Pengertian dan Perbedaan Literasi Dan Numerasi

Perbedaan Literasi Dan Numerasi

Kemampuan literasi dan numerasi bagi seorang anak menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orangtua. Selama ini literasi sebatas kemampuan membaca dan menulis. Tapi sebenarnya ada istilah yang disebut dengan literasi numerasi. Lalu apa sih perbedaan literasi dan numerasi itu? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Literasi

20-30 tahun yang lalu, istilah literasi mungkin hanya melulu tentang dunia membaca dan menulis saja. Namun kini, teknologi semakin maju dan makna literasi pun meluas. Tidak melulu seputar dunia baca dan menulis. Tetapi juga ada literasi komputer, literasi sekolah, literasi media, literasi sains dan masih banyak lagi. Arti literasi itu sendiri secara umum diambil dari bahasa latin,yaitu “literatus” yang dapat diartikan sebagai orang yang belajar baca dan tulis.

Adapun tujuan dan manfaat kehadiran literasi, diantaranya adalah meningkatkan pengetahuan, meningkatkan pemahaman masyarakat. Tidak hanya berhenti sampai disitu saja, literasi juga bertujuan untuk menumbuhkan budi pekerja, akhlak agar menjadi pribadi yang lebih biak. Termasuk pula bermanfaat untuk meningkatkan fokus, meningkatkan wawasan, membangun kemampuan interpersonal yang baik dan menambah perbendaharaan kata..

Pengertian Numerasi

Adapun yang disebut dengan numerasi. Numerisasi merupakan kemampuan seseorang dalam menghitung secara tepat. Numerisasi tidak selalu berbentuk dalam perhitungan, tetapi juga termasuk tindakan, proses dan penomoran. 

Dalam arti secara umum, numerasi dapat pula diartikan sebagai keterampilan seseorang dalam pemahaman angka, termasuk juga pemahaman terhadap simbol numerasi. Jadi numerasi sebenarnya memiliki hubungannya dengan matematika.

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

Baca juga: 11 Pengertian Literasi Menurut Para Ahli

Perbedaan Literasi Dan Numerasi

Setelah mengetahui pengertian dari masing-masing di atas. Barangkali kamu masih merasa tidak yakin perbedaan diantara keduanya. Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasannya sebagai berikut.

1. Literasi 

  • Jika diperhatikan secara seksama, maka literasi lebih menekankan pada kata-kata dan bahasa. Dimana keduanya menjadi elemen dasar untuk memberikan pemahaman sekaligus sebagai indikator tingkat penguasaan seseorang dalam mempelajari literasi. 
  • Literasi kemampuan adalah kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis, dimana kemampuan membaca dan menulis bagi seorang tidaklah sama, ada yang menganggap menulis itu sulit ada pula yang merasa mudah
  • Jika dilihat dari peranannya, maka literasi untuk membangun peradaban  dan pemahaman hidup manusia. Sebagai makhluk sosial, tentu saja akan menghadapi pertentangan dan konflik yang sebenarnya sebagai sarana pembelajaran hidup secara luas.  
  • Secara prinsip dasar, literasi adalah bahasa dan kata-kata yang dilatih seiring berjalannya waktu. Cara berlatih ini dapat dilakukan dengan menganalisis bacaan, banyak membaca buku, dan menganalisis tontonan dll. 

2. Numerasi 

  • Kebalikan dari literasi, numerisasi lebih memfokuskan pada angka dan matematika. Misalnya kemampuan seseorang dalam memahami konsep bilangan, memahami bagaimana menginterpretasikan informasi kuantitatif dan membantu mengetahui kemampuan berhitung. 
  • Numerisasi kemampuan seseorang dalam menganalisis menggunakan angka, dan simbol-simbol dalam angka yang ada. Termasuk juga dengan matematika dasar.
  • Peran numerasi sama kompleksnya dengan literasi. Dimana peran numerasi tidak sekedar melambangkan angka, tetapi juga angka yang perlu kajian. Dimana hasilnya tidak sekedar menghasilkan angka baru, tetapi juga berupa data, grafik ataupun data statistik.
  • Numerasi bersifat kontekstual sesuai dengan situasi, kondisi dan perkembangan budaya yang ada di situ. 

Itulah perbedaan antara literasi dan numerasi. Semoga dari perbedaan keduanya ini cukup memberikan gambaran dan penjelasan. `Jika ternyata meskipun keduanya berbeda, mereka memiliki peran yang sama penting.

Manfaat Literasi dan Numerasi Bagi Siswa Dan Mahasiswa

Setelah mengetahui pengertian literasi dan pengertian numerasi di atas, berikut adalah manfaat literasi dan numerasi bagi siswa dan mahasiswa. Ternyata ada banyak sekali manfaat memiliki dua kemampuan kata tersebut. 

Daftar Pengadaan

Manfaat Literasi 

Seperti yang disinggung sebelumnya, bahwasanya literasi tidak sekedar membaca dan menulis. Tetapi juga memiliki beberapa manfaat yang tidak kalah penting, diantaranya sebagai berikut.

  • Memperkaya perbendaharaan kosakata seseorang, hal ini penting bagi siswa dan mahasiswa, karena sangat dibutuhkan ketika nanti sudah lulus sekolah/kuliah yang akan dibutuhkan di dunia kerja.
  • Membantu mengoptimalkan kerja otak karena terbiasa terstimulasi untuk membaca dan menulis. Seseorang yang tidak terbiasa di latih membaca dan menulis akan mengalami banyak kesulitan dalam mengungkapkan pendapat, membuat keputusan.
  • Mendapatkan wawasan ilmu baru, sehingga memudahkan orang tersebut lebih bisa menguasai situasi dan kondisi yang sedang dihadapi. 
  • Meningkatkan keterampilan interpersonal dan intrapersonal seorang siswa/mahasiswa, sehingga siswa/mahasiswa tidak mudah terbawa arus dan memiliki jati diri yang lebih kuat. 
  • Melatih dan meningkatkan kemampuan siswa untuk memahami informasi lebih baik 
  • Sangat efektif untuk membantu meningkatkan keterampilan verbal, kemampuan analitis dan kemampuan berpikir seseorang

Manfaat Numerasi 

Manfaat numerasi bagi anak-anak sangat penting. Salah satu manfaatnya sebagai berikut. 

  • Mengasah dan menguatkan pengetahuan dan keterampilan tentang angka, grafik, diagram, data dan tabel. 
  • Mengaplikasikan keterampilan literasi yang membantu untuk membuat keputusan, terutama masalah yang membutuhkan akurasi data dan kemampuan analitik. 
  • Membantu memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari secara masuk akal
  • Menguatkan dan membentuk potensi yang sudah, sehingga mampu menghasilkan pencapaian yang terukur, jelas dan pasti
  • Mengelola sumber daya alam yang sudah ada agar lebih kompetitif. Karena tidak semua orang mampu mengelola Sumber daya yang ada dengan baik, karena ketidak mampuan untuk menganalisa peluang.
  • Memberi pengetahuan agar mudah membuat perencanaan 
  • Membantu mengelola kegiatan sehari-hari dengan baik

Bagaimana? Sampai di sini kamu sudah tahu apa saja manfaat dan perbedaan literasi dan numerasi bukan? Semoga sedikit ulasan ini tidakhanya memberikan wawasan baru, tetapi juga memberi pemahaman lebih mendalam. (Irukawa Elisa)

Artikel Literasi Lainnya

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Yusuf Abdhul Azis
Yusuf Abdhul Azis
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.