7 Pengertian Kearsipan Menurut Para Ahli

Pengertian Kearsipan Menurut Para Ahli

Banyak yang baru mengenal ataupun sudah belajar tentang arsip dan kearsipan tetapi akan lebih baik apabila juga tau pengertian kearsipan menurut para ahli yang di bidangnya dan ahli sesuai dengan ilmu yang ditekuninya. Penasaram siapa saja? Berikut para ahli mendefinisikan mengenai pengertian kearsipan.

1. Menurut R. Subroto

Menurut R. Subroto, kearsipan merupakan sebuah aktivitas penerimaan, pencatatan, penyimpanan, penggunaan, pemeliharaan, penyusutan, dan pemusnahan arsip yang dilakukan secara urut dan berulang sesuai dengan kebutuhan dalam manajemennya.

2. Menurut GR Terry

Menurut GR Terry, kearsipan merupakan penempatan kertas-kertas ke dalam sebuah penyimpanan yang baik menurut peraturan dan urutan yang telah ditentukan terlebih dahulu. Tujuannya supaya memudahkan untuk pencarian dan pengambilan dokumennya kembali.

3. Menurut Liang Gie

Menurut Liang Gie, pengertian arsip adalah suatu kumpulan warkat yang disimpan secara sistematis karena memiliki suatu keguanaan agar setiap kali diperlukan dapat secara cepat ditemukan kembali. Sedangkan kearsipan menurutnya adalah ilmu dan cara mengelola arsip menurut yang dijelaskan olehnya.

4. Menurut Drs. E. Karso

Kearsipan meliputi kegiatan penciptaan arsip, penyimpanan arsip, penggunaan arsip, penyelamatan pemeliharaan arsip, dan penyusutan arsip.

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

5. Menurut Drs. E. Martono

Menurut Drs. E. Martono, mengenai pengertian arsip masih sama dengan yang lainnya. Beliau menjelaskan lebih detail mengenai tujuan kearsipan itu sendiri yaitu bertujuan untukp enataan berkas atau kearsipan supaya agar tidak menghabiskan waktu dalam mencari dokumen tersebut.

6. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009

Pendapat terakhir dituangkan dalam UU No. 43 Tahun 2009, yang menyatakan bahwa Kearsipan merupakan rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan , organisasi politik, organisasi kemasayarakatan dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Semoga dengan 6 penjelasan dan pengertian kearsipan menurut para ahli diatas dapat memberikan pemahaman konsep mengenai arsip dan ilmu kearsipan secara mendalam dan dasar sebelum membahas lengkap tentang kerasipan itu sendiri.

Artikel Terkait

Daftar Pengadaan

Sumber Referensi
Anisa Ni’matussholiha. GOOGLE DRIVE FOR STORING ARCHIVES MENGOPTIMASI PENGGUNAAN GOOGLE DRIVE SEBAGAI TEMPAT PENYIMPANAN ARSIP BAGI PELAJAR. Diakses dari https://jurnal.ugm.ac.id/khazanah/article/download/22944/15214 pada 16 September 2022/

Foto Profil
Yusuf Abdhul Azis

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Yusuf Abdhul Azis
Yusuf Abdhul Azis
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.