Cara Membuat Footnote dari Buku yang Sama

cara membuat footnote dari buku

Cara membuat footnote dari buku bisa dilakukan hanya memanfaatkan tools yang disediakan oleh ms words.

Buat anda yang sekarang sedang membuat buku dan membutuhkan catatan footnote, pasti penasaran bagaimana sih caranya. Nah, untuk mengetahui jawabannya, simak artikel ini sampai selesai. 

Pengertian Footnote

Sebelum mengulas cara membuat footnote, apa sih yang dimaksud dengan footnote? Jadi footnote adalah catatan kaki yang dapat dijadikan sarana penulis untuk menjelaskan istilah dan keterangan yang ada pada kalimat di dalam buku.

Misalnya ada istilah, catatan atau kalimat dari bahasa asing atau ada istilah bahasa daerah yang perlu diberi penjelasan tambahan untuk pembaca, agar tahu maksud dari bahasa asing/daerah tersebut. 

Catatan kaki dapat pula digunakan untuk menuliskan rujukan atau referensi. Biasanya cara ini lebih sering digunakan dalam penulisan karya ilmiah. Dengan memberikan rujukan akan mempertajam sebuah karya. 

Daftar Pengadaan

Dalam konteks penulisan berbentuk buku, biasanya ada banyak footnote. Oleh karena itu setiap ada catatan kaki akan disertai dengan keterangan angka yang disebut dengan subscript.  

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

Cara Membuat Footnote Dari Buku

Jadi ada aturan penulisan footnote dari buku. Ada beberapa unsur penulisan yang wajib diisikan, yaitu wajib menuliskan nama penulis buku, judul buku, edisi buku dan halaman yang dikutip. Berikut ulasan teknis dari masing-masing unsur tersebut. 

1. Mencantumkan penulis buku 

      Setiap buku, pasti ada penulisnya. Meskipun beberapa kasus nama penulis tidak ada karena ditulis secara tim/organisasi. Jadi ketika buku memiliki nama penulis, maka teknis penulisannya tidak boleh sembarangan.

      Ada aturan penulisannya. Jika penulis memiliki nama panjang, maka penulisan di footnote dengan menuliskan nama depan dan nama belakang. 

      Jika di dalam buku ditulis lebih dari satu orang, bagaimana cara penulisannya? Maka penulisannya diambil penulis pertama. Dan penulisannya tetap menuliskan nama depan dan nama belakang. 

      Daftar Pengadaan

      2. Judul buku 

        Setelah menuliskan nama penulis, barulah dilanjutkan dengan cara menuliskan judul buku. Teknis penulisan judul buku wajib menggunakan italic atau di garis miring. Setiap penulisannya menggunakan format capitalize each word pada menu bar ms word, atau setiap kata diawali dengan huruf kapital. 

        3. Edisi buku 

          Setelah dituliskan nama penulis, judul buku yang wajib ada dalam penulisan footnote buku adalah menuliskan edisi buku. Barangkali ada diantara anda yang kebingungan edisi buku itu apa saja sih?

          Yaitu meliputi kota penerbit, nama penerbit dan tahun halaman yang dikutipnya. Secara penulisan teknis, penulisan kota, penerbit dan tahun ditulis dalam kurung.

          Baca Juga: Identitas Buku Adalah: Pengertian, Fungsi dan Contoh

          Contoh Footnote Dari Buku

          Setelah mengetahui pemaparan bagaimana cara membuat footnote dari buku, rasanya kurang afdol jika tidak disertai dengan contoh penulisannya. Berikut beberapa contoh penulisan footnote dari buku. 

          1. Contoh footnote dari buku yang ditulis oleh satu penulis 

            Judul buku to the last dot karya Theresia Melania Sudarwati yang diterbitkan oleh penerbit Bukunesia. 

            Contoh penulisan: 

            Theresia Melania Sudarwati, To the Last Dot (Yogyakarta : Bukunesia, 2024) Hal. 113.

            2. Contoh Cara Membuat Footnote dari Buku 2 Pengarang

              Judul buku Geologi Dasar Edisi Pertama karya Prof. Dr. Ir. Hasria, S.Pd., M.Si. dan Sara Septiana, S.T., M.Eng. terbitan Deepublish

              Contoh penulisan: 

              Hasria & Sara Septiana, Geologi Dasar Edisi Pertama (Yogyakarta: Deepublish, 2024) Hal 55. 

              3. Contoh footnote dari buku yang ditulis lebih dari tiga penulis 

                Buku Dinamika Migas terhadap masyarakat dan Ketahanan Energi di Area mahakam, Kalimantan Timur. karya Capt. Muhammad Irwansyah, S.S.T., M.Mar, M.K.K.K., Dr. Sc. Yoga Andriana Sendjaja, S.T., M.Sc., Dr. Ir. Agung Mulyo, M.T., Dr. Ai Siti Patimah, S.T., M.Sc., Prof. Dr. Ir. Edy Sunardi, M.Sc. diterbitkan oleh Deepublish

                Contoh penulisan: 

                Muhammad Irwansyah dkk, Dinamika Migas Terhadap masyarakat dan Ketahanan Energi di Area Mahakam, Kalimantan Timur (Yogyakarta : Deepublish, 2024) Hal 40-41.

                Itulah beberapa contoh cara membuat footnote dari buku. Semoga cukup memberikan jawaban. Nah, setiap contoh di atas, setelah penulisan lokasi penerbit dan tahun disertai dengan Halaman, itu maksudnya kata-kata atau captionnya diambil di halaman halaman tersebut.

                Cara Membuat Footnote dari Buku di Word

                Nah, setelah mengetahui cara penulisan di atas, barangkali masih merasa kesulitan bagaimana membuat catatan kaki di ms Word? Teknologi memang hadir untuk menawarkan kemudahan. Begitupun dengan lembar kerja Ms Word.

                Di MS Word sudah terdapat fitur yang memudahkan kita membuat footnote secara otomatis. Dimana catatan kaki yang kita buat sudah otomatis menghasilkan angka urut. Berikut adalah caranya. 

                1. Langkah pertama, pastikan sudah memasuki lembar kerja di MS. Word. 
                2. Pastikan di lembar kerja sudah ada kalimat atau kata. 
                3. Kemudian untuk membuat footnote otomatis, Anda cukup klik bagian references. Tampilannya akan tampak seperti gambar di bawah. 
                cara membuat footnote dari buku di word
                1. Anda bisa pilih menu “footnotes”. Nah di bagian ini ada beberapa pilihan seperti insert footnote, insert endnote, dan next footnote. Nah Anda pilih saja Insert footnote atau sisipkan catatan kaki. Maka secara otomatis kursor akan diarahkan pada penulisan footnote.

                Kesimpulan

                Bagaimana? Mudah bukan cara membuat footnote di ms Word. Cara ini sangat membantu mempercepat penulisan, dibandingkan menulis secara manual.

                Karena menuliskan secara manual saat ada revisi, maka kita harus cek ulang angka urutannya. Ketika menggunakan otomatis seperti cara di atas, ketika ada yang diubah atau direvisi, nomor urutan footnote sudah otomatis menyesuaikan. 

                Itulah artikel dari pengadaan.penerbitdeepublish.com cara membuat footnote dari buku dan contohnya. Semoga sedikit ulasan ini memberikan wawasan dan manfaat. (Iruekkawa Elisa)

                Muhammad Luqman

                Lulusan Sarjana Teknik Sipil serta memiliki ketertarikan di bidang pendidikan dan wisata, saya juga memiliki ketertarikan di dunia penulisan SEO, copywriting, content writing, dan content marketing.

                Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

                Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
                Pengadaan Bahan Pustaka
                Bagikan Artikel Ini
                Picture of Muhammad Luqman
                Muhammad Luqman
                Artikel Terbaru

                INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

                Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.