghubung antara pengunjung (pemustaka) terhadap koleksi atau sumber informasi/pengetahuan. Terutama buat pemustaka yang masih awam ke perpustakaan, terutama jika perpustakaan besar. 

Daftar Pengadaan

Biasanya mereka akan kesulitan dimana lokasi koleksi disimpan, dan bagaimana cara menemukannya. Nah, pustakawan memiliki peran untuk menunjukan, mengarahkan dan mengedukasi. 

9. Merumuskan Kebijakan Perpustakaan 

Adapun peran lain, yang tidak kalah penting. Yaitu membuat rumusan kebijakan perpustakaan yang lebih terencana, tertata dan relevan. Sehingga perpustakaan tidak sekedar menyimpan koleksi sumber informasi saja, tetapi juga mampu menarik pemustaka agar tetap dan mau datang ke perpustakaan.

10. Menentukan Objek Kerja Perpustakaan 

Jika kita melihat lebih dalam tentang peran pustakawan, ada banyak jobdesk yang harus mereka kerjakan. Salah satunya adalah menentukan objek kerja pustakaan yang masih ada korelasinya dengan minat pemustaka, hubungan masyarakat maupun yang berkaitan dengan pemerintah maupun anggota masyarakat. Dari sini saja dapat dilihat, bahwasanya peran pustakawan sangatlah banyak. 

11. Perencanaan Tempat 

Tidak hanya bertugas menjadi penjaga koleksi saja. Pustakawan pun juga berperan untuk membuat perencanaan tempat. Jadi yang dimaksud tempat dalam hal ini bisa tempat rak buku, tempat koleksi langka atau apapun itu, yang sifatnya terkait dengan tata kelola tempat sesuai dengan strategi. 

12. Mengkoordinasi kegiatan perpustakaan 

Agar perpustakaan tidak monoton, tidak dapat dipungkiri jika dibutuhkan terobosan baru. Seperti ada nya kegiatan perpustakaan seperti talkshow, workshop, seminar, ataupun pemutaran film untuk anak-anak di perpustakaan. jadi, pustakawan dituntut bisa mengkoordinasi sedemikian rupa, agar perpustakaan di mata masyarakat tidaklah monoton dan membosankan.

Adapun adapun peran pustakawan yang tidak dapat disebutkan satu persatu. Diantaranya adalah membuat perencanaan, pemilihan buku,klasifikasi, tugas referensi, bimbingan pemakai, temu kembali informasi dan masih banyak lagi.

Contoh Peran Pustakawan Dalam Keseharian

Setelah mengetahui peran pustakawan, ternyata cukup banyak peranannya. Lalu, seperti apa sih contoh peran pustakawan dalam keseharian? Saya yakin, jika kamu sering ke perpustakaan, sebenarnya kamu bisa melihat secara langsung. Diantaranya. 

  1. Pustakawan mencatat setiap buku yang dipinjam oleh pemustaka, termasuk juga akan mencatat buku-buku yang dikembalikan oleh pemustaka. 
  2. Pustakawan mengadakan event, bisa dalam bentuk event bulanan maupun tahunan. Misalnya, mengadakan talkshow bersama penulis tentang bagaimana menjadi penulis buku. 
  3. Pustakawan melakukan pencatatan koleksi menggunakan kode. Kode ini ditujukan untuk memudahkan dalam mengklasifikasikan koleksi buku disimpan. Misalnya, buku ajar tentang psikologi ada di ruang A di rak nomor 1.0 dst. 
  4. Ketika ada pemustaka mengalami kesulitan menemukan buku yang dicari ada dimana. Maka pemustaka bisa Tanya ke pustakawan, dan pustakawan pun siap untuk mengantarkan atau mencarikan buku yang dimaksud. 

Kesimpulan

Itulah artikel dari pengadaan.penerbitdeepublish.com tentang contoh-contoh peran pustakawan yang paling sering umum dan bisa dilihat oleh pemustaka atau pengunjung perpustakaan. Adapun contoh peran pustakawan yang tidak dapat dilihat. Karena pekerjaan mereka ada di balik layar.

Muhammad Luqman

Lulusan Sarjana Teknik Sipil serta memiliki ketertarikan di bidang pendidikan dan wisata, saya juga memiliki ketertarikan di dunia penulisan SEO, copywriting, content writing, dan content marketing.

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Picture of Muhammad Luqman
Muhammad Luqman
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.