6 Perpustakaan di Bali untuk Umum, Apa Saja?

perpustakaan di bali

Bali terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Tak hanya itu, tapi juga menawarkan berbagai tempat menarik untuk para pencinta buku.

Ada beberapa perpustakaan di Bali yang menyediakan ruang tenang untuk belajar, membaca, dan bersantai. Kamu sedang mencari perpustakaan yang nyaman di Bali? Temukan perpustakaan favoritmu di artikel ini!

Perpustakaan di Bali

Mengunjungi perpustakaan menjadi healing tersendiri bagi sebagian orang. Aroma buku yang khas dan tumpukan buku yang rapi di rak-rak bahkan menjadi daya tarik dan pemicu semangat produktivitas. 

Kamu ingin membaca, belajar, atau mungkin bersantai di perpustakaan? Simak 6 perpustakaan di Bali yang bisa kamu datangi di bawah ini!

1. Perpustakaan Bank Indonesia

Pertama, kamu bisa berkunjung ke Perpustakaan Bank Indonesia memiliki yang koleksi buku lengkap tentang ekonomi, keuangan, dan perbankan. 

Daftar Pengadaan

Bagi para peminat bidang tersebut, perpustakaan ini menjadi surga informasi dan pengetahuan. Selain itu, terdapat juga ruang baca yang nyaman dan akses internet gratis untuk menunjang proses belajar dan mencari informasi. 

Apa Kendala Anda dalam Pengadaan Buku?

Perpustakaan ini buka dari Senin hingga Jumat, pukul 08.00-15.00 WITA. Sementara alamatnya, ada di Jl. Letda Tantular No.4, Dangin Puri Klod, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80234.

2. Taman Baca Kesiman

Ingin membaca buku dengan suasana yang berbeda? Taman Baca Kesiman menawarkan suasana yang asri dan nyaman untuk membaca. Koleksi bukunya beragam, mulai dari fiksi, non-fiksi, hingga buku anak-anak. 

Taman baca ini juga sering mengadakan acara-acara literasi, seperti diskusi buku dan pelatihan menulis. Oleh karena itu, tak heran perpustakaan ini menjadi tempat yang ideal untuk membaca sekaligus mengembangkan minat dan bakat literasi. 

Jam buka taman baca ini adalah Senin-Jumat, pukul 10.00-18.00 WITA. Taman Baca Kesiman berlokasi di Jl. Sedap Malam No.234, Kesiman, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80237.

Daftar Pengadaan

3. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar merupakan perpustakaan daerah Kota Denpasar yang memiliki koleksi buku lengkap tentang berbagai bidang.

Bagi para pelajar dan mahasiswa, perpustakaan di Bali ini menjadi sumber informasi yang berharga untuk mendukung proses belajar. Tersedia juga ruang baca yang nyaman dan akses internet gratis untuk menunjang kenyamanan pengunjung. 

Alamat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar berada di Dangin Puri, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80232. Perpustakaan ini buka dari Senin-Kamis (08.00-15.00 WITA) dan Jumat-Sabtu (08.00-13.00 WITA).

Baca Juga:

4. Pondok Pekak Library & Learning Centre

Kamu ingin menikmati pengalaman membaca di tempat yang aesthetic? Pondok Pekak Library & Learning Centre memiliki desain yang unik dan instagramable, menjadikannya tempat yang menarik untuk dikunjungi dan difoto. 

Koleksi bukunya berfokus pada budaya Bali, seni, dan filsafat, sehingga cocok bagi para pecinta budaya dan tradisi lokal. Selain ruang baca, terdapat juga kafe dan ruang serbaguna yang bisa kamu gunakan untuk berbagai acara. 

Perpustakaan ini buka dari Senin-Sabtu (09.00-21.00 WITA) dan Minggu (09.00-17.00 WITA). Alamatnya di Jl. Monkey Forest, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571.

5. Perpustakaan Sastramangutama Kabupaten Badung

Perpustakaan umum di Bali selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Perpustakaan Sastramangutama. Perpustakaan di Kabupaten Badung ini memiliki koleksi buku yang lengkap tentang budaya Bali, sejarah, dan agama. 

Bagi para peminat budaya dan sejarah Bali, perpustakaan ini menjadi sumber informasi yang berharga. Tersedia juga ruang baca yang nyaman dan akses internet gratis untuk menunjang proses belajar dan mencari informasi. 

Perpustakaan ini beralamat di Sempidi, Kec. Mengwi, Kabupaten Badung, Bali 80351. Sementara untuk jam operasional, buka dari Senin-Kamis (08.00-16.00 WITA) dan Jumat pukul 08.00-12.00 WITA.

6. Perpustakaan Provinsi Bali

Perpustakaan Provinsi Bali merupakan perpustakaan daerah yang memiliki koleksi buku terlengkap di Bali. Kamu akan menemukan berbagai ruang baca yang nyaman, akses internet gratis, dan layanan pustakawan yang profesional untuk membantu pengunjung menemukan informasi yang dibutuhkan. 

Perpustakaan ini buka dari Senin-Kamis (08.00-15.15 WITA) dan Jumat (08.00-12.45 WITA). Lokasinya ada di Jl. Tukad Batang Hari XIV No.2, Dauh Puri Klod, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali 80225.

Selain menyediakan berbagai buku bacaan dan tempat membaca yang nyaman, perpustakaan ini juga menawarkan layanan perpustakaan keliling. Layanan ini memudahkan masyarakat untuk mengakses buku di luar gedung perpustakaan. 

Biasanya, perpustakaan keliling beroperasi di sekitar Lapangan Puputan Margarana pada hari Minggu pagi.

Ringkasan

Itulah 6 rekomendasi perpustakaan di Bali yang bisa kamu kunjungi. Adakah tempat yang sudah pernah kamu datangi? Jangan sungkan untuk membagikan pengalamanmu di komentar!

Beritahu orang-orang terdekatmu yang ingin mengunjungi perpustakaan-perpustakaan di Bali dengan menyebarkan artikel ini, cukup klik share sekarang!

Muhammad Luqman

Lulusan Sarjana Teknik Sipil serta memiliki ketertarikan di bidang pendidikan dan wisata, saya juga memiliki ketertarikan di dunia penulisan SEO, copywriting, content writing, dan content marketing.

Ingin Pengadaan Bahan Pustaka untuk Perpustakaan?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.
Pengadaan Bahan Pustaka
Bagikan Artikel Ini
Picture of Muhammad Luqman
Muhammad Luqman
Artikel Terbaru

INGIN PENGADAAN BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN DAN INSTANSI ANDA?

Mari pengadaan Buku dengan Penerbit Deepublish dan akan ada Promo khusus untuk Anda yang pengadaan hari ini.