FAQ dan Serba-Serbi Pustakawan, Tanya dan Jawaban

Serba-Serbi Pustakawan

Pernah mendengar profesi pustakawan? Profesi pustakawan adalah tenaga profesional yang bekerja di perpustakaan. dikatakan sebagai tenaga profesional karena mereka terlatih dan memiliki keterampilan khusus yang terkait dengan dunia perpustakaan. 

Mungkin kamu salah satu yang memiliki ketertarikan bekerja sebagai profesi pustakawan? Tetapi masih banyak pertanyaan terkait syarat, gaji, peluang kerja dan syarat pustakawan yang bisa bekerja disana. Karena ada yang bilang jika ingin bekerja di pustakawan harus lulusan ilmu perpustakaan saja. Hem.. sebenarnya tidak demikian kok. 

Berikut beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan. Semoga ulasan ini cukup menjawab rasa penasaran kamu ya.

Apakah Lulusan SMA Bisa Jadi Pustakawan?

Apakah Lulusan SMA Bisa Jadi Pustakawan? Jawabannya bisa. kita perlu ingat, bahwa perpustakaan itu ada banyak jenisnya. ada perpustakaan nasional, perpustakaan daerah, perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi dan perpustakaan umum. ada juga perpustakaan pribadi. 

Jadi jika ingin menjadi pustakawan, harus dilihat dulu ingin menjadi pustakawan di jenis mana. Jika perpustakaan yang ada di kampung, perpustakaan pribadi ataupun perpustakaan yang sifatnya tidak begitu formal, maka lulusan SMA bisa menjadi seorang pustakawan. 

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

Nah, di sini juga perlu diperhatikan, karena setiap masing-masing perpustakaan memiliki aturan dan kebijakan yang berbeda-beda. Sementara untuk perpustakaan yang sifatnya formal, seperti perpustakaan nasional, perpustakaan daerah, perpustakaan sekolah biasanya sudah ada standar dan kategorisasinya.

Apakah Pustakawan Harus Sarjana?

Apakah Pustakawan Harus Sarjana? Sebuah pertanyaan yang sering juga ditanyakan. Jawabannya adalah Ya. Jadi syarat pendidikan menjadi pustakawan minimal bergelar sarjana. Akan diprioritaskan bagi mereka yang memiliki gelar sarjana ilmu perpustakaan (MLS), Perpustakaan dan Informasi (MLIS) dan bidang-bidang lain yang sekiranya masih ada kaitannya dengan dunia perpustakaan. 

Lalu bagaimana dengan gelar sarjana dari jurusan lain? Sebenarnya lulusan dari luar ilmu perpustakaan tetap bisa menjadi pustakawan, dengan syarat mengikuti pelatihan pustakawan terlebih dahulu. 

Profesi pustakawan pun juga memiliki jenjang karirnya juga loh. Cocok buat kamu yang memang ingin merasakan pencapaian-pencapaian di pekerjaan satu ini. Buat kamu yang memiliki gelar pascasarjana, kamu bisa menjadi pustakawan profesional. Atau kamu juga bisa mengejar karir pustakawan sebagai spesialisasi yang paling banyak dicari untuk perpustakaan akademik dan perpustakaan khusus. Biasanya mereka lebih senang mencari pustakawan spesialisasi.

Daftar Pengadaan

Apakah Pustakawan Termasuk PNS?

Tidak banyak yang tahu jika profesi pustakawan sebenarnya termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dimana pustakawan secara formal memiliki SK dari pemerintah sebagai tenaga fungsional mengelola perpustakaan. Jadi buat kamu yang mengukur kesuksesan dengan menjadi PNS, kamu bisa mencoba masuk ke profesi Pustakawan. 

Selain memiliki jenjang karir yang menjanjikan, bisa dibilang tingkat persaingan bekerja sebagai pustakawan masih rendah. Sehingga peluang kamu diterima pun lebih tinggi. Kamu pun juga memiliki peluang lebih besar menjadi pustakawan yang berprestasi. Syukur mampu membawa perubahan besar di dunia perpustakaan untuk masyarakat. 

Kelebihan bekerja sebagai PNS profesi pustakawan kamu memiliki masa kerja lebih lama dari masa jabatan PNS. Tidak sampai disitu, kamu juga mendapatkan diklat khusus, yaitu diklat kepustakawanan. sehingga kamu memiliki pengetahuan lebih dalam menguasai katalog, pengelolaan perpustakaan dan keterampilan dalam klasifikasi buku secara profesional.

Pustakawan Ambil Jurusan Apa?

Seperti yang disinggung sebelumnya, jika profesi pustakawan adalah profesi yang mengutamakan dari lulusan ilmu perpustakaan. Adapun lulusan yang pas bekerja sebagai pustakawan, termasuk juga jurusan arsiparis juga cocok untuk menjadi pustakawan.  Atau mungkin kamu suka dengan membaca buku? Kamu juga cocok bekerja di profesi ini. 

Karena pekerjaan pustakawan sangat kental dengan dunia literasi, dan butuh orang-orang yang memiliki kecintaan terhadap literasi. Setidaknya dengan sumber daya manusia yang memiliki frekuensi kecintaan di dunia literasi mampu memancarkan energi ketertarikan kepada masyarakat. Sehingga semakin banyak masyarakat yang datang ke perpustakaan. 

Berapa Gaji Pustakawan?

Profesi pustakawan memang kurang banyak dilirik bagi pelamar kerja. Namun sebenarnya ini justru dapat menjadi peluang besar buat kamu. Sampai disini, mungkin kamu penasaran bukan berapa gaji sebagai seorang pustakawan bukan? Tenang, gaji yang ditawarkan profesi pustakawan cukup menjanjikan kok dan prospek kok.

Profesi pustakawan profesional informasi ybdi minimal mendapatkan gaji 2.034.398 sampai dengan 8.279.759 per bulan. Sementara untuk upah profesi pemustaka pemula dan profesional informasi YBDI di kisaran Rp 2.034.398 hingga Rp. 4.362.497. Jika kamu sudah bekerja sebagai pustakawan lebih dari lima tahun, maka pendapatan perbulan bisa kisaran Rp. 2.403.554 Rp. 6.408.933

Daftar Pengadaan

Peluang Kerja Pustakawan Sekarang Ini

Sementara buat  kamu yang sekarang sudah masuk jurusan ilmu perpustakaan. Kemudian bingung mempersiapkan masa depan ingin bekerja apa? Tenang! Karena kamu pun bisa seperti orang di luar sana. Dimana kamu bisa sukses dan mendapatkan gaji yang cukup menjanjikan untuk masa depan kamu loh. 

Jika selama ini kamu beranggapan bahwa lulusan jurusan ilmu perpustakaan hanya kerja sebagai pustakawan, kamu salah. Kamu pun juga bisa bekerja ditempat lain,misalnya di museum, di gunung pengarsipan data ataupun sebagai bidang lain. Seperti di bagian informasi teknologi, penganalisa data dan masih banyak lagi, seperti 

  • Staff Administrasi

Pekerjaan staff administrasi juga salah profesi pekerjaan yang cocok untuk lulusan ilmu perpustakaan dan arsiparis. Karena apa yang dikerjakan tidak jauh berbeda dengan apa yang dikerjakan sebagai pustakawan.

  • Akademisi 

Bisa juga menjadi seorang akademisi. Kamu bisa menjadi dosen, atau bekerja dibidang non dosen,  namun masih ada di ruang lingkup akademisi.

  • Ahli Dokumen 

Ahli dokumen juga menjadi profesi pekerjaan yang direkomendasikan bagi lulusan ilmu perpustakaan. Di sini kamu bisa mengklasifikasi atau menyimpan dokumen-dokumen penting perusahaan, yang sewaktu-waktu akan digunakan kembali. 

  • Data Scientist 

Profesi datascientis adalah profesi yang pekerjaannya melakukan analisis data. Jadi kamu perlu mencari data-data yang dibutuhkan. Selama proses pencarian data, sudah pasti kamu juga perlu memiliki ilmu komputer (pemrograman), ilmu statistik, dan matematika. Dimana ilmu-ilmu tersebut sangat banyak membantu kamu melakukan analisa data secara terstruktur, tepat dan akurat.

  • System Analyst 

Profesi sistem analis adalah profesi yang bertanggungjawab atas perencanaan, penelitian, koordinasi hingga rekomendasi pemilihan sistem dan perangkat sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan perusahaan/instansi. Dimana profesi ini akan mengurus tentang penyimpanan data, sampai meningkatkan kinerja sistem yang ada.

  • Arsiparis 

Ada juga yang disebut dengan profesi arsiparis, yaitu profesi yang bertanggungjawab untuk mengelola kearsipan. Tugas dari arsiparis itu sendiri mengelola arsip dinamis hingga statis, pembinaan kearsipan dan pengolahan dan penyajian arsip menjadi informasi.

Insight: Jabatan Fungsional Arsiparis: Tingkatan dan Gaji

Dari beberapa peluang kerja lulusan ilmu perpustakaan di atas, kamu bisa memilih beberapa peluang kerja yang sekiranya pas dan cocok dengan jiwa kamu. sementara untuk prospek dan peluang yang paling tinggi dari beberapa peluang di atas, hanya profesi pustakawan yang paling menjanjikan. Semoga sedikit ulasan tentang serba-serbi pustakawan ini bermanfaat. (Irukawa Elisa)

Baca juga artikel pustakawan berikut.

Foto Profil
Yusuf Abdhul Azis

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Yusuf Abdhul Azis
Yusuf Abdhul Azis
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.