Perpustakaan Keliling: Manfaat dan Kelebihan

perpustakaan keliling

Perpustakaan biasanya berbentuk gedung, misalnya gedung perpustakaan nasional, perpustakaan daerah, maupun perpustakaan yang dimiliki oleh instansi tertentu, seperti sekolah dan universitas sehingga seseorang harus pergi ke perpustakaan jika ingin mengakses berbagai koleksi yang ada di perpustakaan tersebut. Namun saat ini sudah ada layanan perpustakaan keliling di beberapa daerah.

Dengan adanya perpustakaan keliling ini, dapat memudahkan setiap orang yang ingin mengakses koleksi di perpustakaan. Perpustakaan menjadi tempat di mana kita bisa menemukan berbagai koleksi bahan pustaka dalam bentuk tertulis, tercetak, maupun terekam. Ini artinya, koleksi yang ada di perpustakaan tidak hanya berupa buku saja.

Pada intinya, apa perbedaan perpustakaan biasa dengan perpustakaan keliling, serta apa saja kelebihan dan kekurangannya? Simak penjelasan lengkap mengenai perpustakaan keliling berikut ini.

Pengertian Perpustakaan Keliling

Secara singkat, pengertian perpustakaan keliling adalah perpustakaan yang datang mengunjungi pembacanya. Kendaraan atau alat transportasi yang digunakan oleh perpustakaan ini beragam, mulai dari motor, mobil, hingga perahu.

Penggunaan alat transportasi untuk perpustakaan keliling akan menyesuaikan dengan medan di mana perpustakaan keliling akan berkunjung.

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

Perpustakaan keliling merupakan bagian dari pelayanan yang dimiliki oleh perpustakaan daerah. Namun ada juga perpustakaan keliling yang dikelola atau dijalankan oleh perseorangan dan tidak terikat instansi pemerintah.

Perpustakaan keliling biasanya akan mengunjungi pembaca atau masyarakat yang berada di daerah yang jauh dari perpustakaan. Maka, Sutarno menjelaskan bahwa perpustakaan keliling adalah perpustakaan yang melayani penduduk, dengan cara hadir langsung, datang ke tempat tinggal, atau tempat masyarakat beraktivitas.

Tujuan Perpustakaan Keliling

Adanya perpustakaan keliling dapat memudahkan masyarakat yang tidak memiliki akses ke perpustakaan. Selain itu, ada berbagai tujuan lain dari perpustakaan keliling, yaitu:

1. Pemerataan Layanan Bacaan

Tujuan pertama dari adanya perpustakaan keliling adalah untuk pemerataan layanan bacaan dan informasi. Sasaran dari pemerataan layanan bacaan perpustakaan keliling ini terutama adalah masyarakat yang berada di daerah terpencil dan belum atau tidak didirikan bangunan perpustakaan.

Daftar Pengadaan

2. Mengembangkan Pendidikan Informal

Perpustakaan keliling juga bertujuan untuk mengembangkan pendidikan informal di luar sekolah. Adanya perpustakaan keliling ini membantu masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan tambahan secara informal dengan adanya akses buku dan informasi lain dari perpustakaan keliling.

3. Memperkenalkan Buku-Buku dan Bahan Pustaka

Meski tidak memiliki akses ke bangunan perpustakaan, dengan adanya perpustakaan keliling maka dapat menjadi sarana memperkenalkan berbagai buku dan bahan pustaka lainnya yang disediakan oleh perpustakaan keliling. Dengan cara ini, maka masyarakat yang ada di daerah terpencil tetap bisa mengetahui perkembangan buku, bahan pustaka, informasi, dan pengetahuan lainnya.

4. Memperkenalkan Jasa Perpustakaan

Layanan perpustakaan keliling juga bertujuan untuk memperkenalkan jasa perpustakaan kepada masyarakat di daerah terpencil. Jika masyarakat sudah mengetahui mengenai perpustakaan, maka akan tumbuh budaya untuk memanfaatkan jasa kepustakaan tadi.

5. Meningkatkan Minat Baca

Kita tentu sudah tidak asing dengan istilah ‘buku adalah jendela dunia.’ Dengan membaca buku, maka hal ini dapat menambah pengetahuan kita mengenai berbagai hal. Maka dari itu, perpustakaan keliling hadir untuk dapat meningkatkan minat baca masyarakat, yang akan berdampak pada meningkatnya juga pengetahuan masyarakat setempat.

Baca juga: Apa itu Perpustakaan Umum?

Manfaat Perpustakaan Keliling

Perpustakaan keliling yang dapat menjangkau berbagai daerah juga memiliki berbagai manfaat yang dapat dirasakan oleh penduduk di daerah atau area tersebut.

1. Memberikan Fasilitas untuk Masyarakat yang Hobi Membaca

Berbagai keterbatasan bisa membuat masyarakat yang memiliki hobi membaca jadi tidak bisa membaca buku. Maka perpustakaan keliling dapat memberikan manfaat untuk memfasilitasi hobi membaca para masyarakat.

Daftar Pengadaan

2. Meningkatkan Minat Baca

Sedangkan untuk masyarakat yang tidak atau belum memiliki hobi membaca, manfaat perpustakaan keliling adalah untuk meningkatkan minat baca. Dengan adanya perpustakaan keliling, diharapkan masyarakat jadi semangat membaca buku.

3. Sebagai Sumber Hiburan

Perpustakaan keliling tidak hanya menyediakan buku dan bahan baca lainnya, namun juga ada yang sering mengadakan berbagai acara. Misalnya seperti kegiatan mewarnai untuk anak-anak, pembacaan dongeng, diskusi buku, dan berbagai aktivitas menarik lainnya.

Aktivitas-aktivitas ini bisa menjadi sumber hiburan bagi masyarakat yang tidak bisa mengakses perpustakaan permanen maupun sumber hiburan lainnya.

4. Sarana Pembelajaran Informal

Selain belajar di sekolah secara formal, pembelajaran juga bisa dilakukan secara informal, misalnya dengan membaca buku di perpustakaan keliling. Perpustakaan keliling bisa memberikan manfaat sebagai sarana pembelajaran informal, di mana siswa sekolah bisa mendapatkan pengetahuan tambahan. Sedangkan untuk masyarakat yang tidak mendapatkan pendidikan formal, tetap bisa mendapatkan pengetahuan dengan membaca buku di perpustakaan keliling.

Kelebihan dan Kekurangan

Perpustakaan keliling berdampak besar dan memiliki beragam manfaat untuk masyarakat yang tidak dapat mengakses perpustakaan permanen. Meskipun memiliki berbagai manfaat, perpustakaan keliling memiliki berbagai kelebihan dan kekurangannya, yaitu:

1. Kelebihan Perpustakaan Keliling

  • Fleksibel dan bisa menjangkau wilayah yang berbeda-beda dengan berbagai medan yang mudah maupun sulit.
  • Masyarakat mendapatkan informasi yang mudah dan interaksi dengan petugas dapat dilakukan secara langsung.
  • Koleksi buku dan bahan pustaka yang selalu berganti secara berkala.
  • Menjadi penghubung layanan perpustakaan permanen.

2. Kekurangan Perpustakaan Keliling

  • Koleksi bacaan yang terbatas dan lebih sedikit dibandingkan perpustakaan permanen.
  • Pengguna layanan perpustakaan keliling tidak bisa setiap waktu mengaksesnya, karena perpustakaan keliling yang berpindah-pindah dengan jadwal berbeda di setiap area.
  • Dapat menghadapi berbagai kendala untuk mencapai area pada jadwal tertentu. Misalnya seperti ada bencana alam atau akses jalan yang terlalu sulit ditempuh.

Baca juga: 7+ Perpustakaan Online Gratis

Itulah penjelasan mengenai perpustakaan keliling yang perannya sangat besar untuk meningkatkan literasi di Indonesia khususnya di wilayah yang memang jauh dari jangkauan. (Penulis: Tyas Wening)

Foto Profil
Yusuf Abdhul Azis

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Yusuf Abdhul Azis
Yusuf Abdhul Azis
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.