6 Langkah Cara Meminjam Buku di Perpustakaan

Cara Meminjam Buku di Perpustakaan

Cara meminjam buku di perpustakaan ini merupakan hal yang perlu diketahui sebelum meminjam buku di perpustakaan. Meskipun kelihatannya seperti hal yang biasa, tetapi jangan diremehkan. Hal ini karena setiap perpustakaan memiliki kebijakan masing-masing.  yang dibuat untuk menjaga sirkulasi dan ketertiban perpustakaan. Sebagai pemustaka, kamu juga berkewajiban untuk menaati aturan tersebut, ya.  

Sebelumnya, kita sudah membahas lengkap tentang perpustakaan sekolah. Yuk, pahami mengenai perpustakaan sekolah dan fungsinya.

Bagi kamu yang suka baca buku atau yang perlu referensi bacaan untuk mengerjakan tugas, kamu dapat mengandalkan perpustakaan, lho. Perpustakaan merupakan penyedia layanan peminjaman buku. Maka dari itu, sebelum meminjam buku, pahami terlebih dahulu yuk prosedur meminjam buku di perpustakaan. 

Baca juga: Komponen Gerakan Literasi Sekolah Supaya Sukses

Cara Meminjam Buku di Perpustakaan

Meminjam buku di perpustakaan biasanya hanya diperuntukkan bagi anggota. Bagi yang non anggota hanya bisa membaca buku di tempat, tidak bisa meminjam buku. Maka dari itu, daftarkan dirimu terlebih dahulu sebagai anggota perpustakaan. Nantinya, kamu akan diperintahkan untuk mengisi formulir pendaftaran. Jadi, siapkan data diri juga, ya. Misalnya, KTP/kartu mahasiswa/SIM/NPWP, materai, pas foto, dan sebagainya.  

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

Adapun cara-cara yang umum dilakukan ketika meminjam buku di perpustakaan. Berikut penjelasannya

1. Peminjam datang langsung ke perpustakaan 

Orang yang meminjam buku adalah orang itu sendiri, tidak boleh diwakilkan. Sesampainya di perpustakaan, simpan barang bawaan ke loker yang sudah disediakan pihak perpustakaan. Bawa barang secukupnya saat mencari buku bacaan di dalam perpustakaan. 

2. Cari buku yang ingin dipinjam

Ada dua cara untuk mencari buku, yakni secara langsung atau dengan nomor panggil buku dari komputer pencarian. Jika ingin mencari lewat komputer pencarian, kamu bisa mencarinya dengan menuliskan judul, pengarang, tahun, subjek, dan sebagainya.

3. Pemustaka menyerahkan buku yang akan dipinjam kepada petugas bagian loket peminjaman buku 

Ketika menyerahkan buku, serahkan pula kartu anggota perpustakaan. Kartu tersebut digunakan untuk verifikasi data. 

Daftar Pengadaan

4. Petugas melakukan verifikasi data dan memberikan stempel pengembalian pada slip pengembalian buku 

Slip pengembalian buku diberikan kepada pemustaka sebagai tanda dari batas waktu peminjaman buku. Jadi, keluar masuknya buku bisa tercatat oleh perpustakaan. 

5. Petugas menyerahkan buku kepada pemustaka bersamaan dengan kartu anggota  

Ketika proses ini sudah dilakukan, kamu sudah memiliki hak untuk meminjam buku dari perpustakaan. Jika ada hal-hal yang kurang atau belum dipahami misalnya terkait denda atau perpanjangan peminjaman buku pada perpustakaan itu, sempatkanlah untuk bertanya kepada petugas tersebut. 

6. Proses transaksi peminjaman buku selesai

Setelah semua proses selesai, pemustaka bisa membawa pulang buku. Jaga bukunya ya, jangan sampai rusak atau hilang, Kembalikan juga sesuai jadwal pengembaliannya. Jika tidak, siap-siap membayar denda.   

Sementara itu, jika kamu ingin meminjam buku di perpusnas (Perpustakaan Nasional RI), ada aturan tersendiri yang perlu diperhatikan. Apa saja itu? Berikut daftarnya. 

  1. Wajib menjadi anggota aktif Perpustakaan Nasional RI . 
  2. Tidak menggunakan kartu anggota milik orang lain atau tidak mewakilkan kartu anggota ke orang lain. 
  3. Berdomisili di Provinsi DKI Jakarta serta daerah di sekitarnya, yakni Bekasi, Depok, Bogor, dan Tangerang. 
  4. Bersedia memberikan data informasi kontak untuk konfirmasi ke petugas perpustakaan nasional yang meliputi alamat rumah, nomor ponsel, alamat domisili, dan email. 
  5. Calon peminjam buku wajib mengkonfirmasi kontak terlebih dahulu sebelum meminjam. 
  6. Jumlah peminjaman buku maksimal 3 eksemplar.  
  7. Waktu meminjam buku selama 7 hari dan hanya boleh diperpanjang satu kali
  8. Pintu masuk peminjaman di lantai 22 dan pintu keluar lewat pintu 21. 
  9. Kuota kunjungan dalam sehari 116 orang. 
  10. Bagi peminjam yang melanggar aturan akan dikenai sanksi, terutama bagi mereka yang terlambat mengembalikan, buku mengalami kerusakan dan buku yang dipinjam hilang atau menghilangkan. 
  11. Pemustaka yang terlambat mengembalikan buku tidak bisa meminjam buku sebanyak waktu keterlambatan
  12. Jika pemustaka selama 14 hari tetap tidak mengembalikan pinjaman bukunya, maka akses ke layanan e-resources akan dicabut. Setelah buku dikembalikan, pemustaka tidak langsung bisa mengakses dan meminjam kembali sampai 14 hari kemudian. 
  13. Pemustaka wajib mengganti koleksi yang hilang atau rusak dengan koleksi yang sama. 
  14. Pemustaka akan diancam hukuman telah menghilangkan barang milik negara sesuai pasal yang berlaku jika tidak mengganti sesuai syarat dan ketentuan. 

Mengapa orang meminjam buku di perpustakaan? 

Pertanyaan tersebut adalah hal yang umum yang sering muncul ketika ada orang yang meminjam buku di perpustakaan. Seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa perpustakaan merupakan tempat yang menyimpan berbagai koleksi buku. Oleh karena itu, sangat tidak heran jika banyak orang berbondong-bondong ke perpustakaan hanya sekadar untuk melihat-lihat buku, membaca buku, bahkan pada akhirnya meminjam buku. 

Kegiatan untuk meminjam buku di perpustakaan memiliki banyak manfaat, lho. Sebagai penyedia layanan buku yang gratis, para pengunjung perpustakaan bebas untuk memilih dan membaca buku sepuasnya di perpustakaan. Karena buku di perpustakaan tidak diberi sampul seperti yang ada di toko-toko, jadi kamu bisa nih melihat isi buku hanya dari halaman awalnya saja. 

Meminjam buku dari perpustakaan juga membantumu untuk tidak menumpuk buku. Hal ini karena, jumlah buku yang bisa dipinjam biasanya dibatasi, misalnya 1-3 buku. Jadi, ketika kamu memutuskan pinjam buku di perpustakaan, maka kamu akan benar-benar menyortir 1 hingga 3 buku yang menarik dan perlu kamu baca. 

Daftar Pengadaan

Selain itu, batas pengembalian buku akan membuatmu menjadi memiliki target baca buku. Ini akan membuatmu efektif dan terpacu untuk menyelesaikan bacaan buku sesuai dengan deadline tersebut. Jika tidak begitu, kamu akan dihadapkan dengan denda keterlambatan pengembalian buku. Sayang banget, kan?  

Buku Perpustakaan Kurang Lengkap?

Pasti sering kan mengalami kendala dan masalah ketika sudah datang ke perpustakaan tetapi ternyata buku yang dicari tidak ada? Atau bahkan kelompok ilmu yang dicari juga tidak ada. 

Nah, jika terjadi seperti ini. Silakan ajak pemilik atau petugas perpustakaan untuk mengadakan buku-buku supaya lebih lengkap koleksi bahan pustaka dan bacaannya. Salah satu jalan terbaik adalah ajak untuk pengadaan buku di Deepublish. Sebab, untuk buku-buku pendidikan sangat lengkap sekali disini.

Dimana bisa mengajukan pengadaan ? Bisa langsung cek di Pengadaan Buku Pendidikan.

Kesimpulan

Meminjam buku di perpustakaan adalah kegiatan yang tidak dipungut biaya yang bisa dilakukan anggota perpustakaan. Meskipun demikian, kamu tetap perlu memperhatikan prosedur peminjamannya, ya. Dengan memahami cara meminjam buku di perpustakaan, akan menunjang kinerja dan pelayanan perpustakaan. Kamu juga akan lebih mudah dan cepat dalam mengurus proses peminjaman buku. 

Deepublish

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Deepublish
Deepublish
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.