8 Cara Membuat Perpustakaan di Rumah yang Menarik

Cara Membuat Perpustakaan di Rumah yang Menarik

Cara membuat perpustakaan di rumah yang menarik bisa dilakukan siapa saja. Biasanya yang punya keinginan punya perpustakaan sendiri di rumah adalah mereka yang memiliki kesadaran membaca. Mungkin kamu salah satunya? 

Buat kamu nih yang ingin punya perpustakaan sendiri di rumah yang menarik, rapi dan bikin betah di rumah. Tidak ada salahnya untuk membuat perpustakaan ala-ala di rumah. Berikut adalah tips cara membuat perpustakaan mini di rumah yang menarik.

Memanfaatkan Spot Kosong

Jika di kamar atau rumah kamu ada sudut atau sisi yang kosong, bisa kamu manfaatkan untuk membuat perpustakaan mini ala-ala loh. Apalagi jika koleksi buku kamu masih sedikit. Kamu bisa menggunakan spot rak kecil dulu, atau bisa langsung mau menambahkan rak besar, juga bisa banget loh. Semua tergantung keinginan dan kemampuan kamu.

Pasang Interior yang Menarik

Pastikan spot kosong yang dibuat rak buku memiliki desain interior yang ciamik. Karena ini akan memberi kesan unik, nyentrik dan secara visual juga enak dipandang. Sehingga semakin meningkatkan suasana hati agar betah membaca di spot tersebut. 

Masalah interior, tentu saja semua kembali ke selera masing-masing. Ada yang suka dengan gaya minimalis, gaya retro, klasik,modern dan masih banyak lagi. Semua sah-sah saja. Dan selama bisa memadupadankan, semua tetap akan terlihat unik. 

Susun Koleksi Buku Secara Rapi/Teratur

Biat kamu yang memiliki koleksi buku banyak, pastikan koleksi buku yang kamu punya harus di tata dengan rapi. Misalnya kamu bisa menata berdasarkan sampul buku yang sama atau minimal hampir sama. Bisa juga menata berdasarkan jenis cabang ilmu, bisa juga menata berdasarkan tinggi dan lebar buku yang sama. Sebenarnya penataan buku ini dibebaskan dari masing-masing individu. 

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

Perhatikan Pencahayaan Ruangan 

Meskipun perpustakaan milik kamu pribadi, kamu juga perlu memperhatikan masalah tempat penyimpanan loh. Jangan simpan koleksi buku di tempat-tempat yang lembab. Karena tempat yang lembab dapat memicu kerusakan koleksi buku kamu. Misalnya buku berpotensi dimakan rayap, buku mudah lapuk dan rawan terkena jamur. Pilih ruangan yang hangat, agar buku kamu lebih awet.

Menambahkan Tempat Duduk 

Jika spot membuat perpustakaan di rumah tidak dekat dengan kursi, maka kamu bisa menambahkan tempat duduk yang nyaman. Kamu bisa memilih tempat duduk sesuai keinginan kamu. Bisa berbentuk tempat duduk lantai, tempat duduk kaki dengan gaya klasik, minimalis ataupun retro, bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. 

Baca Juga:

Menambahkan Aksesoris Tanaman

Buat kamu yang suka dengan nuansa alam, tidak ada salahnya di samping perpustakaan ditambah tanaman indoor. Tujuan tanaman indoor di dalam ruangan memberikan kesan lebih hangat dan lebih hidup. Sehingga di dalam ruangan ada unsur yang hidup. Tanaman juga aksesoris yang efektif meningkatkan daya konsentrasi dan memberikan rasa nyaman ketika di dalam ruangan loh. 

Daftar Pengadaan

Menambahkan Aksesoris Lampu 

Aksesoris lampu unik dan nyentrik juga boleh banget di pasang. Pemasangan lampu tambahan yang sifatnya aksesoris ini juga bermanfaat memberikan kehangatan ruangan perpustakaan rumah. Seperti yang disinggung sebelumnya, jika perpustakaan tidak boleh dalam kondisi lembab. Nah, kehadiran lampu ini bisa mengurangi kelembaban juga loh. 

Costume Rak Buku 

Jika kamu memiliki ide rak buku sendiri, kamu bisa custom rak buku ke tukang kayu. Salah satu keuntungan custom rak buku adalah, dari bentuk model kamu bisa eksplore bentuk, gaya dan model. Tidak hanya itu, kamu juga bisa custom rak buku sesuai ukuran ruangan yang kosong. Sehingga ketika dipasang di ruangan tampilannya lebih presisi dan tepat. 

Hanya saja untuk pembuatannya memakan waktu lebih lama, dibandingkan membeli rak yang sudah jadi. Kelemahan membeli rak yang sudah jadi, bentuknya umum karena bentuknya pasaran seperti rak milik sejuta umat. 

Dari beberapa tips cara membuat perpustakaan di rumah yang menarik di atas, sebenarnya bisa dilakukan siapa saja. Kamu pun bisa melakukannya. Kamu bisa membuatnya menggunakan bahan yang kamu miliki loh. Tidak perlu memberi barang-barang yang mahal, jika tidak mampu. Karena semua bisa dikreasikan sesuai dengan kemampuan dan kreativitas masing-masing. 

Kesimpulan

Semoga tips cara membuat perpustakaan di rumah yang menarik di atas cukup memberikan inspirasi. Selamat mencoba. (Iruekkawa Elisa)

Deepublish

Daftar Pengadaan

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Picture of Deepublish
Deepublish
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.