Contoh, Manfaat dan Fungsi Kartu Perpustakaan

Fungsi Kartu Perpustakaan

Kartu perpustakaan menjadi hal sangat penting. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai manfaat dan fungsi kartu perpustakaan yang sebaiknya dipahami.

Kamu pun bisa mendapatkan kartu perpustakaan secara gratis. Khususnya untuk perpustakaan milik pemerintah. Sementara perpustakaan yang bersifat swasta, kartu perpustakaan ada yang dikenakan tarif. Jadi semua tergantung kebijakan masing-masing. 

Terlepas dari semua itu, sebenarnya kartu perpustakaan memiliki manfaat dan fungsi apa saja sih? Nah, untuk mengetahui jawabannya, kamu bisa temukan di artikel ini. Baca sampai selesai. 

Apa Itu Kartu Perpustakaan?

Kartu perpustakaan merupakan kartu keanggotan menyatakan bahwa kamu menjadi bagian anggota dari pustakawan. Kartu perpustakaan tidak hanya sebagai kartu identitas keanggotaan saja, tetapi juga memiliki banyak fungsi penting lain, terkait dengan literasi. 

Manfaat paling penting dari kartu perpustakaan membantu dalam peminjaman dan pengembalian koleksi buku. Kartu perpustakaan adalah tanda ID yang absah dan juga sebagai bukti, sehingga identitas diri ini valid dan sesuai dengan data yang tercatat di KTP.

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

Manfaat Dan Fungsi Kartu Perpustakaan 

Setelah mengetahui manfaat kartu perpustakaan secara umum, adapun manfaat dan fungsi kartu perpustakaan. Berikut ini 4 manfaat kartu perpustakaan, yaitu memudahkan petugas, mengakses fasilitas perpustakaan, mempercepat proses peminjaman buku, dan pengembalian buku.

1. Memudahkan Petugas 

Salah satu manfaat dan fungsi kartu perpustakaan adalah memudahkan petugas perpustakaan untuk melakukan pencatatan ataupun pengarsipan. Meskipun untuk beberapa kasus, ada beberapa perpustakaan yang hafal siapa saja anggota perpustakaan,karena jumlah orangnya yang sedikit. 

Namun, jika pengunjung perpustakaan dalam jumlah yang besar maka akan sulit rasanya mengenali satu persatu. Maka, untuk meminimalisir terjadinya hal seperti ini, dibutuhkan kartu perpustakaan sebagai bukti keanggotaan. 

Baca Juga: Tugas Staf Perpustakaan, Ternyata Beda-Beda!

Daftar Pengadaan

2. Bisa Mengakses Fasilitas Perpustakaan 

Manfaat dan fungsi kartu perpustakaan memungkinkan kamu untuk bisa menikmati fasilitas yang dimiliki perpustakaan. Misalnya, bisa mengakses ke ruang koleksi surat kabar, ke ruang koleksi buku terbatas dan masih banyak lagi.

Nah, umumnya setiap perpustakaan memiliki ragam fasilitas yang beragam dan berbeda-beda. Tergantung dari masing-masing perpustakaan. 

Sebagai salah satu contoh perpustakaan Grhatama di Yogyakarta. Ada fasilitas khusus bagi anggota pemustaka istimewa. Dimana anggota pemustaka istimewa ini memiliki pelayanan untuk mendapatkan pelayanan pinjam buku secara virtual. Buku yang dipinjam, akan diantarkan sampai ke rumahnya. 

Nah, bagaimana dengan perpustakaan yang ada di daerah kamu tinggal? Apakah ada program dan fasilitas perpustakaan yang menarik dan spesial yang ditawarkan? Kamu boleh tuliskan di kolom komentar. 

3. Mempercepat Proses Peminjaman Buku 

Manfaat dan fungsi karya perpustakaan adalah mempercepat proses peminjaman buku. Jika perpustakaan menggunakan teknologi canggih, cukup scan barcode, peminjaman buku pun bisa langsung selesai di proses. Tidak seperti 30 tahun yang lalu, yang segala halnya masih dilakukan secara manual. 

4. Memudahkan Dalam Pengembalian Buku 

Tidak hanya mempercepat proses peminjaman buku saja, tetapi kartu perpustakaan juga berfungsi untuk memudahkan dalam pencatatan terkait buku yang sudah dikembalikan. Untuk perpustakaan besar dan terintegrasi dengan teknologi, akan lebih cepat.

Namun, ada pula beberapa perpustakaan yang di pedesaan dan pelosok yang masih menggunakan cara manual. Namun isinya sama, memudahkan dalam proses pengarsipan.

Daftar Pengadaan

Itulah beberapa manfaat kartu perpustakaan, yang mungkin selama ini tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Baca juga: Cara Menyusun Buku Perpustakaan Mudah

Format Kartu Perpustakaan 

Format kartu perpustakaan secara garis besar dan umum di semua perpustakaan hampir sama. Umumnya yang membedakan bahan kartu. Ada yang terbuat dari kertas manual dan biasa-biasa saja. Ada juga yang sudah terdigitalisasi.

Perbedaan bahan kartu perpustakaan ini tergantung dari kemapanan dari perpustakaan itu sendiri. Tentu perpustakaan desa berbeda dengan perpustakaan kota, ataupun perpustakaan nasional. 

Meskipun dari bahan cetak kartu berbeda. Secara inti sama, yang di dalamnya meliputi data sebagai berikut. 

  1. Nama anggota
  2. Nomor anggota
  3. Alamat
  4. Masa berlaku
  5. Foto

Kemudian di bagian belakang kartu ditulis peraturan anggota perpustakaan. Adapun bentuk format kartu perpustakaan yang sudah terdigitalisasi, umumnya sudah tidak lagi menggunakan data-data di atas.

Tetapi, cukup menggunakan barcode saja. Cara ini lebih praktis dan menjaga privasi anggota. Hanya saja, tidak semua perpustakaan bisa membuat kartu perpustakaan yang terdigitalisasi karena keterbatasan alat.

Contoh Kartu Perpustakaan

Setelah mengikuti uraian di atas, maka kurang afdol jika belum melihat langsung contoh kartu perpustakaan. Berikut contoh kartu perpustakaan versi manual dan versi kartu perpustakaan yang sudah lebih modern. 

1. Contoh Kartu Perpustakaan Manual

Berikut adalah contoh kartu perpustakaan manual dan paling basic. Umumnya kartu model seperti ini lebih sering ditemukan untuk perpustakaan sekolah, perpustakaan desa ataupun perpustakaan swasta yang masih dikelola ala kadarnya.

Sementara ada juga kartu perpustakaan yang dibuat dalam desain lain, seperti berikut ini.

2. Contoh Kartu Perpustakaan Lebih Modern 

Adapun contoh kartu perpustakaan yang lebih modern, yang sudah disertai dengan kode barcode. Jenis kartu perpustakaan ini pun memiliki banyak desain yang beragam. Diantaranya sebagai berikut.

Adapun contoh kartu anggota perpustakaan yang lebih modern. Salah satunya adalah kartu perpustakaan keluaran dari Perpustakaan nasional Republik Indonesia, berikut ini.

Dari pengertian umum dan format kartu perpustakaan di atas, setidaknya kamu sudah tidak menemukan apa manfaat dan fungsi kartu perpustakaan. Jika ternyata kartu perpustakaan tidak sekedar kartu biasa. 

Tetapi sebagai kartu yang memudahkan kamu mendapatkan akses dan fasilitas dari pihak perpustakaan. Semoga sedikit ulasan di atas dan contoh kartu perpustakaan memberikan gambaran dan manfaat. Irukawa Elisa)

Baca juga artikel terkait berikut.

Pertanyaan umum tentang kartu perpustakaan

Apa manfaat dari kartu anggota perpustakaan bagi seorang siswa

Manfaat utama adalah digunakan untuk meminjam buku yang ada di perpustakaan. Selain itu, pustakawan memudahakan petugas perpustakaan dalam mencatatat data peminjam.

Apa manfaat yang kamu peroleh dengan memiliki kartu anggota perpustakaan?

Kartu perpustakaan digunakan untuk meminjam buku yang ada diperpustakaan dan juga bisa digunakan untuk mengakses layanan yang ada di perpustakaan tersebut.

Apa itu kartu perpustakaan?

Kartu perpustakaan merupakan kartu yang diterbitkan oleh perpustakaan baik itu nasional, kampus dan sekolah untuk para anggotanya (siswa, mahasiswa dan masyarakat umum) yang dapat digunakan untuk mengakses layanan yang ada di perpustakaan yang menerbitkan kartu.

Foto Profil
Yusuf Abdhul Azis

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Yusuf Abdhul Azis
Yusuf Abdhul Azis
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.