Jenis Sumber Informasi Elektronik di Perpustakaan

jenis sumber informasi elektrnik

Jika kamu sering mengunjungi perpustakaan, mungkin kamu sudah familiar dengan berbagai jenis sumber informasi elektronik di perpustakaan. Di era digital seperti sekarang, perpustakaan tidak hanya menyediakan buku fisik tetapi juga beragam sumber daya elektronik yang bisa diakses secara mudah.

Artikel ini akan membahas berbagai jenis sumber informasi elektronik yang bisa kamu temukan di perpustakaan serta bagaimana cara memanfaatkannya. Jadi, yuk simak ulasannya sampai akhir!

Apa itu Sumber Daya Elektronik?

Sumber daya elektronik adalah segala bentuk informasi yang tersedia dalam format digital dan dapat diakses melalui perangkat elektronik seperti komputer, tablet, atau smartphone. Di perpustakaan, sumber daya elektronik ini meliputi berbagai jenis informasi yang dapat digunakan untuk keperluan penelitian, pembelajaran, atau hanya sekedar mencari informasi.

Jenis-jenis Sumber Informasi Elektronik di Perpustakaan

Berikut adalah beberapa jenis sumber informasi elektronik di perpustakaan yang umum kamu temui:

1. E-Book (Buku Elektronik)

E-book adalah buku yang tersedia dalam format digital. Kamu bisa membacanya melalui berbagai perangkat elektronik seperti e-reader, tablet, atau komputer. Banyak perpustakaan menyediakan akses ke koleksi e-book yang luas, yang bisa diakses oleh anggota perpustakaan secara gratis.

2. E-Journal (Jurnal Elektronik)

E-journal atau jurnal elektronik adalah publikasi berkala yang tersedia dalam format digital. Jurnal ini mencakup berbagai bidang studi dan penelitian, sehingga sangat berguna bagi mahasiswa, peneliti, dan akademisi. Kamu bisa mengakses jurnal-jurnal ini melalui database yang disediakan oleh perpustakaan.

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

3. Database Online

Database online adalah kumpulan data yang diorganisir secara sistematis dan bisa diakses melalui internet. Di perpustakaan, kamu bisa menemukan database yang berisi artikel jurnal, laporan penelitian, disertasi, dan berbagai jenis dokumen lainnya.

Contoh database populer di perpustakaan adalah ProQuest, JSTOR, dan ScienceDirect.

4. Audiobook

Audiobook adalah buku yang dibacakan dan direkam dalam format audio. Ini sangat membantu bagi kamu yang lebih suka mendengarkan daripada membaca. Banyak perpustakaan menyediakan koleksi audiobook yang bisa diunduh atau didengarkan secara streaming.

5. Repositori Institusional 

Banyak perpustakaan perguruan tinggi memiliki repositori institusional yang berisi karya ilmiah yang dihasilkan oleh civitas akademika, seperti tesis, disertasi, dan makalah penelitian. Ini adalah sumber informasi elektronik yang sangat berguna untuk penelitian akademik.

Daftar Pengadaan

Baca Juga:

Manfaat Sumber Informasi Elektronik di Perpustakaan

Menggunakan sumber informasi elektronik di perpustakaan memberikan banyak manfaat, antara lain:

1. Akses Mudah dan Cepat

Kamu bisa mengakses informasi kapan saja dan di mana saja selama terhubung dengan internet. Ini sangat membantu bagi mereka yang tidak bisa sering datang ke perpustakaan.

2. Koleksi yang Luas

Perpustakaan elektronik sering kali memiliki koleksi yang lebih luas dibandingkan dengan koleksi fisik. Hal ini akan membantu kamu untuk menemukan lebih banyak informasi yang kamu butuhkan.

3. Hemat Tempat dan Biaya

Dengan sumber daya elektronik, perpustakaan tidak perlu mengalokasikan banyak ruang untuk menyimpan buku fisik. Selain itu, biaya pengelolaan dan perawatan juga bisa lebih rendah.

4. Update Informasi Terbaru

Sumber daya elektronik sering kali diperbarui secara berkala, sehingga kamu bisa mendapatkan informasi yang paling baru dan relevan.

Jenis sumber informasi elektronik di perpustakaan sangat beragam dan memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Dari e-book hingga repositori institusional semua ini membantu kamu dalam mengakses informasi secara cepat dan efisien. 

Daftar Pengadaan

Kesimpulan

Nah berikut diatas artikel dari pengadaan.penerbitdeepublish.com. Dengan terus berkembangnya teknologi, perpustakaan juga terus berinovasi untuk menyediakan sumber daya yang relevan dan terbaru. 

Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkan berbagai sumber informasi elektronik yang tersedia di perpustakaan untuk kebutuhan belajarmu, ya.

(Penulis: Annisa Tri M)

Muhammad Luqman

Lulusan Sarjana Teknik Sipil serta memiliki ketertarikan di bidang pendidikan dan wisata, saya juga memiliki ketertarikan di dunia penulisan SEO, copywriting, content writing, dan content marketing.

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Picture of Muhammad Luqman
Muhammad Luqman
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.