5 Contoh Fishbone Literasi Cerita Rakyat di Indonesia

contoh fishbone literasi

Apakah kamu pernah mendengar fishbone literasi? Barangkali ada yang merasa asing dengan istilah ini, karena memang jarang disebutkan. Jadi fishbone literasi adalah teknik analisa berbentuk diagram. Dimana fishbone literasi spesialis menjabarkan tentang sebab-akibat. Ketika ada masalah yang terjadi, maka akan pencetus masalah tersebut.

Fishbone literasi cerita banyak digunakan untuk mengembangkan kemampuan membaca, menulis ataupun membantu memahami teks. Bentuk cerita yang diperkenalkan mayoritas adalah cerita rakyat. Fishbone literasi cerita disebut pula dengan diagram tulang ikan, karena memang  memiliki tulang ikan. 

Sementara ketika dilihat dari teknis penulisannya. Penulisan fishbone literasi cerita seperti halnya penulisan fiksi lain. Yaitu memiliki plot, karakter, setting latar, bahasa dan amanat cerita. Pada dasarnya contoh fishbone literasi ini sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa contoh fishbone literasi cerita rakyat yang akrab dalam kehidupan sehari-hari kita. 

Roro Jonggrang

bagi masyarakat yang tinggal di jawa tengah dan yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan kisa roro Jonggrang. Jadi cerita rakyat satu ini termasuk fishbone literasi. Cerita rakyat ini masuk ke dalam kategori roro Jonggrang karena memenuhi aspek lengkap. Dari segi latar belakang, cerita ini dilatarbelakangi kisah di masa kerajaan-kerajaan jaman dahulu. tepatnya di masa 9 Masehi, yang pernah ada di Jawa tengah.

di cerita ini juga memuat tokoh, yaitu seorang perempuan bernama Roro Jonggrang. Dimana sang putri harus menikah dengan seorang kesatria sakti yang bernama Bandung Bondowoso. Jika dilihat dari alur cerita, cerita ini memiliki sebab akibat. Dimana pernikahan Putri Roro Jonggrang dengan Bandung BOndowoso bentuk dari konsekuensi ayahnya yang kalah dalam perang. 

terlepas dari konflik yang sebenarnya terjadi, maka putri roro Jonggrang membuat siasat dengan mengelabui Bandung Bondowoso agar upaya mempersuntingnya gagal. Singkat cerita, akhirnya si putri berhasil mengelabui bandung bondowoso dan ia pun kecewa hingga akhirnya mengutuk tuan putri menjadi batu di salah satu bangunan candi. 

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

adapun amanat cerita yang ingin disampaikan dalam cerita rakyat ini, yaitu jangan mempermainkan perasaan orang lain yang tulus dan rela berkorban. serta berhati-hati dengan kesaktian dan kelebihan yang dimiliki untuk hal kebaikan, bukan untuk tujuan egois dan manipulatif.

jika dilihat dari fishbone literasi kedua tokoh tersebut saling mempengaruhi satu dengan yang lain. terlepas dari itu semua, cerita ini juga memiliki nilai-nilai kearifan lokal dan tradisi jawa.

Danau Toba 

Adapun contoh fishbone literasi yang terjadi di Sumatera Utara, tepatnya ada di Danau Toba. Cerita rakyat ini mengisahkan seorang lelaki bernama Toba. Ia suka memancing ikan, dan singkat cerita ia bertemu dengan ikan emas yang mana ikan tersebut bisa berubah menjadi seorang wanita cantik bernama Mina. 

Singkat cerita, mereka pun saling jatuh cinta dan menikah. Pernikahan mereka bahagia. Ia pun dikaruniai buah hati yang bernama Samosir. Jadi si ayah Toba dan si Ibu Mina sepakat agar jangan sampai anaknya si Samosir Tahu asal usul ibunya. 

Daftar Pengadaan

Waktu terus berlalu, tak terasa Samosir bayi sudah mulai besar. Ia sudah bisa membantu orangtua. Ketika ayahnya ke sawah/ladang, Samosir disuruh mengantarkan makanan dari sang ibu. Suatu ketika, Samosir pun tidak juga kunjung sampai mengantarkan makanan tersebut. Hingga si ayah Toba sangat marah jengkel. 

Akibat kemarahan yang luar biasa kepada Samosir inilah, pada akhirnya sang ayah tak sengaja mengatakan larangan yang disepakati sebelumnya. Sehingga samosir mengetahui jika ibunya adalah seekor ikan emas. Melihat itu, betapa hancurnya sang ibu Mina. Ia pun berdoa kepada sang dewa agar kembali di bawa pulang. 

Maka, terjadilah bencana besar yang menyebabkan banjir besar. Sang anak disuruh lari di sebuah bukit yang kemudian disebut bukit samosir. Sementara sang ayah terkena kutukan akibat melanggar pantangan yang akhirnya menjadi danau toba. 

Dari fishbone literasi di cerita tersebut memperlihat adanya sebab akibat yang ditimbulkan dari ketiga tokoh utama. Adapun amanat cerita yang hendak disampaikan kepada pembaca, yaitu cinta dan pengorbanan sang ikan emas bernama Mina terhadap lelaki yang dicintainya si Toba. Karena perliaku Samosir, akhirnya menyebabkan sang ayah marah besar dan mengeluarkan kata-kata besar yang menjadi pantangan dan rahasia.

Cerita Sangkuriang

Selanjutnya yaitu terdapat kisang dari Sangkuriang. Sangkuriang sendiri adalah cerita legenda yang cukup terkenal di Jawa Barat. Ceriita ini menceritakan tentang petualangan seorang pemuda bernama Sangkurian dan hubungan rumit dengna kedua orangtuanya.

Pertama, cerita ini terjadi pasa masa lampau dan tidak ketahui secara pasti kapan peristiwa itu terjadi. Namun bisa disimpulkan bahwa cerita ini terjadi pada zaman kerajaan Jawa. Cerita ini mencermikan tentang kebudayaan dan kearifan lokal masyarakat Jawa Barat.

Dalam hal tema, cerita sangkurian ini memiliki beberapa tema penting, antara perselingkuhan penderitaan, cinta terlarang, dan kekuatan ajaib.

Daftar Pengadaan

Cerita ini juga menyampaikan pesan moral tentang larang hubungan yang masih satu darah. Pembelajaran akan akan hubungan antara masyarakat manusia dan alam. Serta mencerminkan kearifkan lokal dalam masyarakat Jawa Barat.

Timun Emas 

Cerita rakyat yang termasuk dalam fishbone adalah kisah timun emas. Timun mas menceritakan tentang rakyat jawa. Jadi ada seorang nenek tua yang tidak memiliki anak dan ingin memiliki anak. Nenek tersebut bernama Mbok Sirni. Suatu hari, sang nenek ini pergi ke ladangnya, ingin panen timun emas yang ditanamnya.

Betapa terkejutnya, timun yang ditanam berisi seorang bayi kecil lucu. Kemudian di rawatlah oleh nenek, dan diberi nama timun emas. 

Waktu terus berjalan. Timun emas kecil pun mulai besar. Kehidupan timun emas mulai tidak aman, karena ada buto ijo yang ingin memakan si timun emas yang mulai remaja. Jadi kedatangan buto ijo ini menagih yang pernah dibuat oleh mbak Sirni. Singkat cerita, Timun emas pun dikejar-kejar oleh buto ijo.

Timun emas terus berlari, singkat cerita, timun emas menang melawan buto ijo menggunakan jimat yang diberikan mbok Sirni dari seorang pertapa. Singkat cerita, timun emas pun kembali pulang dan hidup bahagia dengan ibu angkatnya. 

Baca Juga:

Malin Kundang

Cerita rakyat yang tidak kalah menarik yang lain adalah kisah malin kundang.Jadi ada seorang pemuda miskin tinggal bersama ibunya yang renta. Karena ingin membahagiakan sang ibu, si malin pergi merantau. Waktu berlalu, si malin tidak kunjung pulang menyapa sang ibu. 

Sementara kehidupan si malin sudah sukses dan bergelimang harta. Hingga pada akhirnya, ia pun menikahi gadis kaya raya.  Suatu ketika, malin dan istrinya berlayar di desa tempat si malin dulu dibesarkan. Di sanalah sang ibu mengenali, bahwa sosok itu adalah anaknya. Karena malin merasa malu dengan istri, akhirnya si malin tidak mengakui sang ibu. Menolak secara fisik.

Sang ibu pun sakit hati, dan akhirnya sang ibu mengutuk. Ketika kapal berlayar meninggalkan pesisi, terjadilah bencana, yang menyebabkan kapal karam dan berubah menjadi batu. Si malin pun akhirnya juga menjadi batu.

Kesimpulan

Itulah artikel dari pengadaan.penerbitdeepublish.com tentang beberapa cerita rakyat yang masuk dalam kategori contoh fishbone literasi. Dari cerita rakyat diatas, secara prakteknya memiliki versi cerita yang berbeda-beda. Namun secara inti, pesan dan amanatnya sama. Perbedaan alur dan cerita ini karena sifat cerita rakyat disampaikan melalui Bahasa lisan. 

Cerita yang disampaikan secara lisan dari masa ke masa inilah yang menyebabkan terjadinya perbedaan cerita. Hal ini pun wajar, dan ini tidak menjadi masalah. Karena justru daya Tarik dari tutur adalah keberagaman. Semoga sedikit contoh fishbone literasi cukup menjawab dan semoga bermanfaat. (Iruekkawa Elisa)

Deepublish

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Picture of Deepublish
Deepublish
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.