Tujuan Perpustakaan Umum, Digital, Khusus, Desa dan Keliling

tujuan perpustakaan - Pengadaan Bahan Pustaka Deepublish

Perpustakaan menjadi wadah dan tempat paling tepat untuk mencari informasi, pengetahuan, dan juga rekreasi selain itu, banyak juga tujuan perpustakaan yang lain yang kadang kita belum mengetahuinya. Bahkan saat ini, seiring berkembangnya zaman, perpustakaan juga kian berkembang. Tak hanya bisa dijalankan secara offline saja, perpustakaan online bahkan banyak diminati.

Tetapi pada dasarnya, dibentuknya perpustakaan ini pasti tak lepas dari tujuan diadakannya perpustakaan dan berbagai kegiatan di dalamnya. Oleh sebab itu untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perpustakaan, mulai dari pengertian hingga tujuannya, simak penjelasan mendalam di bawah ini.

Pengertian Perpustakaan Secara Umum

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), perpustakaan merupakan sebuah ruang, tempat, atau gedung yang di dalamnya memiliki aktivitas dalam pemeliharaan dan penggunaan koleksi bahan buku bacaan dan sebagainya.

Sementara itu, menurut UU Perpustakaan Bab 1 Pasal 1 menyatakan bahwa perpustakaan merupakan institusi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam, mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektualitas para penggunanya melalui berbagai cara interaksi pengetahuan.

Perpustakaan secara tradisional juga dapat dipahami sebagai sebuah tempat yang berisi koleksi buku dan majalah. Meskipun dalam hal ini diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku menggunakan biayanya sendiri.

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

Selain itu, perpustakaan juga dapat diartikan sebagai kumpulan informasi yang sifatnya ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang menjadi kebutuhan hakiki setiap manusia. Sesuai dengan pengertian dan namanya, maka dapat dipahami bahwa perpustakaan belum tentu berada di sekolah saja.

Ada banyak jenis perpustakaan yang diselenggarakan dan tercipta, tergantung dengan di mana lokasi dan bagaimana lingkungan yang ada di sekitar. Misalnya perpustakaan sekolah, perpustakaan keliling, perpustakaan desa, perpustakaan khusus, dan masih banyak lagi.

Hal ini menjadi cermin bahwa kondisi suatu bangsa dengan adanya perpustakaan ini menjadi refleksi dari tingkat kebudayaan dan juga tingkat peradaban yang telah dicapai, yang mana perpustakaan memiliki kewajiban untuk mengenalkan berbagai dasar ilmu pengetahuan dan juga keterampilan terhadap masyarakat agar dapat menanamkan sikap belajar berkelanjutan sepanjang hayat.

Dengan demikian, maka tentu saja pembangunan perpustakaan ini memiliki tujuan. Di bawah ini akan dijelaskan berbagai tujuan dari perpustakaan, tergantung pada lokasi dan juga kebutuhannya.

Daftar Pengadaan

Tujuan Perpustakaan Digital atau Online

Pada dasarnya, perpustakaan digital atau online sama saja dengan perpustakaan biasa. Akan tetapi, Widyawan (2005) mengungkapkan bahwa perpustakaan digital atau online menggunakan prosedur kerja yang berbasis komputer dan sumber daya digital.


Perpustakaan digital atau digital library ini menawarkan adanya kemudahan bagi para penggunanya agar dapat mengakses sumber elektronik menggunakan alat yang menyenangkan pada waktu dan kesempatan yang terbatas. Selain itu, pengguna bisa menggunakan sumber informasi tersebut tanpa harus terikat pada jam operasional perpustakaan, seperti jam kerja jam buka, dan jam tutup.

Tujuan dari adanya perpustakaan digital menurut Association of Research Libraries (ARL), 1995 adalah sebagai berikut:

  • untuk melancarkan pengembangan yang sistematis tentang cara mengumpulkan, menyimpan, dan mengorganisasi informasi dan pengetahuan dalam format digital,
  • untuk mengembangkan pengiriman informasi yang hemat dan efisien di semua sektor,
  • untuk mendorong upaya kerja sama yang sangat berpengaruh terhadap investasi pada berbagai sumber penelitian dan jaringan komunikasi,
  • untuk memperbesar kesempatan belajar sepanjang hayat,
  • untuk memperkuat komunikasi dan kerja sama dalam penelitian, pemerintahan, perdagangan, lingkungan, dan juga pendidikan,
  • untuk mengadakan peran kepemimpinan internasional pada generasi berikutnya dan penyebaran pengetahuan dalam wilayah strategis yang penting.

Tujuan Perpustakaan Keliling

Perpustakaan keliling memiliki tujuan untuk:

  • membantu perpustakaan umum mengembangkan pendidikan informal kepada masyarakat,
  • pemerataan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat yang berada di daerah terpencil dan belum atau tidak mungkin didirikan perpustakaan menetap,
  • meningkatkan minat baca dengan mengembangkan cinta buku pada masyarakat, 
  • mengenalkan jasa perpustakaan kepada masyarakat, sehingga tumbuh budaya untuk memanfaatkan jasa perpustakaan kepada masyarakat,
  • mengadakan kerja sama dengan lembaga masyarakat sosial, pendidikan, dan pemerintah daerah dalam meningkatkan kemampuan intelektual dan kultural masyarakat. 

Tujuan Perpustakaan Khusus

Perpustakaan khusus merupakan sebuah perpustakaan yang didirikan dan dibiayai oleh perusahaan komersial, asosiasi swasta, agen pemerintah, organisasi non-profit, kelompok dengan ketertarikan di bidang khusus, untuk mempertemukan kebutuhan informasi dari pekerja/karyawan, anggota, atau staf yang sesuai dengan misi dan tujuan organisasi.

Cakupan koleksi yang dimiliki biasanya dibatasi pada subjek yang menjadi perhatian organisasi tersebut. Tujuan diadakannya perpustakaan khusus adalah untuk mengumpulkan, memelihara, mengolah, melestarikan, dan juga mendayagunakan informasi dalam bentuk bahan pustaka, baik yang dihasilkan lembaga yang bersangkutan maupun pihak luar.

Tujuan Perpustakaan Desa

Perpustakaan desa adalah perpustakaan masyarakat sebagai salah satu sarana/media untuk meningkatkan dan mendukung kegiatan pendidikan masyarakat pedesaan, yang merupakan bagian integral dari kegiatan pembangunan desa/kelurahan.

Daftar Pengadaan

Tujuan dari perpustakaan desa adalah sebagai berikut:

  • menunjang program wajib belajar,
  • menyediakan buku pengetahuan maupun keterampilan untuk mendukung kegiatan masyarakat, misalnya di bidang pertanian, perikanan, pengolahan, peternakan, perindustrian, dan masih banyak lagi,
  • menunjang program kegiatan pendidikan seumur hidup bagi masyarakat,
  • menyimpan dan mendayagunakan berbagai dokumen kebudayaan sebagai sumber informasi, pembangunan, penerangan, dan menambah wawasan masyarakat desa,
  • menggalakkan minat baca masyarakat dengan memanfaatkan waktu luang untuk membaca agar tercipta masyarakat dinamis, kreatif, produktif, dan mandiri,
  • memberikan semangat dan hiburan yang sehat dalam memanfaatkan waktu senggang dengan hal-hal yang sifatnya membangun,
  • mendidik masyarakat untuk memelihara dan memanfaatkan bahan pustaka secara tepat guna dan berhasil.

Baca juga: Tata Kelola Perpustakaan: Pengertian dan Kegiatan

Tujuan Perpustakaan Kampus

perpustakaan kampus ugm
Ilustrasi perpustakaan kampus ugm. Foto: ugm.ac.id

Perpustakaan kampus atau perpustakaan perguruan tinggi adalah perpustakaan yang berada pada lingkungan perguruan tinggi, sekolah tinggi, akademi, atau sekolah tinggi lain yang hakikatnya menjadi bagian integral dari suatu perguruan tinggi.

tujuan dari diadakannya perpustakaan kampus menurut Tri Dharma Perguruan Tinggi dijabarkan sebagai berikut:

  • menunjang penelitian dengan kegiatan mengumpulkan, mengolah, menyimpan, menyajikan, dan menyebarluaskan informasi bagi peneliti, baik intern institusi atau ekstern di luar institusi,
  • menunjang pendidikan dan pengajaran dengan tujuan mengumpulkan, mengolah, menyimpan, menyajikan, dan menyebarluaskan informasi untuk mahasiswa dan dosen sesuai kurikulum yang berlaku,
  • menyusun kebijakan dan melakukan tugas rutin untuk mengadakan, mengolah, dan merawat pustaka, serta mendayagunakan untuk kepentingan civitas akademika pada khususnya dan masyarakat pada umumnya,
  • menunjang pengabdian kepada masyarakat dalam hal mengolah, menyimpan, menyajikan, dan menyebarluaskan informasi untuk masyarakat luas.

Kesimpulan Singkat

Dari berbagai tujuan perpustakaan sesuai jenisnya di atas, dapat disimpulkan bahwa secara umum, tujuan perpustakaan adalah untuk membantu masyarakat dalam segala umur, kondisi ekonomi, status sosial, dan juga demografi untuk memberi kesempatan dan dorongan melalui jasa pelayanan masyarakat agar:

  • mendapat informasi dan pengetahuan
  • mendapatkan jasa perpustakaan
  • media rekreasi dan hiburan
  • tanggap dalam kemajuan teknologi dan ilmu, serta kehidupan sosial.

Semoga artikel di atas bermanfaat sebagai khasanan pengetahuan kita semuanya. Yuk, baca artikel terkait berikut ini.

Foto Profil
Yusuf Abdhul Azis

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Yusuf Abdhul Azis
Yusuf Abdhul Azis
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.